Penggunaan web-blog sistem pernapasan sebagai media pembelajaran daring di sma

Rysthania Glory Arneta, Masagus Muhammad Tibrani, Adeng Slamet

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan web-blog sistem pernapaan sebagai media pembelajaran daring di SMA terhadap hasil belajar. Penelitian Quasi Experimental Design ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design, dengan dua kelas yang diberi perlakuan berbeda. Terdapat dua kelompok yang berbeda, yaitu: Kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran dengan media web-blog dan kelas kontrol diberikan pembelajaran media yang biasa digunakan guru (kontrol). Subjek dalam penelitian ini adalah 71 siswa kelas XI di salah satu SMA di. Untuk melihat pengaruh penggunaan web-blog digunakan instrument tes. Hasil data analisis menggunakan uji ancova pada penelitian ini menunjukkan bahwa: nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 79,42 sedangkan rata-rata nilai posttest kelas kontrol sebear 71,52. Uji hipotesis diperoleh hasil sig=0,000 (Taraf<0,05), yang menunjukkan ada pengaruh penggunaan web-blog sebagai media pembelajaran daring sistem pernapasan terhadap hasil belajar peserta didik SMA. Setelah dilakukan uji n-gain didapatkan hasil rata-rata nilai n-gain kelompok eksperimen 0,64 (sedang) dan nilai rata-rata n-gain kelompok control 0,49 (sedang). Berdasarkan hasil disimpulkan bahwa penggunaan web—blog ini berpengaruh sangat signifikan terhadap peningkatan hasil belajar.

Kata Kunci

Web-Blog; Media pembelajaran; Hasil Belajar; Sistem pernapasan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Alianto, D. (2017). Pengembangan media vlogging (video blogging) untuk pembelajaran laporan perjalanan pada siswa kelas viii smp katolik yohanes gabiel pare-kediri. Skripsi, Sanata Dharma University. https://repository.usd.ac.id/17730/2/131224094_full.pdf.

Ariasari, Fani. (2016). Pernak-pernik blog. Jakarta: Media Kita

Arighi, H. (2017). Implementasi penggunaan blog sebagai media pembelajaran ekonomi pada peserta didik kelas xi sman 34 jakarta. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Assyatthie, B. (2017). Teori Pembelajaran Kontekstual. Makalah

Fatimah, R. (2017). Pengaruh penggunaan media torso terhadap hasil belajar ipa pokok bahasan sistem respirasi manusia pada peserta didik di kelas v madrasah ibtidaiyah as’adiyah putri no.1 belawa kab.wajo. Skripsi. Universitas Islam Alauddin.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan. http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf. diakses pada 3 November 2021.

Kristiyanti, M. (2011). Blog sebagai alternatif media pembelajaran. Majalah Ilmiah INFORMATIKA, 2(2), 33-45.

Kurnia, N., Koryati, D., & Rusmin, A. R. (2018). Pengaruh media wordpress blog terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di sma negeri 6 palembang. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 46-52.

Radvansky G. (2016). Memory. Boston (MA): Pearson Education Group

Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., Andaresta, O., & Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan teknologi media pembelajaran di masa pandemi covid-19. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1-13.

Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siemaszko, C. (2020). Coronavirus outbreak labeled a pandemic by World Health Organization. https://www.nbcnews.com/health/health-news/coronavirus-outbreak-labeled-pandemic-world-health-organization-n1155741.

Sudjana, Nana. (2019). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya) Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sulasmianti, N. (2018). Pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran. Jurnal Teknodik, 143-158.

Tibrani, M. M., Corebima, A. D., Zubaidah, S., & Ghofur, A. (2017). The Influence of Authentic Assessment on Students’ Attitude and Psychomotor in Biology Course with the Implementation of Project Based Learning. The Journal of Social Sciences Research, 3(10), 97-102.

Ulfa, M., & Puspaningtyas, N. D. (2020). The effectiveness of blended learning using a learning system in network (spada) in understanding of mathematical concept. Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 47-60.

Yulistyanti, D., Farkhatin, N., & Mustari, D. (2021). Penggunaan aplikasi sebagai media e-Learning remaja di Karang Taruna. JE (Journal of Empowerment), 2(1), 89-100.

Refbacks