Pembelajaran online masa pandemi covid-19 berbasis grup whatsapp untuk meningkatkan motivasi belajar

Ervan Johan Wicaksana, Pramana Atmadja

Sari

Penelitian ini untuk meningkatkan motivasi belajar siswa secara online pada masa pandemi Covid-19 pada sistem sirkulasi dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pengisian kuesioner berupa Google Form yang dikirimkan melalui WhatsApp Group. Data berupa skala likert dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan WhatsApp Group sebagai media pembelajaran online pada materi Sistem Sirkulasi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil analisis data berdasarkan jawaban siswa pada angket yang telah dibagikan. Menurut mereka, Sistem Peredaran Darah sangat menarik, hal ini dinyatakan oleh 70% siswa yang bersemangat saat mempelajari Sistem Peredaran Darah. Setelah melakukan pembelajaran online melalui WhatsApp Group. 60% siswa memahami materi Sistem Peredaran Darah yang diberikan menggunakan Grup WhatsApp.

 

Online learning during covid-19 pandemic with whatsapp group to improve students' learning motivation. This research is to improve student motivation to learn online during the Covid-19 pandemic on the circulation system using problem-based learning models. The data collection in this study was carried out through filling out a questionnaire in the form of a Google Form that was sent through WhatsApp Group. Data in the form of a Likert scale were analyzed descriptively quantitatively and qualitatively. The results showed that the use of WhatsApp Group as an online learning medium in the Circulation System material can increase student motivation as evidenced by the results of data analysis based on student answers in the questionnaire that has been distributed. According to them, the Circulatory System is very interesting, this is stated by 70% of students who are excited when studying the Circulatory System. After doing online learning through WhatsApp Group. 60% of students understand the Circulatory System material given using WhatsApp Group.

Kata Kunci

Motivasi belajar; WhatsApp group; Problem-based learning;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Depdiknas. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Standar Kompetensi mata Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Firdaus, M. D. (2018). Pengembangan Apliksdi Pesan Instan Whatsapp Dalam Pembelajaran Microteaching Sebagai Media Alat Bantu Belajar Mandiri Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Laelasari, I., & Dewi, N. P. (2020). Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp Group Untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyyah di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian, 14(2), 249. https://doi.org/10.21043/jp.v14i2.8447

Lestari, K. E. (2014). Implementasi Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis serta Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 2(1), 36–46. https://doi.org/10.1136/thx.43.8.627

Lillian, B. (2012). Scaffolding Teachers Integrate Social Media Into a Problem-Based Learning Approach Scaffolding Teachers Integrate Social Media Into a Problem-Based Learning Approach. Journal of E-Learning, 10(1), 13–22.

Lismaya, lilis. (2019). Berpikir Kritis dan PBL (Problem Based Learning). Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Malik, O. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Narti, S. (2017). Pemanfaatan “Whatsapp” Sebagai Media Komunikasi Dosen dengan Mahasiswa Bimbingan Skripsi (Studi Analisis Deskriptif Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Bimbingan Skripsi Universitas Dehasen Bengkulu Tahun 2016 ). Jurnal Professional FIS UNIVED, 4, 26–44.

Rambe, P., & Bere, A. (2013). Using mobile instant messaging to leverage learner participation and transform pedagogy at a South African University of Technology. British Journal of Educational Technology, 44. https://doi.org/10.1111/bjet.12057

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Ummul Quro, 6(2), 20–35.

Titi, H. (2018). Metode Student Center Learning. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wicaksana, E.J, Maridi., S. S. (2017). Efektivitas Modul Pembelajaran Biologi Berorientasi Integrated Scientific Process Untuk Meningkatkan Vocational Skills Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 64–69. https://doi.org/10.17977/um052v8i2p64-69

Wicaksana, E. J., & Pramana, A. (2018). Analysis of the Impact of Teacher Program Direktorat PSMK ( SM3T Program ) to Animo Learning Students in Biological Lessons In SMKN 1 Kintamani. Biodik, 4(2), 77–82.

Wicaksana, E. J., & Pramana, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivsi dan Minat Bakat. EduTeach, 1(2), 117–124. https://doi.org/https://doi.org/10.37859/eduteach

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.