Pemberdayaan Masyarakat Pengelola Agrowisata Melalui Pelatihan Manajemen Organisasi dan Digital Marketing di Desa Jurug Sooko Ponorogo
Abstract
Pemerintah Desa Jurug mencanangkan pembangunan agrowisata dengan tujuan memaksimalkan potensi alam yang ada terutama panorama desa yang indah serta dukungan potensi pertanian. Lokasi desa yang cukup strategis membuat akses menuju desa ini tidak sulit. Dalam pengelolaan agrowisata, perlu dipersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang baik agar keberjalanan program terarah. Berdasarkan hasil observasi, SDM pada lokasi pengabdian belum memiliki kemampuan yang baik dalam mengelola agrowisata, terutama dalam keorganisasian dan pemasaran. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kualitas SDM pengelola Agrowisata di Desa Jurug melalui aspek manajemen organisasi dan pemasaran. Tim PHP2D memberikan solusi melalui program Jurug Kelana Dewi dengan menekankan pada pembenahan SDM pada mitra. Program dimulai dari survei, penyamaan persepsi, FGD, pelatihan keorganisasian, pelatihan pemasaran, dan pengajuan MoU. Hasil dari program ini adalah peningkatan kemampuan mitra dalam membuat rencana kerja organisasi pada agrowisata Desa Jurug. Selain itu, mitra juga bertambah kemampuan dalam menjalankan strategi digital marketing. Adapun indicator keberhasilan program dapat dilihat dengan beberapa kegiatan yang terlaksana seperti tersusunnya struktur organisasi pengelola agrowisata, perencanaan program, kerja, pembuatan media branding melalui sampek fisik pada lokasi agrowisata, media promosi digital di media social serta website objek agrowisata, dan tercapainya kesepakatan Kerjasama atau MoU dengan intansi Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Ponorogo serta Lembaga Penelitian dan Pengabdian Univesitas Muhammadiyah Ponorogo.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andini, N. (2013). PENGORGANISASIAN KOMUNITAS DALAM PENGEMBANGAN AGROWISATA DI DESA WISATA STUDI KASUS : DESA WISATA KEMBANGARUM , KABUPATEN. 24(3), 173–188.
Arifin, M. T. (2021). Pelatihan Manajemen Keorganisasian untuk Menguatkan Stabilitas Kelembagaan di Masa Pandemi di TPQ Hidayatul Mubtadi ’ in Dusun Sukosari Sukorejo Udanawu Blitar. 2(1). Dalam, L., Penjualan, M., & Pandemi, S. (2021). Global komunika. 4(2), 27–34.
Fadly, H. D., & Sutama, S. (2020). Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ecoment Global : Kajian Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 213–222. http://ejournal.uigm.ac.id/index.php/EG/article/view/1042
Fathy, R. (2019). Modal Sosial: Konsep, Inklusivitas dan Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 6(1), 1. https://doi.org/10.22146/jps.v6i1.47463
Geogra, F., & Gadjah, À. U. (2013). Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal Di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan, Bali. Jurnal Kawistara, 3(2), 129–139. https://doi.org/10.22146/kawistara.3976
Hermawan, H. (2017). Dampak Pengembangan Desa Wisata Nglanggeran Terhadap Ekonomi Masyarakat Lokal. III(2), 105–117. https://doi.org/10.31219/osf.io/xhkwv
Hulu, Y., Harahap, R. H., & Nasutian, M. A. (2018). Pengelolaan Dana Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 146. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.9974
Islami, M. F., Hadi, K., Studi, P., Pemerintahan, I., Malang, U. M., Studi, P., Pemerintahan, I., & Malang, U. M. (2021). Implementasi Pengembangan Wisata Kampung Keramat di Kota Malang Muhammad Fahmil Islami 1 , Khrisno Hadi 2. 8090, 176–188. https://doi.org/10.22219/sospol.v7i2.11307
Marketing, D., Aplikasi, B., Strategi, S., & Rapitasari, D. (2016). Digital marketing. 10(2), 107–112.
Mumtahana, H. A., Nita, S., & Tito, A. W. (2017). khazanah informatika Pemanfaatan Web E-Commerce untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran. 3(1), 6–15.
Munte, A., & Sibarani, H. J. (2021). produk , melalui keputusan pembelian pada PT . Tasya Gasindo Medan. 16(1), 109–123.
Setiawan, R. I. (n.d.). Pengembangan Sumber Daya Manusia di Bidang Pariwisata : Perspektif Potensi Wisata Daerah Berkembang. 23–35.
Situmorang, J. R. (n.d.). PEMASARAN RELUNG ( NICHE MARKETING ) SEBAGAI STRATEGI MEMBIDIK PASAR YANG LEBIH KECIL. 161–170.
Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. 18(2), 229–234.
DOI: https://doi.org/10.20961/prima.v7i2.56919
Refbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.