Meta-analisis validitas pengembangan booklet sebagai salah satu suplemen bahan ajar dalam materi pembelajaran biologi SMA/MA
Sari
EN
Learning media is an important means of supporting the learning process. It requires learning media that makes learning activities easier to understand by students. One of the tools that can be used in the learning process is a booklet. A booklet is a learning medium in the form of a small book with clear, concise, and easy-to-understand content with a minimum of five pages and a maximum of forty-eight pages out of cover count. This study aims to evaluate the validity of bookmaking as an additional teaching material in the biology lessons at high school/MA. Data collection is done by searching for journals and thesis related to booklets. The sample used is 20 journalists related to the development of the booklet. The meta-analysis results of the research for the educational material of the booklet amounted to 88.14%, with a very valid category. Then, with the results obtained, the booklet can be used for teaching material on the learning process to help the students so that they can easily understand the material delivered.
ID
Media pembelajaran adalah sarana penting untuk mendukung proses pembelajaran. Dibutuhkan media pembelajaran yang membuat kegiatan pembelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa. Salah satu alat yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah Booklet. Booklet sendiri adalah sebuah media pembelajaran berupa buku kecil dengan isi yang jelas, tegas, dan mudah dipahami yang memiliki minimal lima halaman dan maksimal empat puluh delapan halaman di luar hitungan sampul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi validitas pembuatan buku sebagai bahan ajar tambahan dalam pelajaran biologi di SMA/MA. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari jurnal dan tesis yang berhubungan dengan booklet. Sampel yang digunakan adalah 20 jurnal yang berkaitan dengan pengembangan booklet. Hasil meta analisis penelitian untuk bahan ajar berupa booklet sebesar 88,14% dengan kategori sangat valid. Maka dengan hasil yang sudah didapat booklet dapat digunakan untuk bahan ajar pada proses pembelajaran dalam rangka membantu peserta didik agar dapat mudah memahami materi yang disampaikan.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alencia, P., & Syamsurizal, S. (2021). Meta-analisis validitas booklet klasifikasi makhluk hidup sebagai suplemen bahan ajar ipa kelas vii smp. Bio-Pedagogi, 10(1), 8-15. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v10i1.49916
Apriyeni, O., Syamsurizal, S., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2021). Validitas Booklet pada Materi Bakteri untuk Peserta Didik Kelas X SMA. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 8–13. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.33805
Azzahra Harahap, I., Helendra, H., Alicia Farma, S., & Syamsurizal, S. (2020). Validity Of the Human Respiratory System Booklets as Learning Suplement for Student Class VIII Junior High School Validitas Booklet Sistem Pernapasan Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar IPA Kelas VIII SMP-NC-SA 4.0 license. Bioeducation Journal, 4(2), 104–112. https://doi.org/10.24036/bioedu.v4i2.272
Devega, A. T., Ambiyar, A., Panyahuti, P., Adi, N. H., & Riyanda, A. R. (2022). The Effectiveness Of Learning Media On The Outcome Of Computer And Basic Network of Vocational Students. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan. https://doi.org/10.24036/jptk.v5i2.23123
Fadhila, I. N., & Lufri. (2023). Meta-Analisis Validitas Media Booklet pada Pembelajaran Biologi SMA/MA. Jurnal On Teacher Education, 4, 523–531. https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.16544
Fiqriani, R. A., Halang, B., & Mahrudin, M. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk E-Booklet Keanekaragaman Famili Cyprinidae Sebagai Bahan Pengayaan Konsep Animalia Di SMA. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 14–28. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol2.iss1.410
Gusmar, R. A., Arsih, F., Alberida, H., & Rahmatika, H. (2022). Validitas Pengembangan Booklet Terintegrasi Potensi Lokal Kabupaten Pesisir Selatan pada Materi Plantae Kelas X SMA. Fondatia, 6(4), 914–924. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i4.2317
