Nilai-nilai karakter siswa sekolah menengah atas pada pembelajaran biologi dengan berbantukan aplikasi instagram

Meinira Dinar Fajrina, Dwi Setyo Astuti

Sari

EN

Learning in the 21st century applies character skills, critical thinking, creativity, problem-solving, cooperation, community, and communication skills. Building the character we need is one of them through learning, where 21st-century learning integrates knowledge skills, literacy, attitudes, and skills and mastery of technology. This study aims to determine the value of the character of responsibility, creativity, and independence in students. The data collection technique used in this research is the triangulation technique. Questionnaire, observation, and interview methods were used in this study. In his research through the poster in Instagram learning method, the teacher provides students with an understanding of the discussion task to obtain work to build creative character values and responsibility. Experts' students' and teachers' responses validated data collection. The results of students' character values in learning biology with the help of the Instagram application were 72%, 68%, and 66% with good categories. The character value that gets the highest percentage is responsibility, and independence is the lowest character value aspect.

 

ID

Pembelajaran pada abad ke-21 ini menerapkan keterampilan karakter, berpikir kritis, kreativitas, pemecahan masalah, kerjasama, kemasyarakata dan keterampilan komunikasi. Membangun karakter yang kita perlukan yaitu salah satunya melalui pembelajaran, dimana pembelajaran abad 21 ini merupakan suatu pengintegrasian antara kemampuan kecakapan pengetahuan, literasi, sikap dan keterampilan serta penguasaan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai karakter tanggung jawab, kreatif, dan mandiri pada siswa.  Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik triangulasi. Metode kuesioner, observasi, dan wawancara digunakan dalam penelitian ini. dalam penelitiannya melalui metode pembelajaran poster in instagram, guru memberikan pemahaman siswa untuk tugas diskusi dalam memperoleh karya dengan harapan dapat membangun nilai karakter kreatif dan tanggung jawab. Pengumpulan data dilakukan dengan validasi oleh pakar, tanggapan siswa dan guru. Hasil nilai karakter siswa pada pembelajaran biologi dengan berbantukan aplikasi instagrami sebesar 72%, 68%, dan 66% dengan kategori baik. Nilai karakter yang memperoleh persentase tertinggi adalah tanggung jawab dan aspek nilai karakter terendah adalah mandiri.

Kata Kunci

Biology learning; Character education; Instagram

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Afghani, D.R. (2021) „Kreativitas Pembelajaran Daring Untuk Pelajar Sekolah Menengah Dalam Pandemi Covid-19‟, Journal of Informatics and Vocational Education, 3(3), pp. 70–75. doi:10.20961/joive.v3i3.43057.


Anggraini, Puji Lestari, F. and Dewi Lestari, I. (2020) „Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Di Sekolah Menengah Pertama‟, Journal of Character Education Society, 3(2), pp. 258–266. http:// doi.org/10.31764/jces.v3i1.2310h.

Blegur, J., Manu, T. S. N., & Souisa, M. (2018). Students’ Disciplined Character as the Effort to Improve Self-Esteem and Academic Performance.The International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences. https://doi.org/10.6007/IJARBSS/V8-I4/4019

Butson, R., John, S., & Suazo, A. E. (2020). The Behaviour of Learning: Exploring Independent Study Practices of Undergraduate Heath Science Students.Medical Science Educator. https://doi.org/10.1007/S40670-020-00974-5

Dimitrova, V., & Mancheva-Ali, O. (2018).Planning and Time Management. https://doi.org/10.1515/KBO-2018- 0045

Douglas, N. K. M., Scholz, M. M., Myers, M. A., Rae, S., Elmansouri, A., Hall, S., & Border, S. (2019). Reviewing the Role of Instagram in Education: Can a Photo Sharing Application Deliver Benefits to Medical and Dental Anatomy Education?Medical Science Educator. https://doi.org/10.1007/S40670-019-00767-5

Hamid, A., Jaenudin, R. and Koryati, D. (2018) „Analisis Nilai-Nilai Karakter Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 2 Tanjung Raja‟, Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 5(1), pp. 1–16. doi:10.36706/jp.v5i1.5632.


Haniah, St., Nursalam, N., & Hamid, W. (2023). Creative Intelligence In Forming Student

Character.Journal Research of Social Science, Economics, and Management. https://doi.org/10.59141/jrssem.v2i09.436

Jamaluddin, A., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Gofur, A. (2021, March 2).Character, creative thinking and learning achievement in higher education: How they are correlated. https://doi.org/10.1063/5.0043184

Kembaren, Y.A., Kartono, G. and Mesra, M. (2020) „Analisis Karya Poster Berdasarkan Unity, Layout, Tipografi, Dan Warna‟, Gorga : Jurnal Seni Rupa, 9(1), p. 121. doi:10.24114/gr.v9i1.18187.

