Hasil belajar mahasiswa calon guru biologi pada praktikum sistematika invertebrata selama masa pembelajaran tatap muka terbatas 2021/2022
Sari
EN
This study aims to determine the learning outcomes of prospective biology teacher candidates for the biology education study program at the a University in Surakarta during the limited PTM period T.A 2021/2022. This type of research is ex post facto research. The subjects of this study were 145 students who took the Invertebrate Systematics practicum course. The data of this study were obtained from the documentation of student learning outcomes and then analyzed by descriptive analysis. The results showed that the learning outcomes of Invertebrate Systematics practicum students during the limited PTM period T.A 2021/2022 of the three components were generally in the medium category. The posttest results obtained an average of 69.6, the response test with an average of 63.2 and the average final practicum score was 75.6. This shows that student learning outcomes during the limited PTM period are quite good.
ID
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa calon guru biologi prodi pendidikan biologi FKIP Universitas di Surakarta selama masa PTM terbatas T.A 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Subjek penelitian ini adalah 145 mahasiswa yang menempuh mata kuliah praktikum Sistematika Invertebrata. Data penelitian ini diperoleh dari dokumentasi hasil belajar mahasiswa kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa praktikum Sistematika Invertebrata pada masa PTM terbatas T.A 2021/2022 dari ketiga komponen secara umum masuk dalam kategori sedang. Hasil postest memperoleh rata – rata 69.6, ujian responsi dengan rata – rata 63.2 dan rata – rata nilai akhir praktikum adalah 75.6. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa selama masa PTM terbatas yang dihasilkan cukup baik.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afrizal, A., Vebrianto, R., & Anwar, A. S. (2022). Methods in the Learning Process: Case Studies on Implementation.Buana Pendidikan. https://doi.org/10.36456/bp.vol18.no1.a5158
Agustina, P., Saputra, A., Khotimah, E. K., Rohmahsari, D., & Sulistyanti, N. (2019).Evaluasi Pelaksanaan Praktikum Biologi di SMA Negeri di Klaten pada ditinjau dari Kualitas Laboratorium, Pengelolaan, dan Pelaksanaan Praktikum. https://doi.org/10.20961/BIO-PEDAGOGI.V8I2.36148
Anggrella, D. P., Rahmasiwi, A., & Purbowati, D. (2021). Eksplorasi Kegiatan Praktikum IPA PGMI Selama Pandemi Covid-19. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v6i1.9612
Astuti, R., Setianingsih, G. M., & Rahayu, S. (2021). Efektivitas Praktikum Biokimia Secara Luring Dan Daring Guna Meningkatkan Pemahaman Materi Protein Pada Mahasiswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 2(1), 13–18. https://doi.org/10.51673/jips.v2i1.498
Biswas, A., Sen, S., & Ray, K. (2019). Reliability assessment of pre -post test questionnaire on the impact of a daylong clinical pharmacology workshop among medical professionals. Asian Journal of Medical Sciences. https://doi.org/10.3126/AJMS.V10I6.25448
Bertusso, F. R., Terhaag, M. M., & Malacarne, V. (2020).The use of practical classes in science teaching: challenges and possibilities. https://doi.org/10.22481/PRAXISEDU.V16I39.6380
Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. DOI:10.32923/edugama.v6i1.1289
Casper, A. M., Rebolledo, N., Lane, A. K., Jude, L., & Eddy, S. L. (2022). It’s completely erasure: A Qualitative Exploration of Experiences of Transgender, Nonbinary, Gender Nonconforming, and Questioning Students in Biology Courses.CBE- Life Sciences Education. https://doi.org/10.1187/cbe.21-12-0343
Damayanti, D., & Magdalena, I. (2021). Jago Mendesain Pembelajaran (Untuk Guru Sekolah Dasar). Guepedia.
Fisher, D., & Frey, N. (2018). Using Questions to Drive Content Area Learning: Revising Old Favorites. The Reading Teacher. https://doi.org/10.1002/TRTR.1741
Gloria, R. Y., & Indriyanti, D. R. (2017). Costa-Kallick’s Habits of Mind dalam Kegiatan Praktikum pada Mahasiswa Calon Guru Biologi Costa-Kallick’s. Proceeding Biology Education Conference, 14, 5742.
Hayati, A., Juanengsih, N., & Fadlilah, D. R. (2021). Laboratory activity-based learning to improve generic science skills on the concept of sensory systems. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1836/1/012077
Ilyas, M., & Armizi, A. (2020).Metode Mengajar dalam Pendidikan Menurut Nur Uhbiyati dan E. Mulyasa. https://doi.org/10.46963/ALLIQO.V5I02.244
Ketaren, A. M. A., Kanca, I. N., & Parta lesmana, K. Y. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran Luring Peserta Didik Yang Tinggal Di Asrama Dan Daring Bagi Peserta Didik Di Luar Asrama Terhadap Hasil Belajar Pjok. Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan Undiksha, 9(1), 29. https://doi.org/10.23887/jjp.v9i1.36744
Khasanah, N. (2020). Terampil dalam Pembelajaran Terintegrasi Islam Melalui Model DBUS. Fakultas Sains dan Teknologi UIN Walisongo Semarang.
Laksono, B. A. (2020). Pengaruh Kesiapan Mental Terhadap Hasil Ujian Program Kesetaraan. Jurnal Pendidikan Modern, 5(3), 139–144. https://doi.org/10.37471/jpm.v5i3.106
Libed, G. D. (2022). Factors that Contribute to Failure Causes of Academically Low Performing Students. Jurnal Ilmiah Peuradeun. https://doi.org/10.26811/peuradeun.v10i1.665
Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536
Molstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National curricula in Norway and Finland: The role of learning outcomes. European Educational Research Journal, 15(3), 329–344. https://doi.org/10.1177/1474904116639311
Muhammad, M. (2017).Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. https://doi.org/10.22373/LJ.V4I2.1881
Riyani, Y. (2018). Faktor-Faktor Ekstern Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 76. DOI:10.33603/ejpe.v5i2.246
Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(3), 368–378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043
Sotto, R. J. B. (2021).Collaborative learning in the 21st century teaching and learning landscape: effects to students’ cognitive, affective and psychomotor dimensions. https://doi.org/10.12928/IJEMI.V2I2.3325
Subotin, I., Druţă, R., & Chiosa, Z. (2021). Organization of the online laboratory practicum at inorganic and analytical chemistry - a possible solution for pandemic situation.Journal of Social Sciences. https://doi.org/10.52326/JSS.UTM.2021.4(2).06
Suradi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Deepublish.
Tammu, R. M. (2017). Keterkaitan Metode Dan Media Bervariasi Dengan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Biologi TingkaT SMP. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 2(2), 134–142. https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p134-142
Ulfah, Y., & Suryantoro, A. (2021). the Learning Evaluation in the Pandemic Covid-19 Towards. Journal of Biology Education Research, 2(1), 28–35. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v2i1.3387
Yamin, M. (2020). Kontribusi Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi IPA Siswa SMP.Jurnal Pijar Mipa,15(3),288–292. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i3.1658
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.