POLA REDUPLIKASI BAHASA BALI: PERBANDINGANNYA DENGAN POLA REDUPLIKASI BAHASA-BAHASA AUSTRONESIA

I Gede Bagus Wisnu Bayu Temaja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pola reduplikasi bahasa Bali dengan membandingkannya dengan pola reduplikasi bahasa-bahasa Austronesia. Penelitian dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu penyediaan data, analisis data, dan penyajian data. Dalam penyediaan data, data diperoleh melalui metode cakap, dengan teknik pancing, rekam, dan catat. Analisis data dilaksanakan dengan menerapkan metode komparatif yaitu dengan membandingkan bagaimana pola reduplikasi bahasa-bahasa Austronesia (Blust, 2013) tersebut pada bahasa Bali. Hasil analisis data disajikan secara formal dan informal. Berdasarkan hasil penelitian, dari enam belas pola reduplikasi yang terdapat pada bahasa-bahasa Austronesia, empat di antaranya ditemukan di dalam bahasa Bali, di antaranya: (1) reduplikasi penuh, (2) reduplikasi penuh berafiks, (3) reduplikasi penuh dengan perubahan vokal atau konsonan, atau keduanya, dan (4) reduplikasi bentuk Ka-. Lebih lanjut, ditemukan satu pola unik pada bahasa Bali yaitu reduplikasi Kə- yang belum dipaparkan pada teori reduplikasi bahasa-bahasa Austronesia.

Keywords

reduplikasi; pola; komparatif

Full Text:

PDF

References

Bawa, I W., & Jendra, I W. (1981). Struktur Bahasa Bali. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Bowden, J. (2001). Taba: Description of a South Halmahera Language. Canberra: Pacific Linguistics.

Blust, R. (1998). Ca- reduplication and Proto-Austronesian grammar. Oceanic Linguistics, 3(7), 29-64.

______. (2001). Reduplicated colour terms in Oceanic languages. Dalam Pawley, A. K., Ross, M., & Tryon, D. (Eds.), The Boy From Bundaberg: Studies in Melanesian Linguistics in Honour of Tom Dutton (hlm. 23-49). Canberra, Australia: Pacific Linguistics.

______. (2013). The Austronesian Languages (Revised Edition). Canberra: Asia-Pacific Linguistics.

Due, A. (2016). Reduplikasi bahasa Kambowa. Jurnal Humanika, 1(16). Diambil dari http://ojs.uho.ac.id/index.php/HUMANIKA/article/view/747/pdf, pada 17 Desember 2017.

Hilsam. (2016). Reduplikasi bahasa Tolaki. Jurnal Humanika, 1(16). Diambil dari http://ojs.uho.ac.id/index.php/HUMANIKA/article/view/744/pdf, pada 17 Desember 2017.

Matthews, P. H. (1978). Morphology: An Introduction to the Theory of Word Structure. Cambridge: Cambridge University Press.

Macdonald, R. R., & Soenjono, D. (1967). A Student’s Reference Grammar of Modern Formal Indonesian. Washington, DC.: Georgetown University Press.

Ramlan, M. (2012). Morfologi: Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: Karyono.

Rizal, F. (2016). Sistem reduplikasi bahasa Muna (suatu kajian transformasi generatif). Jurnal Humanika, 1(16), 1-15. Diambil dari http://ojs.uho.ac.id/index.php/HUMANIKA/article/view/743/pdf, pada 16 Desember 2017.

Samsuri. (1982). Analisa Bahasa. Jakarta: Erlangga.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Verhaar, J. W. M. (2008). Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.