Analisis uas biologi kelas x dengan teori tes klasik dan item response theory (rasch model)

Sri Handayani

Sari

Analisis soal merupakan suatu proses untuk menguji kualitas setiap item soal. Analisis soal UAS Biologi Kelas X ini bertujuan untuk menguji kualitas soal ujian akhir semester genap kelas X mata pelajaran biologi pada tahun pelajaran 2019/2020. Analisis ini menggunakan teori tes klasik yang dilakukan dengan program Microsof Excel dan item response theory dengan menggunakan model Rasch. Kualitas item soal yang diuji meliputi tingkat kesukaran, daya pembeda soal, efektifitas distractor, validitas dan reliabilitas. Soal berjumlah 40 butir pilihan ganda yang diujikan kepada 41 siswa. Terdapat perbedaan hasil analisis dengan CTT dan Model Rasch. Hasil analisis dengan CTT menunjukkan tingkat kesukaran terdapat dua kategori;  daya pembeda 5 kategori; efektifitas distraktor yang berfungsi 72,5% dan yang tidak berfungsi 27,5%; validitas butir soal yang valid 65% dan tidak valid 35%; reliabilitas soal secara umum adalah reliabel dengan kategori sangat tinggi (nilai r11=0,855). Analisis dengan model Rasch  menunjukkan tingkat kesukaran terdapat tiga kategori; daya pembeda 3 kategori; efektifitas distraktor yang berfungsi 85% dan yang tidak berfungsi 15%; validitas butir soal yang valid dan tidak valid seimbang yaitu 50%; reliabilitas item sebesar 0,79 (cukup) dan reliabilitas person 0,82 (bagus).
 

Kata Kunci

Analisis soal, Tes klasik, Model rasch

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Alfarisa, F., & Purnama, D. N. (2019). Analisis butir soal ulangan akhir semester mata pelajaran ekonomi sma menggunakan rasch model. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(2), 366-374.

Amalia, A. N., & Widayati, A. (2012). Analisis butir soal tes kendali mutu kelas XII SMA mata pelajaran ekonomi akuntansi di kota Yogyakarta tahun 2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 1-26. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.919

Arifin, Z. (2017). Kriteria instrumen dalam suatu penelitian. Jurnal Theorems (the original research of mathematics), 2(1), 28-36.

Nitko, A. J. (1996). Educational assessment of students. Prentice-Hall Order Processing.

Erfan, M., Maulyda, M. A., Hidayati, V. R., Astria, F. P., & Ratu, T. (2020). Analisis kualitas soal kemampuan membedakan rangkaian seri dan paralel melalui teori tes klasik dan model rasch. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 11-19. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.24080

Fernanda, J. W., & Hidayah, N. (2020). Analisis kualitas soal ujian statistika menggunakan classical test theory dan rasch model. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 2(1), 49-60. https://doi.org/10.21580/square.2020.2.1.5363

Iskandar, A., & Rizal, M. (2018). Analisis kualitas soal di perguruan tinggi berbasis aplikasi TAP. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 22(1), 12-23. https://doi.org/10.21831/pep.v22i1.15609

Kurniawan, R. Y., Prakoso, A. F., Hakim, L., Dewi, R. M., & Widayanti, I. (2017). Pemberian pelatihan analisis butir soal bagi guru di kabupaten jombang: Efektif?. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 179-193. https://doi.org/10.21009/jpmm.001.2.03

Rahayu, R., & Djazari, M. (2016). Analisis kualitas soal pra ujian nasional mata pelajaran ekonomi akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1), 84-94. https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11370

Warju, W., Ariyanto, S. R., Soeryanto, S., & Trisna, R. A. (2020). Analisis kualitas butir soal tipe HOTS pada kompetensi sistem REM di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 95-104.

Sitorus, A. P., Wurarah, M., & Gedoan, S. P. (2018). Analisis Butir Soal Ulangan Harian Buatan Guru Mata Pelajaran Biologi Kelas X Sma N 1 Remboken. JSME (Jurnal Sains, Matematika & Edukasi), 5(1), 49-54.

Sumintono, B. (2018). Rasch model measurements as tools in assesment for learning. In 1st International Conference on Education Innovation (ICEI 2017) (pp. 38-42). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icei-17.2018.11

Sumintono, B. & Widhiarso, W. (2015). Aplikasi Permodelan RASCH pada Assessment Pendidikan. Cimahi: Trim Komunikata

Septiana, N. (2016). Analisis butir soal ulangan akhir semester (UAS) biologi tahun pelajaran 2015/2016 kelas X dan XI pada MAN Sampit. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2), 115-121. https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.514

Yustika, A., Susatyo, E. B., & Nuswowati, M. (2014). Uji kriteria instrumen penilaian hasil belajar kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(2), 1330- 1339. https://doi.org/10.15294/jipk.v8i2.4438

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.