Perbedaan Model Problem-Based Learning Berbasis Potensi Lokal dan Model Konvensional terhadap Literasi Sains dan Kesiapan Berperilaku Peduli Lingkungan
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arnyana, I.B.P. (2007). Penerapan Model PBL pada Pelajaran Biologi untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Singaraja Tahun Pelajaran 2006/2007. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran UNDIKSHA, Nomor 2: 231-251.
Ayse, O., Sertac, A. (2011). Overviews On Inquiry Based and Problem-Based Learning Methods Westerrn Anatolia.Journal of Educational Science.Special Issue 303-309.
Bilgin, I.,Senocak.E.,Sozbilir.M.(2009). The Effects of Problem-Based Learning Instruction on University Students Performance of Conceptual and Quantitatif Problem in Gas Concepts. Eurasia Journal of Mathematic, Science, and Technology Education, 5(2),152-164.
Chin, C.,Chia, L., (2005). Problem-Based Learning: Using Ill-Structured Problem in Biology Project Work.
DeBoer, G.E.(2000).Scientific Literacy: Another Look at Its Historical and Contemporary Meanings and Relationship to Science Education Reform. Journal of Research in Science Teaching, 37(6), 582-601.
Dunlap, R.E., Van Liere, K.D., Mertig, A.G., Jones. R.E. (2000).Measuring Endorsement of the New Ecological Paradigm: A Revised NEP Scale.Journal of Social Issues, 56(3),425-442.
Khannafiyah, S., Yulianti,D.(2013). Model Problem Based Instruction pada Perkuliahan Fisaika Lingkungan untuk Mengembangkan Sikap KBPL. Jurnal Pendidikan Fisika, 9,35-42.
National Research Council. (1996). National Science Education Standards. Washington DC: National Academy Press
Nur, M.(2011). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA
Parwono, Pargito, Darsono. (2013). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Mengembangkan Kesiapan peduli Sosial dan Lingkungan Hidup Siswa. Jurnal FKIP UNILA. 1(3)
PISA.(2012). Science Literacy Average Score.National Center for Education Statistic
Priadi, M.A., Sudarisman. S., Suparmi.(2012). Pembelajaran Biologi Model PBL Menggunakan Eksperimen Laboratorium dan Lapangan Ditinjau Dari Kemampuan Berfikir Analisis dan Sikap Peduli Lingkungan. Jurnal FKIP UNS. 9(1)
Prince, M.J., Felder, R.M. (2006). Inductive Teaching and Learning Methods: Definition, Comparisons and Research Bases. Engr Education Journal. 92(2): 123-138.
Susapti, P.(2009). Pembelajaran Biologi Berbasis Lingkungan di MI.Workshop Internasional Pendidikan Sains Berbasis Lingkungan.
Toharudin, U., Hendrawati, S., &Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora
Trianto.(2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.