Meningkatkan Hasil Belajar menggunakan Tipe Jigsaw pada Materi Jaringan Tumbuhan Siswa Kelas VIII SMPN 2 Pematang Karau dengan Media Leaflet

Amir Amir, Muhammad Zain

Sari

Classroom action research was conducted at SMP Negeri 2 Pematang Karau Pematang Karau Subdistrict, East Barito Regency. Problems experienced by teachers is on the learning process has not been maximized. There are 33 students of class VIII SMP Negeri 2 Pematang Karau, 8 students of whom are willing to interact actively. Learning outcomes average grade VIII students was 45. Whereas Minimum Competence Score is 75. This study result to improve learning outcomes using Jigsaw Type cooperative model on the topic of Plant systematics. The study was conducted two cycles. Based on the results it can be concuded that the implementation of Jigsaw cooperative learning can improve learning outcomes

Kata Kunci

learning outcome; jigsaw; leaflet

Teks Lengkap:

PDF (English)

Referensi

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Durandt, S.W., Said, I., Ratman. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Khususnya Materi Energi dan Perubahannya Melalui Pembelajaran Quantum Teaching di kelas V SDN Inpres Matamaling. Jurnal Kreatif Tadolaku online. Vol.(2) 3:142-153

Gani, H.A., Istiaji, E., Kusima, A.I.(2014). Perbedaan Efektivitas Leaflet dan Poster Produk Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Jember dalam Perilaku Pencegahan HIV/AIDS. Jurnal IKESMA. Vol.(10) 1: 31-48.

Hutabarat, W., Napitupulu, R.S. (2015). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Menggunakan LKS terhadap Hasil Belajar Kimia pada Pokok Bahasan Hidrokarbon. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan. Vol.(21) 1:53-58.

Indrawati, dkk. (2016). Pedagogi: Komunikasi Efektif. Modul Guru Pembelajan IPA SMP Kelompok Kompetensi H. Pusat Jakarta, P4TK. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Jihad, A., Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kawuriansari, R., Fajarsari, D., Mulidah, S. (2010). Studi Efektivitas Leaflet terhadap Skor Pengetahuan Remaja Putri tentang Dismenorea di SMP Kristen 01 Purwukerto Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmiah kebidanan. Vol. (2) 1: 108-122.

Sabri, A. (2012). Pengelolaan Waktu dalam Pelaksanaan Pendidikan Islam. Jurnal Al-Ta’lim Jil.(1) 3: hlm.180-187

Sukardiyono, T. (2015). Pengertian, Tujuan, Manfaat, Karakteristik, Prinsip dan Langkah-langka Penelitian Tindakan Kelas.

http://staffnew.uny.ac.id/upload/132048521/pengabdian/makalah-ppm-ptk-2015.pdf, di akses 12 Februari 2016

Widoyo, E., Mardiyana, & Tri Atmojo.K. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Group Investigation Berbantu Vidio Camtasia Pada Materi Peluang untuk Siswa SMA/MA Negeri Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal elektronik Penndidikan Matematika Vol.2, No.5. 478 – 490

Zhou, Q., Huang, Q., & Tian, H. (2013). Developing Students Critical Thinking by Task- Based Learning in Chemistry Experimen Teaching. Creative Education Science Research 4 (12A), 40­45

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.