Meta-analisis validitas booklet klasifikasi makhluk hidup sebagai suplemen bahan ajar ipa kelas vii smp

Pujha Alencia, Syamsurizal Syamsurizal

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keabsahan Booklet Klasifikasi Makhluk Hidup Sebagai Tambahan Ajaran untuk Kelas VII SMP. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari jurnal dan tesis yang berhubungan dengan booklet. Sampel yang digunakan adalah 18 jurnal dan skripsi yang berkaitan dengan pengembangan booklet. Hasil meta analisis penelitian untuk bahan ajar berupa booklet sebesar 87,89% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil analisis jurnal dan tesis pada bahan ajar berupa booklet, diharapkan validitas Booklet Klasifikasi Makhluk Hidup Sebagai Tambahan Ajaran untuk Sekolah Menengah Pertama diperoleh kriteria sangat valid.

 

Meta-analysis validity of the booklet on classification of living things as supplement for seventh grader. This research aims to determine the level validity of the Booklet on Classification of Living Things as Teaching Supplement for Class VII Junior High School. This study uses a meta-analysis method. The data was collected by searching for journals and theses related to booklets. The samples used were 18  journals and theses related to booklet development. The results of the research meta analysis for teaching materials in the form of booklets amounted to 87,89% with a very valid category. Based on the results of the analysis of journals and theses on teaching materials in the form of booklets, it is expected that the validity of the Booklet on Classification of Living Things as Teaching Supplement for Junior High School obtained very valid criteria.

Kata Kunci

Booklet; Suplemen; Klasifikasi makhluk hidup;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Agustina, N., & Adesti, A. (2019). Pengembangan Modul Mata Kuliah Strategi Belajar dan Pembelajaran Pada FKIP-Universitas Baturaja. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 4(9), 83-93.

Arikunto, S., & Jabar, C. (2010). Evaluasi Program Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Balqis, A., & Hidayati, S. (2018). Validitas Media Booklet Berbasis Etnosains Sub Materi Sifat Fisika. E-Journal Unesa, 6(2), 213-217.

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Dewi, B., Hamidah, A., & Sukmono, T. (2020). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Kupu-Kupu di Kabupaten Kerinci dan Sekitarnya Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Animalia Kelas X SMA:(Booklet Development of Butterfly Biodiversity in Kerinci Regency and its Surroundings as Learning Resource in Chapter Animalia Class X Senior High School). BIODIK, 6(4), 492-506.

Fahmi, A. N. (2020). Strategi Rekrutmen dan Seleksi Tenaga Pendidik Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di Madrasah Bertaraf Internasional Amanatul Ummah Pacet Mojokerto (Doctoral dissertation, Institut Pesantren KH. Abdul Chalim).

Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja , 1-11.

Emda, A. (2011). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Biologi di Sekolah. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 12(1), 149-162.

Gloria, R. y. (2012). Pentingnya Asesmen Alternatif Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir dan Membaca Ilmiah Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Scientiae Educatia , 99-106.

Harahap, I., Helendra, Farma, S., & Syamsurizal. (2020). Validitas Booklet Sistem Pernapasan Manusia sebagai Suplemen Bahan Ajar IPA. Bioeducation Journal, 4(2), 104-112.

Hidayat, A. (2018). Meta Analisis: Pentingnya Self Dan Peer Assesment dalam Pembelajaran. Jurnal Basicedu, 2(1), 95-101.

Lufri., Yunus, Y., & Sudirman. 2007. Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: UNP.

Intika, T. (2018). Pengembangan Media Booklet Science for Kids sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 1(1), 10-17.

KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/pusat, [Diakses 21 Desember 2020].

Krismadana, D., Amintarti, S., & Ajizah , A. (2021). Booklet Types of Macroscopic Fungi Riverbanks Nature Tourism Kembang River for Senior High School. Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 3(1), 59-65.

Mirza, G., Ristiono, & Handayani, D. (2019). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Bernuansa Emotional Spritual Quotient tentang Materi Sel, Jaringan, Organ dan Organisme untuk Peserta Didik Kelas VII SMP/MTs. Bioeducation Journal, 3(1), 27-36.

