Perbandingan Keterampilan Komunikasi Oral Siswa melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tipe Reciprocal Teaching (RT) dalam Pembelajaran Biologi

Amalia Ulfa, Meti Indrowati, Maridi Maridi

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui ada tidaknya perbedaan keterampilan komunikasi oral siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Reciprocal Teaching (RT) dalam pembelajaran Biologi siswakelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Karanganyar. Penelitian ini termasuk dalam quasi experiment dengan pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only group design dengan menggunakan kelompok eksperimen 1 dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kelompok eksperimen 2 dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe RT. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Karanganyar tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini adalah kelas XI MIPA 4 sebagai kelompok eksperimen 1 dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen 2. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumen sekolah. Uji hipotesis menggunakan uji t-independen, perhitungan menggunakan bantuan SPSS 25 dengan taraf signifikansi 5% (α = 0,05). Hasil uji t-independen menunjukkan nilai sig. 0,011 < 0,005, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan komunikasi oral siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe Reciprocal Teaching (RT) dalam pembelajaran Biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 2 Karanganyar. Nilai rata-rata keterampilan komunikasi oral siswa pada kelompok eksperimen 1 dengan penerapan model kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan kelompok eksperimen 2 dengan penerapan model kooperatif tipe RT, yaitu 64,98 (kategori tinggi) > 59,13 (kategori sedang).

Kata Kunci

oral communication skill, jigsaw, reciprocal teaching

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Aeni, A. A., Arianto, J., & Santoso, S. (2017). Studi Komparasi Capaian Keterampilan Komunikasi Siswa Antara Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Disertai Praktikum dengan Model Guided Discovery pada Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 340–346.

Afriana, R., Alatas, F., & Pohan, H. (2017). Penerapan Model Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berkomunikasi Siswa pada Konsep Fluida Statis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 1(1), 429–435.

Aprilia, R., & Muchlis. (2015). Melatihkan Keterampilan Komunikasi Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMAN 1 Gapura Sumenep. UNESA Journal of Chemical Education, 4(1), 69–77.

Awaliah, R., & Idris, R. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Balang-Balang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1), 59–72.

Clokie, T. L., & Fourie, E. (2016). Graduate Employability and Communication Competence: Are Undergraduates Taught Relevant Skills? Business and Professional Communication Quarterly, 1–22. https://doi.org/10.1177/2329490616657635

Crebert, G., Patrick, C.-J., Cragnolini, V., Smith, C., Worsfold, K., & Webb, F. (2011). Oral Communication Toolkit 2nd Edition. Australia.

Depdiknas. (2007). Konsep Pengembangan Model Integrasi Kurikulum Pendidikan Kecakapan Hidup. Jakarta: Balitbang.

Gaffar, A. A. (2017). Penerapan Model Jigsaw untuk Meningkarkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Jurnal Bio Educatio, 2(2), 21–26.

Gita, I. G. N. A. P., Dantes, N., & Sariyana. (2014). Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4, 1–10.

Halimah, L., & Sukmayadi, V. (2019). The Role of “Jigsaw” Method in Enhancing Indonesian Prospective Teachers’ Pedagogical Knowledge and Communication Skill. International Journal of Instruction, 12(2), 289–304. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12219a

Hamdan. (2018). Industi 4.0: Pengaruh Revolusi Industri pada Kewirausaan Demi Kemandirian Ekomoni. Jurnal Nusamba, 3(2), 1–8. https://doi.org/10.29407/nusamba.v3i2.12142

Harahap, S. (2018). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII-G SMP Negeri 13 Tangerang. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 5(8), 535–544.

Kardas, M. N. (2016). The Effect of Jigsaw I Instruction Technique On Verbal And Writing Skills Of Students. European Journal of Education Studies, 2(5), 59–71.

Ketong, S., Burhanuddin, & Asri, W. K. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Kemampuan Membaca Memahami Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Makasar. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 2(1), 45–54.

Khan, A., Khan, S., Zia, S., & Khan, M. (2017). Communication Skills of a Teacher and Its Role in the Development of the Students’ Academic Success. Journal of Education and Practice, 8(1), 18–21. Retrieved from http://ezproxy.lib.uconn.edu/login?url=https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1131770&site=ehost-live

Khanna, V. (2015). Soft Skills: A Key to Professional Excellence. International Journal of Research in Engineering, Social Sciences, 5(1), 32–40.

Khusnia, D., & Nuraida, D. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching (Pengajaran Terbalik) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 484–489.

