Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berfikir Kritis Siswa melalui Pendekatan Inkuiri pada Konsep Ekosistem Kelas VII A SMP Negeri 3 Kusan Hilir
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDF (English)Referensi
Arikunto,S. 1996. Dasar-Dasar Evaluasi pendidikan. Bumi Aksara. Yogyakarta.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta.
Arief Sidharta. 2010. Model pembelajaran asam Basa Berbasis Inkuiri laboratorium sebagai wahana Pendidikan Sains Siswa SMP. Jurnal Penelitian Kependidikan, TH.20. NO.1, April 2010. Malang
Arnyana, J.B.P.2004. Pengembangan Perangkat Model Belajar Berdasarkan Masalah Dipandu Strategis Kooperatif Serta Pengaruh Implementasinya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah pada Pelajaran Ekosistem. Disertasi.. Program Pasca Sarjana (S3) Universitas Negeri Malang. Malang
Badan Statistik Kusan Hilir,2010. http://bpskusanhilir.com.Diakses. 20 februari 2011
Corebima,A.D.2005. Pengukuran Kempuan Berpikir Kritis. Makalah disampaikan pada Pelatihan dan Lokakarya PBMP (Pemberdayaan berpikir Kritis Melalui pertanyaan) bagi Para Guru dan Mahasiswa Sains Biologi dalam rangka RUUK VA. 25 Juni 2005 di Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Malang
Depdikbud, 2014. Pembelajaran Kooperatif. Direktorat SLTP Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Departemen kehutanan, 2010.http: //sim rlps. dephut. go.id/ mangrove/ ? pancadewa = berita Diakses 28 juni 2011
Defriah, 2011. “Teori Belajar Bermakna Ausubel”. http://id.shooving.com.exact-science-teoribelajar –ausubel.
Dahar, 1996. Teori-teori Belajar. Erlangga. Surabaya.
Dinas Pendidikan Kalimantas Selatan, 2004. Klasifikasi Hasil Belajar Siswa. Banjarmasin.
Emzir. 2010. Metodologi penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. :Rajagrafindo Persada. Jakarta
Eri Kurniawan, 2002. Pembudayaan Keterampilan Berpikir Kritis di Perguruan tinggi Melalui Cognitive Coaching. Universitas Indonesia. Jakarta
Feira Budiarsyah Arief, 2002. MANGROVE SEBAGAI ALTERNATIF MENCEGAH ABRASI PANTAI. Institut Pertanian Bogor. Bogor.
Furqon. 2001. Statistika Terapan dalam Penelitian. Alfabeta. . Bandung
I Wayan Sadia. 2008. Jurnal Model Pembelajaran yang Efektif untuk Meningkatkan Keterampilan berpikir Kritis. Universitas Pendidikan. Ganesha Bandung.
Johnson,D.W & Johnson,F.P (2006).Joining together:Group theory and group skilss (7th ed.). Engewood Cliffs, NJ:Prentice-Hall
Joko Sutrisno, 2010. Artikel “ Menggunakan Keterampilan Berpikir untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran” http://joko.tblog.com/post/1969986616. Diakses 20 Desember 2010
Lord, Thomas. R. 2001. 101 Reasoning for Using Cooperative Learning in Biology Teaching. The American Biology Teacher 63(1),30-44. America.
M. Nur, 2003. Buku Panduan Keterampilan Proses. Pusat Semesta dan Matahari sekolah. Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.
Moleong, Lexy J. 2002.Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.
Nawawi, Hadari. Metode Penelitian Bidang Sosial.: Gajah Mada University Press, 1998. Yogyakarta
Nasution, Noehi, dkk.2007. Pendidikan IPA di SD. : Universitas Terbuka. Jakarta
Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Edisi Ke empat. Universitas Negeri Malang. 2000. Malang
Rahmawaty. 2006. Upaya Pelestarian Mangrove Berdasarkan Pendekatan Masyarakat. Departemen Kehutanan. Fakultas Pertanian Universitas Sumatra Utara.
Ramli, 2010. Artikel Kreativitas Anak Dapat Dilihat Dari Berbagai Indikator, http://www.roguecom.com/interview/critical.html
Richard l.Arends. 2008. Learning to Teach. Edisi ke 7. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Saiful Karim. 2008. Belajar IPA Membuka Cakrawala Alam Sekitar Kelas VIII SMP/Mts. Jakarta: Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional
Sugian Noor, 2006. Optimal effort On Understanding and Skill Enquire Student Class of X SMA Negeri 10 Banjarmasin Concerning Concept of Variaty of Life Through of Science Technology Society Approach. Jurnal Ilmiah kependidikan dan Kemasyarakatan. Banjarmasin
Sulistiyono, A. 2007. Inspirasi Sains Pelajaran IPA Terpadu untuk SMP Kelas VIII. Ganeca Exact. Jakarta:
Sumiyati Sri. 2011. Hubungan antara Pengetahuan tentang Lingkungan Hidup dan Etika Lingkungan dengan partisipasi dalam Kebersihan Lingkungan. Tesis. Universitas Negeri Jakarta. Jakarta.
Susilo, Joko. 2008. Makalah Ilmu Pendidikan tentang Model Pembelajaran dengan Pendekatan Lingkungan. http://www.anakciremai.com/2008/06 makalah-ilmu-pendidikan-tentang-model.html.joko.diakses tanggal 22 Desember 2009
Supramono, 2006. Pendekatan Sains-Teknologi Masyarakat Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Konsepsi Siswa Tentang Keanekaragaman hayati dalam Pembelajaran Biologi di SMA. Jurnal Ilmiah Kependidikan dan Kemasyarakatan. Banjarmasin.
Sri Handayani. 2004. Pengembangan Model Pembelajaran Children Learning in Science Meningkatkan Keterampilan Berpikir Rasional. Jurnal Pendidikan Vol.5 No.1 Maret 2004. FKIP. Universitas terbuka. Jakarta
Susriyati Mahanal. 2010. Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah dengan Strategi STAD pada Mata Pelajaran Sains untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Kelas V MI Jendral Sudirman Malang. Jurnal Penelitian Kependidikan, TH. 2010, April 2010. Malang
Soendjoto, M.A dan Rifani, M.K. Merindukan Alam Asri Lestari. 2009. Universitas Lambung Mangkurat Press.Banjarmasin.
Sutopo, H.B. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar teori dan terapannya dalam penelitian. Edisi-2.: Universitas Sebelas Maret, 2006. Surakarta
Trianto, 2009. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi dan Tenaga Kependidikan. Kencana Prenada Media Group. Jakarta
Universitas Negeri Malang. 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Malang. Malang.
Winkel, W.S. 1991. Psikologi Pengajaran. Gramedia. Jakarta
Zaini, M. 2007. Modul Tentang Model-Model Pembelajaran Konstruktivisme. . Universitas Lambung Mangkurat. Banjarmasin
Yusuf Hilmi Adisendjaja. 2009. Pembelajaran Pendidikan Lingkungan Hidup: Belajar dari Pengalaman dan Belajar dari Alam. Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Pendidikan Garut. Bandung
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.