Nafsiyah, F. (2020). Pengembangan Booklet Keanekaragaman Lepidoptera Sub ordo Rhopalocera Di Kawasan Cagar Alam Pagerwunung Darupono Kendal sebagai Sumber Belajar Biologi pada Materi Keanekaragaman Hayati Di MA NU 03 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Jurnal Pendidikan Biologi, 2(1), 1-11.

Muhammad, F., P., M., & Adnan. (2018). Pembelajaran Arthropoda Menggunakan Booklet sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas X SMA/MA. Jurnal Biology Teaching and Learning, 1(1), 28-32.

Octiana, N., Darussyamsu, R., Yogica, R., & Syamsurizal. (2020). Validitas Booklet pada Materi Pola Pewarisan Sifat pada Hukum Mendel sebagai Suplemen Pembelajaran Genetika di SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(3), 2656-1700.

Pangesti , K., Yulianti, D., & Sugianto. (2017). Bahan Ajar Berbasis STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) untuk. Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa SMA. Unnes Physics Journal 6(3), 53-58.

Permendikbud (2016). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.

Pratiwi, A., Ardi, & Leilani, I. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) tentang Materi Sistem SirkulasiManusia untuk SMA/MA. Journal Biosains, 1(2), 148-155.

Purnomo, A., & Rahayuningsih, M. (2020). Development of Dragonfly Species Diversity Booklet in Tinjomoyo Tourism Forest asSupplement Material on Biodiversity Topic. Journal of Biology Education, 9(3), 269-274.

Puspita, A., Kurniawan, A. D., & Rahayu, H. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Booklet pada Materi Sistem Imun terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 8 Pontianak.

Putra, R., Armen, & Handayani, D. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) pada Materi Sistem Peredaran Darah untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTs. Journal Biosains, 1(2), 269-276.

Rahmadhani, F., Armen, Darussyamsu, R., Fadilah, M., & Putri, D. (2019). The Development of Biology Module Based on Emotional Spiritual Quotient in Evolution Topic for Senior High School . Jurnal Pendidikan Sains, 8(2), 166-179.

Septiwiharti, L. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Booklet Sejarah Indonesia pada Materi Pertempuran Lima Hari di Semarang terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).

Sukmawati, S. S., Nursulistyo, E., & Oktaviyanti, D. (2018, May). Pengembangan bahan ajar booklet untuk meningkatkan hasil belajar pokok bahasan momentum untuk siswa kelas X semester 2 SMAN 4 Yogyakarta. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (pp. 53-60).

Syamsurizal, S., Syarif, E. A., Rahmawati, R., & Farma, S. A. (2021). Developing human movement system booklet as a biology teaching material suplement for XI grade students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 7(1), 95-103.

Syarif, E. (2020). Pengembangan Booklet Sistem Gerak pada Manusia Sebagai Suplemen Bahan Ajar Biologi Kelas XI IPA SMA/MA.Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Widiana, I. W. (2016). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 147-157.

Yelviana, Yuniarti, E., Fuadiyah, S., & Darussyamsu, R. (2020). Pengembangan Booklet Edukasi Kesehatan ReproduksiRemaja untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 1-7.

Yunita, P., Ristiono, & Leilani, I. (2017). Pengembangan Modul Biologi Bernuansa Emotional Spiritual Quotient (ESQ) Dilengkapi Glosarium tentang Materi Sistem Koordinasi pada Manusia untuk Peserta Didik Kelas XI SMA. Journal Biosains, 1(2), 234-241.

Wahid, M., Uslan, & K., I. (2020). Pengembangan Bio-Booklet Melalui Pendekatan Morfologi dan Kadar Klorofil Famili. Leguminoceae untuk Sumber Belajar. Jurnal Biosains dan Edukasi, 2(1), 12-16.

Zaida, A., & Rahayuningsih, M. (2020). Development of Biodiversity Booklet in Mangunharjo Area. Journal of Biology Education, 9(3), 332-340.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.