Kivunja, C. (2015). Exploring the Pedagogical Meaning and Implications of the 4Cs “Super Skills” for the 21st Century through Bruner’s 5E Lenses of Knowledge Construction to Improve Pedagogies of the New Learning Paradigm. Creative Education, 06(02), 224–239. https://doi.org/10.4236/ce.2015.62021

Kusuma, A. W. (2018). Meningkatkan Kerjasama Siswa dengan Metode Jigsaw dalam Bimbingan Klasikal. Konselor, 7(1), 26–30. https://doi.org/10.24036/02018718458-0-00

Levi, O. (2009). (2009). Teaching Scientific Communication Skills in Science Sstudies: Does it Make a Difference? International Journal of Science and Mathematics Education, 7, 875–903.

McKinsey. (2017). Where Machines Can Replace Humans. Retrieved April 3, 2019, from McKinsey Global Institute website: https://public.tableau.com/profile/mckinsey.analytics#!/vizhome/InternationalAutomation/WhereMachinesCanReplaceHumans

Mitchell, G. W., Pritchett, C. C., & Skinner, L. B. (2013). The Importance of the Integration of Soft Skills into the Curriculum as Identified by MBA Students. Academy Of Business Research Journal, 2, 87–103.

Murni. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair- Share untuk Meningkatkan Hasil Belajara Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2), 273–288.

NACE. (2018). Employers Want To See These Attributes On Students’ Resumes. Retrieved April 3, 2019, from National Association of Colleges and Employers website: https://www.naceweb.org/talent-acquisition/candidate-selection/employers-want-to-see-these-attributes-on-students-resumes/

Ningsih, D. A. P., Legowo, E., & Hidayat, R. R. (2017). Peningkatan Keterampilan Komunikasi Lisan Siswa sebagai Fungsi dari Teknik Instruksi Diri. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 86–96. https://doi.org/10.17977/um001v2i32017p086

Partnership for 21st Century Learning. (2019). Framework for 21st Century Learning. In P21.org. Retrieved from http://www.p21.org/our-work/p21-framework%0Ahttp://www.p21.org/about-us/p21-framework

Patacsil, F. F., & Tablatin, C. L. S. (2017). Exploring The Importance Of Soft and Hard Skills As Perceived By It Internship Students And Industry : A Gap Analysis. Journal of Technology and Science Education, 7(3), 347–368.

Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri 4.0 Dan Tantangan Perubahan Sosial. IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(5), 22–27. https://doi.org/10.12962/J23546026.Y2018I5.4417

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.

Rosita, I., & Leonard. (2015). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Formatif, 3(1), 1–10.

Sajidan, & Afandi. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran IPA untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 15–27.

Sari, I. J., Murni, D., & Sjaifuddin. (2016). Peningkatan Kecakapan Komunikasi Siswa Menggunakan Pembelajaran Bilingual Preview Review dengan Setting Jigsaw pada Konsep Pengelolaan Lingkugan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(2), 121–130.

Simon, R. (2016). Keterampilan Komunikasi Guru Kelas pada Pembelajaran IPA dan Bahasa Indonesia di SD Negeri. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 34(5), 218–226.

Slavin, R. E. (2009). Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik (N. Yusron, Ed.). Bandung: Nusa Media.

Srivastava, K. (2018). Self-Assessment of Communication Skills By Management Students : An Empirical Study in Indian Context. Journal of English Education, 6(2), 11–18. https://doi.org/10.25134/erjee.v6i2.1239.Received

Susanti, A. T., Prayitno, B. A., & Sudarisman, S. (2015). Pengaruh Model Problem Based Learning Disertai Media Key Relation Chart terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerjasama Siswa dalam Kelompok pada Kelas VIII SMP Negeri 14 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(41), 1–13.

Suwardana, H. (2017). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. Jurnal JATI UNIK, 1(2), 102–110.

Trilling, B., & Fadel, C. (2013). 21St Century Skills: Learning for Life in Our Times. In Choice Reviews Online (Vol. 47). https://doi.org/10.5860/choice.47-5788

Truong, hi T. H., Laura, R. S., & Shaw, K. (2018). The Integral Role Played by Soft Skills in Advancing Business Management Success. International Journal of Management and Economics, 4(01), 1552–1565. https://doi.org/10.18535/ijmei/v4i1.03

Wahyudi, Widoretno, S., & Sugiharto, B. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Oral Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Siswa Kelas VII-A Smp Negeri 22 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Bio-Pedagogi, 4(1), 30–35.

Walters, R. (2019). Salary Survey Greater China & South East Asia 2019. Retrieved from https://www.robertwalters.co.id/content/dam/robert-walters/global/files/salary-survey/salary-survey-2019-south-east-asia-greater-china.pdf

Wangsa, P. G., Suyana, I., Amalia, L., & Setiawan, A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Pemahaman Konsep Siswa melalui Pembelajaran Inkuiri Berbantu Teknik TSTS. Jurnal Wahana Pendidikan, 2(2), 27–31. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/WapFi/article/view/8274/pdf

Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 Universitas Kanjuruhan Malang, 1, 263–278. https://doi.org/ISSN 2528-259X

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.