Kemendiknas (2011) „Pelaksanaan Pendidikan Karakter‟, Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, 66(November).

Mardhiyah, Rifa Hanifa et al. (2021) „Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia‟, Lectura : Jurnal Pendidikan, 12(1). doi:10.31849/lectura.v12i1.5813.


Martini, E. (2018) „Membangun Karakter Generasi Muda Melalui Model Pembelajaran Berbasis Kecakapan Abad 21‟, Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(2), pp. 21–27. doi:10.24269/jpk.v3.n2.2018.pp21-27.


Mubin, M.S. (2020) „Pendidikan Karakter Menurut Ibnu Miskawaih Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Masa Pandemi‟, Jurnal Reforma, 9(2), p. 114. doi:10.30736/rf.v9i2.319.


Naelofaria, S., & Siregar, I. (2020).Values Of Character Education In Their Learning Era. https://doi.org/10.20961/SHES.V3I2.46257

Ningsih, Y. and Djollong, A.F. (2020) „Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Pembentukan Karakter‟, Al-Athfal, 2(2), pp. 52–64.

Nurcahyawati, E., & Alfisyahrin, Z. (2022, January 1).The Concept of Independent Learning Viewed from the Perspective of Higher Order Thinking Skills (HOTS). https://doi.org/10.4108/eai.28-10-2020.2315333

Pramasanti, R., Bramasta, D. and Anggoro, S. (2020) „Implementasi Pendidikan Karakter Tanggung Jawab dan Kerja Sama Dalam Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 Di SD Negeri 2 Berkoh‟, Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1). doi:10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.410.


Purwitasari, P. and Wardani, N.S. (2019) „Upaya Peningkatan Sikap Tanggung Jawab Melalui Psmnht Siswa Kelas Ii Sdn Sidorejo Lor 03 Semester Ii Tahun Ajaran 2018/2019‟, Jurnal Basicedu, 3(1). doi:10.31004/basicedu.v3i1.111.


Rikizaputra, R. and Sulastri, H. (2020) „Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa‟, Lectura : Jurnal Pendidikan, 11(1). doi:10.31849/lectura.v11i1.3760.


Salmiati, S., Ningsi, Y. and Ramlah, R. (2019) „Pengaruh Penggunaan Instagram Terhadap Karakter Peserta Didik di Kelas X SMA Negeri 3 Parepare‟, JPPI (Jurnal Pendidikan Islam Pendekatan Interdisipliner), 3(1), pp. 73–85. doi:10.36915/jpi.v3i1.53.


Sari, S.P. and Bermuli, J.E. (2021) „Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Siswa pada Pembelajaran Daring Melalui Implementasi Pendidikan Karakter‟, Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1). doi:10.33394/jk.v7i1.3150.

Taib, E.N. and Masri, M. (2020) „Pengintegrasian Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Biologi Pada Sekolah Menengah Atas Di Takengon Dan Lhokseumawe‟, JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 20(2), p. 225. doi:10.22373/jid.v20i2.5018.


Taluke, D. et al. (2019) „Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat‟, Spasial, 6(2), pp. 531–540.

Tusaadia, A., Abdillah, A., Mahsup, M., Mandailina, V., & Syaharuddin, S. (2022). Learning Independence Towards Mathematics Learning Outcomes Based on Education Level.Indonesian Journal of Educational Research and Review. https://doi.org/10.23887/ijerr.v5i3.52312

Utami, R.P., Probosari, R.M. and Fatmawati, U. (2015) „Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Berbantu Instagram Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Surakarta‟, Bio-Pedagogi, 4(1), pp. 47–52.

Veygid, A., Aziz, S.M. and S.R., W.S. (2020) „Analisis Fitur dalam Aplikasi Instagram sebagai Media Pembelajaran Online Mata Pelajaran Biologi untuk Siswa Sekolah Menengah Atas‟, ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), pp. 39–48. doi:10.35719/alveoli.v1i1.5.


Widiastuti, I., Muhsam, J. and Cakranegara, P.A. (2021) „Analisis Pentingnya Pembangunan Pendidikan Karakter Siswa Dalam Mengembangkan Kualitas Sumber Daya Manusia di SMP Muhammadiyah Surakarta‟, Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2). doi:10.37905/aksara.7.2.255-262.2021


Yasmin, F.L., Santoso, A. and Utaya, S. (2016) „Hubungan disiplin dengan tanggung jawab belajar siswa [Relationship of discipline with student learning responsibilities]‟, Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(4), pp. 692–697.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.