Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik : literature review

Lusi Angraini, Rahmadhani Fitri, Rahmawati Darussyamsu

Abstract

Salah satu tujuan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sehingga dapat menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. Tujuan dari literature review ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa pada mata pelajaran biologi. Metode yang digunakan adalah studi literatur terhadap beberapa artikel terkait penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar siswa yang dipublikasikan beberapa tahun terakhir. Dari 20 artikel yang digunakan dalam literature review ini ditemukan bahwa rata-rata akhir hasil belajar siswa yang mengikuti model Problem Based Learning selalu meningkat; sedangkan rata-rata hasil belajar akhir siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan model pembelajaran PBL cenderung menurun, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara siswa yang belajar menggunakan model PBL dan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran PBL . Siswa yang belajar menggunakan model Problem Based Learning menunjukkan hasil belajar yang lebih baik dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik dibandingkan dengan siswa yang belajar tidak menggunakan model pembelajaran PBL. Hal ini, model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

 

Problem-based learning models to improve students' biology learning outcomes: literature review. One of the objectives of the Problem Based Learning (PBL) learning model is to improve students' problem solving abilities so that they can become qualified Human Resources (HR). The purpose of this literature review is to identify the effect of using problem based learning learning models that affect learning outcomes in the cognitive, affective, and psychomotor aspects of students in biology subjects. The method used is a literature study of several articles related to the use of problem based learning learning models on student learning outcomes published in recent years. From the 20 articles used in this literature review, it was found that the final average of students' learning outcomes who follow the Problem Based Learning model always increases; while the final average learning outcomes of students who take part in learning without using the PBL tend to decrease, there is a significant difference in learning outcomes between students who learn to use the PBL model and students who do not use the PBL learning model. Students who learn to use the Problem Based Learning model show better learning outcomes from cognitive, affective, and  psychomotor aspects compared to students who learn not to use the PBL learning model. This, the Problem Based Learning learning model has an effect on student learning outcomes.

Keywords

Problem-based learning; hasil belajar

References

Anggraini, W. N., Purwanto, A., & Nugroho, A. A. (2020). Peningkatan hasil belajar kognitif biologi melalui problem based learning pada siswa kelas x sma negeri 1 bulu sukoharjo. IJIS Edu: Indonesian Journal of Integrated Science Education, 2(1), 55-62.

Ayulestari, C., Suratsih, S., & Hidayati, S. (2017). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 dan Implementasinya dalam Mengembangkan Kemampuan Proses Ilmiah di SMA Negeri 3 Yogyakarta. Pend. Biologi-S1, 6(7), 392-402.

Ayuningrum, D., & Susilowati, S. M. E. (2015). Pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi protista. Journal of Biology Education, 4(2), 124-133.

Bondan, D. (2011). Problem based learning dan contoh implementasinya. Yogyakarta: UNY Press

Bororing, G. A., Nanlohy, F. N., & Roring, V. I. Y. (2020). Pengaruh model problem based learning (pbl) berbantuan media alat peraga terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran biologi di kelas xi ipa sma negeri 1 kawangkoan. JSPB BIOEDUSAINS, 1(2), 46-52..

Dewi, E. H. P., Akbari, S., & Nugroho, A. A. (2019). Peningkatan aktivitas dan hasil belajar biologi melalui model problem based learning (PBL) pada materi pencemaran lingkungan siswa kelas X SMA Negeri 1 Jatisrono. Journal of Biology Learning, 1(1). 53 – 62.

Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik sma. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 66-76.

Jalmo, T., Fitriyani, D., & Yolida, B. (2019). Penggunaan problem based learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan berpikir tingkat tinggi. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 7(3), 77-87.

Husna, S., Nurmaliah, C., & Abdullah, A. (2013). Penerapan model problem based learning pada konsep perusakan dan pencemaran lingkungan untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan siswa SMA Negeri 1 Sabang. Jurnal EduBio Tropika, 1(2). 61-120.

Kharida, L. A., Rusilowati, A., & Pratiknyo, K. (2009). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan elastisitas bahan. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 5(2), 42-47.

Kurniahtunnisa, K., Dewi, N. K., & Utami, N. R. (2016). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa materi sistem ekskresi. Journal of Biology Education, 5(3), 310-318.

Kurniasih, Imas, dan Berlin. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Magdalena, R. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning (pbl) serta pengaruhnya terhadap hasil belajar biologi siswa sma negeri 5 kelas xi kota samarinda tahun ajaran 2015. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning, 13(1)299-306.

Situmorang, R. M., Muhibbuddin, M., & Khairil, K. (2015). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi manusia. Jurnal Edubio Tropika, 3(2), 51 97.

Noviar, D., & Hastuti, D. R. (2015). Pengaruh model problem based learning (PBL) berbasis scientific approach terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMA N 2 Banguntapan TA 2014/2015. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 42-47.

Priadi, M. A. (2012). Pembelajaran biologi menggunakan model problem based learningmelalui metode eksperimen laboratorium dan lapangan ditinjaudari keberagaman kemampuan berpikir analitis dan sikap peduli lingkungan. Inkuiri, 1(3). 217-226

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Saputri, D. A., & Febriani, S. (2017). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada mata pelajaran biologi materi pencemaran lingkungan kelas X MIA SMA N 6 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(1), 40-52.

Soimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Pnovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-ruzz media.

Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1).

Refbacks