Hidayat, M., Amintarti, S., & Rezeki, A. (2023). Pengembangan Booklet Jenis Tumbuhan Sumber Pakan Bekantan Di Kawasan Stasiun Riset Pulau Curiak. JUPEIS : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 85–91. https://doi.org/10.57218/jupeis.vol2.iss1.537
Kainz, O., Michalko, M., Jakab, F., Petija, R., Uramova, J., & Moravcik, M. (2019, November 1). Innovation in Educational Process of Computer Networks. International Conference on Emerging eLearning Technologies and Applications. https://doi.org/10.1109/ICETA48886.2019.9040051
Misra, P. K. (2021). Learning About Learning. In: Learning and Teaching for Teachers. Springer, Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-16-3077-4_1
Novkovic-Cvetkovic, B. (2017). Innovative designs in teaching work for the improvement of processes, 8(1), 1-14. https://doi.org/10.5937/GUFV1701177N
Nurutami, T., Fadilah, M., Fitri, R., & Farma, S. A. (2022). Validitas booklet digital bioteknologi terintegrasi eco-enzyme sebagai bahan ajar digital kelas XII SMA. Journal on Teacher Education, 4(1), 405-412. https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5892
Pillai, P., & Kaim, P. (2023). Quality Education from Teachers’ Perspective. Research Review International Journal of Multidisciplinary, 8(6), 44-52. https://doi.org/10.31305/rrijm.2023.v08.n06.007
Putri, N. M. (2020). Pengembangan Booklet sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Pengelolaan Bisnis Ritel Materi Perlindungan Konsumen Kelas XI BDP di Smkn Mojoagung. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 925–931. https://doi.org/10.26740/jptn.v8n3.p925-931
Putry, W. D., & Darussyamsu, R. (2022). Validasi Pengembangan Booklet Bernuansa Konseptual tentang Materi Struktur dan Fungsi Organel Sel Untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Journal on Teacher Education, 4(2), 668–676. https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.6154
Rahmi, D., & Sumarmin, R. (2021). Booklet Bernuansa Spiritual pada Materi Virus untuk Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 234–241. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.35641
Santhi, S. (2017). Need quality education in the 21st century - role of the secondary education teachers. International Education and Research Journal, 3(2) 25-28. https://ierj.in/journal/index.php/ierj/article/view/652
Savira, T., & Darussyamsu, R. (2022). Validitas Booklet Bernuansa Spiritual tentang Materi Protista sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas X SMA/MA. Journal On Teacher Education, 4(1), 272–278. https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5808
Sinaga, H., Silalahi, M. V., & Situmorang, M. V. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet pada Materi Keanekaragaman Hayati terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Pematang Siantar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 7116–7130. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5
Supriyadi, D., & Martini, N. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Manajemen Dan Sains. https://doi.org/10.33087/jmas.v8i1.776
Syafrina, R., Relsas Yogica, R. Y., Elsa Yuniarti, E. Y., & Rahmawati Darusyamsu, R. D. (2023). Pengembangan Booklet Terintegrasi Nilai Preventif Gangguan Sistem Sirkulasi Manusia untuk Peserta Didik SMA. Biodik, 9(2), 164–170. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.21088
Ulandari, T., & Syamsurizal, S. (2021). Booklet Suplemen Bahan Ajar pada Materi Protista untuk Kelas X SMA/MA. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 301–307. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i2.37688
Winda, W. A., Hardiansyah, H., & Mahrudin, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk E-Booklet Ikan Familia Bagridae Di Sungai Barito Desa Bantuil Kabupaten Barito Kuala Pada Konsep Animalia. JUPENJI : Jurnal Pendidikan Jompa Indonesia, 1(3), 61–77. https://doi.org/10.57218/jupenji.vol1.iss3.373
Yogica, R., Fitri, R., & Rahmatika, H. (2024). Pengembangan E-Booklet Interaktif Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Peserta Didik Fase E SMA Program Studi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Padang. 8, 9225–9232. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.13786**
Zuhdi, A., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). The importance of education for humans. Journal of School Counseling, 6(1), 22-34. https://doi.org/10.23916/08742011
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.