Analisis kesulitan belajar daring pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI SMAN 2 Mandau tahun ajaran 2021/2022

Prida Juniarti, Mellisa Mellisa

Sari

EN

This study aims to determine the difficulties of online learning in class XI Biology students at SMAN 2 Mandau. This research was conducted in January-March 2022. The implementation of this research used a quantitative descriptive method with survey techniques. The sampling technique used a random sampling technique (simple random sampling). The number of research samples is 122 students. The instrument used was an online learning difficulties questionnaire which consisted of 30 statement items and had been validated. The data collection technique in this study used a questionnaire which was distributed directly in the class. Based on the research, it is known that the factors causing online learning difficulties in biology class XI students are the first indicator of signal technical constraints and online learning disabilities in the high category of 70.76%, the second indicator of the implementation of interactions, assignments and teaching materials in online learning is 67.33% in the high category , the third indicator of stakeholders helping the government, schools, parents of students in online learning is 69.55% in the high category. Based on the results of data processing and analysis, it can be concluded that the online learning difficulties of class XI Biology students at SMAN 2 Mandau for the 2021/2022 academic year are included in the high category with a percentage of 69.21%.


ID

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar daring pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI SMAN 2 Mandau. Penelitian ini dilaksanakn pada bulan Januari-Maret 2022. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik survei pada siswa kelas XI SMAN 2 Mandau  Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling secara acak (simple random sampling). Jumlah sampel penelitian adalah 122 siswa. Instrumen pada penelitian yang digunakan berupa angket kesulitan belajar daring yang terdiri dari 30 item pernyataan dan telah divalidasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan angket yang di sebarkan secara langsung di dalam kelas. Berdasarkan penelitian didapatkan hasil bahwa faktor penyebab kesulitan belajar daring pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI adalah indikator pertama kendala teknis signal dan ketidakmampuan belajar daring 70,76% kategori kuat, indikator kedua pelaksanaan interaksi, tugas, dan bahan ajar dalam belajar daring 67,33% kategori kuat, indikator ketiga stake holder membantu pemerintah, sekolah, wali murid dalam belajar daring 69,55% kategori kuat. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kesulitan belajar daring pada mata pelajaran biologi siswa kelas XI SMAN 2 Mandau Tahun Ajaran 2021/2022 memiliki nilai rata-rata persentase sebesar 69,21% dikategorikan kuat.

Kata Kunci

Biology learning; Learning difficulties; Online learning;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Affiza, N., & Angela, L. (2021). Kesulitan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Al-Jahiz: Journal of Biology Education Research, 3(2), 94–102. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v3i2.5317

Alfiyah, Z. N., Hartatik, S., Nafiah, & Sunanto. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Secara Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Zuraida. Basicedu, 5(5), 3158–3166. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1297

Aptriyana, J., Lestari, N. D., & Januardi. (2021). Analisis kesulitan belajar siswa dalam pembelajaran daring di SMK Se-Kecamatan Kayuagung. Jurnal Promosi Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 9(2), 86–94. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/pro.v9i2.4516

Azhar, A. (2016). Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–889. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.476

Bali, S. T., & Liu, M. C. (2018). Students’ perceptions toward online learning and face-to-face learning courses. Journal of Physics Conference Series, 1108(1). https://doi.org/https://doi.org/10.1088/17426596/1108/1/012094

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208–218. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.112

Basith, A., Rosmaiyadi, R., Triani, S. N., & Fitri, F. (2020). Investigation of Online Learning Satisfaction During COVID 19: In Relation to Academic Achievement. Journal of Educational Science and Technology, 1(1), 265–275. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/est.v1i1.14803.

Dewi, T. A. P., & Sadjiarto, A. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1909–1917. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1094

Erfan, M., Nurwahidah, N., Anar, A. P., & Maulyda, M. A. (2020). Identifikasi Level Kognitif pada Soal Ujian Akhir Semester Gasal Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah, 8(1), 19–26. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i1. 1954

Evita, Z., Rahmi, R., & Efendi, Y. (2015). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas VII MTs Batamiyah Batam. Simbiosa, 4(1), 42–47. https://doi.org/10.33373/sim-bio.v4i1.539

Fikri, M., Ananda, M. Z., Faizah, N., Rahmani, R., Elian, S. A., & Suryanda, A. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development, 9(1), 145–148. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290

Hamdani, A. R. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian Kualiatatif Deskriptif. SEPREN : Journal of Mathematics Education and Applied, 2(1), 45–51. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364

Idrus, L. (2019). Evaluasi dalam Proses Pembelajaran. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 920–935. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v9i2.427

Klara, F., & Ristiono, R. (2021). Identifikasi Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Peserta Didik yang Pembelajarannya dalam Jaringan (Daring) Kelas XI. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 350–356. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38819

Mellisa, & Safitri, D. (2022). Persepsi siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran biologi berbasis e- learning di tengah wabah Covid-19. Bio-Pedagogi : Jurnal Pembelajaran Biologi, 11(2), 69–75. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v11i2.64444

Purwanto. (2020). Prinsip-Prinsip Dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.

Purwanto, K. K., Faizah, F., & Nurillah, H. S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Dalam Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemik Covid-19. UNESA Journal of Chemical Education, 11(1), 14–22. https://doi.org/10.26740/ujced.v11n1.p14-22

Putri, R. N., Nur, S., Agama, F., Universitas, I., Makassar, M., Agama, F., Universitas, I., & Makassar, M. (2022). Kesulitan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi COVID-19. Jurnal J-BKP, 02(01), 1–13.

Riduwan. (2016). Dasar Dasar Statistika. Alfabeta.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sindiani, A. M., Obeidat, N., Alshdaifat, E., Elsalem, L., Alwani, M. M., Rawashdeh, H., Fares, A. S., Alalawne, T., & Tawalbeh, L. I. (2020). Distance education during the COVID-19 outbreak: A cross-sectional study among medical students in North of Jordan. Annals of Medicine and Surgery, 59. https://doi.org/10.1016/j.amsu.2020.09.036

Sintema, E. J. (2020). Effect Of Covid-19 On The Performance Of Grade 12 Students: Implications For Stem Education. Eurasia Journal Of Mathematics, Science And Technology Education, 16(7), 1–6. https://doi.org/10.29333/ejmste/7893

Siyoto, S. (2015). Dasar Metologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Alfabeta.

Utami, Y. P., & Cahyono, D. A. D. (2020). Study At Home: Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Proses Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 20–26. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v1i1.252

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772–782. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan Pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. Jipm (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 5(1), 24. https://doi.org/10.25273/jipm.V5i1.852

Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232–243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142

Zaputri, N. S., & Lufri, L. (2021). Kesulitan dalam Belajar Biologi saat Pembelajaran Daring. Journal for Lesson and Learning Studies, 4(3), 396–403. https://doi.org/10.23887/jlls.v4i3.38567

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.