Analisis Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA pada Pembelajaran Biologi Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Alanindra Saputra, Aisyah Nur Safitri, Ratna Rahayu, Inten Purwoning Dyah, Sri Untari

Abstract

Pendidikan di Indonesia mengalami perubahan di awal tahun 2020 yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. Pemerintah menerapkan kebijakan pembelajaran daring sebagai alternatif pembelajaran untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Pembelajaran secara daring merupakan hal baru bagi sebagian besar peserta didik di Indonesia, hal ini tentunya menimbulkan berbagai permasalahan dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai permasalahan yang dihadapi oleh peserta didik pada pembelajaran daring mata pelajaran biologi di tingkat SMA. Penelitian dilakukan di bulan Agustus hingga September tahun 2020. Informan pada penelitian ini adalah peserta didik tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sebanyak 72 peserta didik dari jurusan IPS yang memperoleh mata pelajaran biologi sebagai mapel lintas minat dan sebanyak 72 peserta didik dari jurusan IPA. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permasalahan yang mendominasi pembelajaran biologi secara daring, antara lain: 1) Peserta didik tidak dapat melakukan praktikum dan tidak dapat berlatih keterampilan menggunakan alat-alat laboratorium, 2) Kurangnya motivasi dan antusiasme peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran daring, 3) Peserta didik kurang aktif dalam diskusi saat pembelajaran, 4) kurangnya kedisiplinan peserta didik selama pelaksanaan pembelajaran daring. Berbagai permasalah yang dihadapi oleh peserta didik harus diatasi dengan solusi pemecahan masalah agar tidak mengganggu proses pembelajaran dan tidak membawa dampak buruk bagi hasil belajar peserta didik.

 

Analysis of problems experienced by high school students in online biology learning during the covid-19 pandemic. Education in Indonesia underwent changes in early 2020 caused by the Covid-19 pandemic. The government implements an online learning policy as an alternative to learning. Online learning is a new thing for most students in Indonesia, this of course raises various problems in its implementation. This study aims to analyze various problems faced by students in online learning of biology subjects in high school. The study was conducted from August to September 2020. The informants in this study were 144 high school students. The research method used is descriptive qualitative. The results of the study show that: 1) Students cannot do practical work and cannot practice skills using laboratory equipment, 2) Lack of motivation and enthusiasm of students in participating in online learning activities, 3) Students are less active in discussions during learning, 4 ) lack of student discipline during the implementation of online learning. Various problems faced by students must be overcome with problem solving solutions so as not to interfere with the learning process and do not have a negative impact on student learning outcomes.

Keywords

Pembelajaran daring; permasalahan peserta didik; solusi masalah pembelajaran daring

References

Ariyanto, M. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 133. https://doi.org/10.23917/ppd.v3i2.3844

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Alfabeta. Fonna, T. M., Adlim, A., & Ali S, M. (2013). Perbedaan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Media Pembelajaran Laboratorium Virtual Pada Konsep Sistem Pernapasan Manusia Di SMA Negeri Unggul Sigli. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi dan Kependidikan, 1(2), 124. https://doi.org/10.22373

/biotik.v1i2.223 Gie, T. L. (2000). Cara Belajar yang Baik bagi Mahasiswa edisi kedua. Gadjah Mada University Press.

Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education, 19, 18–26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Morgan, H. (2020). Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 93(3), 135–141. https://doi.org/10.1080/00098655.2020.1751480

Nashar. (2004). Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal Dalam Proses Belajar Mengajar. Delia Press.

Ningsih, S. (2020). Implementasi Pembelajaran Daring Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Evaluasi Program Kepelatihan Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 126–136.

Nuraini, Tindangen, M., & Maasawet, E. T. (2016). Analisis Permasalahan Guru Dan Siswa Terkait Perangkat Pembelajaran Biologi Sma Berbasis Inquiry Dan Pemecahannya. Journal of Biology Education, 5(3), 271–278. https://doi.org/10.15294/jbe.v5i3.14860

Palmer, D. (2005). A motivational view of constructivist informed teaching. International Journal of Science Education, 27(15), 1853–1881. https://doi.org/10.1080/09500690500339654

Pangondian R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1), 56–60. https://www.prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/122

Rimbarizki, R. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Pkbm) Pioneer Karanganyar. J+Plus Unesa, 6(2), 1–12.

Rustaman, A. (2005). Pengembangan Kompetensi (Pengetahuan, keterampilan, Sikap, dan Nilai) Melalui Kegiatan Praktikum Biologi. Pendidikan Biologi FPMIPA UPI.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19 ( Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic ). BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1), 214–224.

Sani, R. A. (2013). Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8–19.

Sari, D. P., Rusmin, & Deskoni. (2018). Pengaruh Iklim Kelas Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMAN3 Tanjung Raja. Jurnal PROFIT Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 5(1), 80–88.

Sauri, S. (2010). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembinaan Profesionalisme Guru Berbasis Pendidikan Nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 1–16.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Sofan, A. (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustakarya.

Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588

Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran Berbasis Praktikum Sebagai Sarana Siswa untuk Berlatih Menerapkan Keterampilan Proses Sains dalam Materi Biologi. Bio Educatio, 2(2), 279492.

Usman, M. U. (2009). Menjadi Guru Profesional ed 2. Remaja Rosdakary.

Usman, U. (2003). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakary.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621

Zayyin, A. (2017). Matematika Dengan Model Pembelajaran. UNION: Jurnal Pendidikan Matematik, 5(1), 11–20.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.