Implementasi model pembelajaran kelkej untuk meningkatkan hasil belajar sistem reproduksi pada siswa kelas ix.

Sri Murwanto

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar sistem reproduksi pada siswa kelas IX dan untuk memperoleh bukti bahwa penerapan model pembelajaran kelkej dapat meningkatkan hasil belajar sistem reproduksi pada siswa kelas IX. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli – Oktober 2019. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi langsung atau observasi untuk mengamati tindakan dengan menggunakan model pembelajaran kelkej. Selanjutnya pada setiap siklus dilakukan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar sistem reproduksi pada setiap siklusnya, yaitu siklus I (71,24), siklus II (75,43) dan siklus III (76,57). Selain itu juga terjadi peningkatan ketuntasan belajar pada setiap siklusnya yaitu siklus I (57,24%), siklus II (80,95%) dan siklus III (85,71%).

Keywords

Study Group model; learning outcomes

Full Text:

PDF

References

Arfiah. S. (2016). Penerapan Metode Kerja Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V C SD Negeri 004 Tembilahan Kecamatan Tembilahan Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau Volume 6, Nomor 1, April – September 2017 ISSN: 2303-1514

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Akasara.

Dapodik (2019). Data Dapodik SMP Negeri 4 Alla. Enrekang. Enrekang: SMPN 4 Alla

Depdiknas (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Depdiknas

Depdiknas (2005). Model-model pengajaran dalam pembelajaran Sains. Jakarta: Depdiknas

Djamarah, S.B. (2006). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung. CV. Aneka Ilmu

Gerhanawati (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kerja Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas IX A MTs Muhammadiyah Salaka Kabupaten Takalar.

Hamalik, O. (2003). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Roestiyah (1989). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana N. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algesindo

Tim (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Cemerlang

Undang-undang Dasar 1945

Werkani dan Hamadi Marlius. (2003). Strategi Mengajar dalam Pelaksanaan Belajar Mengajar di Sekolah. Pekanbaru: Sutra Bantu Perkasa

Refbacks

  • There are currently no refbacks.