Pengaruh Pemanfaatan Concept Map dalam Model Konstruktivisme tipe Novick terhadap Miskonsepsi pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia

Renita Yuliana, Puguh Karyanto, Marjono Marjono

Sari

The purpose of this research is to ascertain the influence utilization concept map in constructivisme type Novick model to overcome misconception on the concept of the human respiratory system. The research was quasi experiment research using quantitative approach. The research was designed using post-test only with nonequivalent group design. The sample of this research was established by cluster sampling. The populations of this research were all of 11th degree students of science at SMA Negeri 2 Karanganyar in academic year 2012/2013. The samples of this research were the students of 11th Imersi I as experiment group and 11th Imersi II as control group. The data was collected using reasoning multiple choice test and observation form. The hypotheses analyzed by t-test. The research concluded that application of utilization concept map in constructivisme type Novick model didn’t influence on the efforts to overcome the misconceptions on the concept of the human respiratory system with the misconception degree that revealed unti 3,2% in the experimental group.

 

Key Words: Concept map, constructivisme type Novick model, misconception, the human respiratory system

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi

Adisendjaja, Y. H. & Romlah, O. (2007). Identifikasi Kesalahan dan Miskonsepsi Buku Teks Biologi SMU. Makalah. Disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan Biologi, Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia 25-26 Mei 2007.

Dahar, R. W. (2011). Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Diyanti, N. (2010). Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick untuk Meminimalisasi Miskonsepsi Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. Skripsi Sarjana Tidak Diterbitkan pada FPMIPA UPI Bandung.

Komala, R. (2008). Implementasi Model Pembelajaran Novick Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Pemahaman konsep Fisika Siswa SMKN. Skripsi Sarjana Tidak Diterbitkan pada FPMIPA UPI Bandung.

Kurniadi, E. (2011). Mengatasi Miskonsepsi Dinamika dengan Konflik Kognitif Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Pendidikan, 14(1), 2.

Kustiyah. (2007). Miskonsepsi Difusi dan Osmosis pada Siswa MAN Model Palangkaraya. Jurnal Ilmiah Guru Kanderang Tingang, 01(1), 1.

Litbang.kemdikbud.go.id

Musidah,U. S. (2011). Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Ekosistem dengan Menggunakan Peta Konsep. Skripsi Sarjana Tidak Diterbitkan, FPMIPA UPI Bandung.

Natsir, M. (1997). Strategi Penggunaan Model Pembelajaran Novick untuk Meningkatkan Keaktifan dan Pemahaman Siswa tentang Listrik dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Tesis tidak diterbitkan Pendidikan IPA UPI Bandung.

Rismayanti. (2012). Remediasi Miskonsepsi Siswa SMU pada Konsep Sistem Pernapasan dengan Menggunakan Analogi. Skripsi Sarjana tidak diterbitkan FPMIPA UPI Bandung.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Susilawati, F. D. (2008). Implementasi Strategi Peta Konsep dalam Cooperatif Learning Sebagai Upaya Meminimalisasi Miskonsepsi Bioteknologi di SMA Negeri 8 Surakarta. Skripsi Sarjana tidak diterbitkan pada FKIP PMIPA UNS Surakarta.

Syahroni, I. (2011). Penggunaan Model Pembelajaran Konstruktivisme Melalui Metode Eksperimen untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus. Skripsi Sarjana tidak diterbitkan FPMIPA UPI Bandung.

Syaifudin, A. (2008). Implementasi Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dalam Matematika Untuk Mengurangi Miskonsespsi Geometri Siswa Kelas VIII SMPN 3 Bulakamba Brebes Jawa Tengah Tahun Ajaran 2007/2008. Skripsi Sarjana tidak diterbitkan Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Yamin, M. (2008). Paradigma Pendidikan Konstruktivistik. Jakarta: Gaung Persada Pres.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.