Pengaruh model project based learning berbantuan Google Sites terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bioteknologi

Ilma Nur Nabilah, Mufida Nofiana

Sari

EN

This study aimed to determine the effect of the Project-Based Learning (PjBL) model assisted by Google Sites on students critical thinking skills in biotechnology. This quantitative study employed a quasi-experimental approach. The research design utilized was a pretest-posttest control group design. The instruments used were test questions and a media validation sheet for Google Sites. Data analysis included normality test, homogeneity test, difference test, N-Gain test, F test, and Eta test. The results discovered that the Project-Based Learning model assisted by Google Sites affected students critical thinking skills in biotechnology material. This is evidenced by the Mann-Whitney test results with an Asymp. Sig value of 0.001, indicating a significant difference; the N-Gain test result of 0.74, showing an increase after the implementation of the model; the F test result with a significance value of 0.001, indicating a significant effect; and the Eta test result with a correlation coefficient of 0.544, which indicated a moderate effect. Thus, it can be drawn that the Project-Based Learning model assisted by Google Sites has a moderate positive effect on students critical thinking skills in biotechnology.


ID

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Project Based Learning berbantuan Google Sites terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bioteknologi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Desain penelitian yang diterapkan adalah pretest-posttest control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal test dan lembar validasi media Google Sites. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini berupa uji normalistas, homogenitas, uji beda, Uji N-Gain, uji F, dan uji Eta. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model Project Based Learning berbantuan Google Sites terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi bioteknologi, hal ini dapat dilihat dari hasil uji Mann-Whitney dengan nilai  Asymp.Sig 0,001 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan, hasil uji N-gain sebesar 0,74 yang artinya terdapat peningkatan setelah diterapkan model Project Based Learning berbantuan Google Sites, hasil uji F dengan nilai sig 0,001 yang berarti ada pengaruh yang signifikan dan, uji Eta dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,544 yang berarti cukup berpengaruh. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa PjBL berbantuan Google Sites berpengaruh signifikan dengan peningkatan kemampuan berpikir kritis pada kategori sedang.

Kata Kunci

Biology learning; Biotechnology; Critical thinking; Google Sites; Project Based Learning;

Teks Lengkap:

PDF

Referensi

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Aryarta, A. R., & Saraswati, G. (2024). The Implementation of Project Based Learning to Teach Speaking. https://doi.org/10.15294/lc.v18i2.48820

Dimmitt, N. J. (2017). The power of project based learning: experiential education to develop critical thinking skills for university students. https://doi.org/10.12955/CBUP.V5.988

Ennis, R. H. (1985). Critical thinking: A streamlined conception. Teaching Philosophy. National Inst. Of Education, 14(1), 5–24. https://doi.org/10.3102/0034654310376953

Evenddy, S. S., Gailea, N., & Syafrizal, S. (2023). Exploring the Benefits and Challenges of Project-Based Learning in Higher Education. PPSDP International Journal of Education, 2(2), 458–469. https://doi.org/10.59175/pijed.v2i2.148

Febrian, M. A., & Nasution, M. I. P. (2024). Efektivitas Penggunaan Google Sites Sebagai Media Pembelajaran Kolaboratif: Perspektif Teoritis dan Praktis. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 152–159. https://doi.org/10.30599/jpia.v11i2.3590

Hadisah, S., & Muthi, I. (2025). Penerapan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perubahan Wujud Benda pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Arjuna, 3(5), 01–12. https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i5.2271

Halim, A., & Halim, N. (2024). Exploring the integration and impact of google sites in teaching and learning: a structured scoping review. Quantum Journal of Social Sciences and Humanities. https://doi.org/10.55197/qjssh.v5isi1.569

Hartono, D. P., & Asiyah, S. (2018). PJBL to Improve Student Creativity: A Descriptive Study of the Role of the Pjbl Learning Model in Improving Student Creativity. Journal of PGRI University Lecturers Palembang, 2(1), 1-11. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosiding/article/view/2694

Kemendikbud. (2016). Penguatan Pendidikan Karakter. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemendikdasmen.go.id/9767/1/Buku%201-Pedoman%20Umum.pdf

Muhibburrohman, O., Fauzi, A., & Qurtubi, A. (2024). 21st century educational transformation: literature review on innovation in the context of modern education. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia). https://doi.org/10.29103/j-mind.v9i1.16600

Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi pembelajaran project based learning (PJBL). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 706-719. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/178

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171-210

Paksi, H. P. (2023). Google Sites as ICT Learning in Indonesia: The Benefits and Implementation. KnE Social Sciences. https://doi.org/10.18502/kss.v8i8.13303

Pratama, R., Alamsyah, M., S Ferry, M., & Marhento, G. (2023). Pemanfaatan Google Site Sebagai Media Pembelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Sains, 4(1), 12–15. http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/7094/0

Pratama, H., & Prastyaningrum, I. (2019). Effectiveness of the use of Integrated Project Based Learning model, Telegram messenger, and plagiarism checker on learning outcomes. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012033

Rafiadzkay, M. Z., Amidi, & Ardiansyah, A. S. (2023). Telaah Model Project Based Learning Berbantuan Google Sites terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 334–341. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/66879/23871

Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94. https://doi.org/10.23887/jfi.v5i2.42092

Rahmawati, I., Hidayat, A., & Rahayu, S. (2016). Analisis keterampilan berpikir kritis siswa SMP pada materi gaya dan penerapannya. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 1(1), 1112-1119.https://pasca.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/02/Ika-Rahmawati-1112-1119.pdf

Rosiyana, R. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran google sites dalam pembelajaran bahasa indonesia jarak jauh siswa kelas VII SMP Islam Asy-Syuhada Kota Bogor. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 217-226. https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.13903

Saruan, N. M., Sagran, A., Fadzil, K. S., Razali, Z., San, R. O. P., & Somasundram, C. (2015). Connecting learners: The role of biotechnology programme in preparing students for the industry. Biochemistry and Molecular Biology Education. https://doi.org/10.1002/BMB.20892

Sholekah, A. W. (2020). Peningkatan motivasi dan hasil belajar IPA materi pencemaran lingkungan melalui model PjBL siswa kelas VII SMPN 9 Salatiga. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 16-22.. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.260

Simbolon, N. (2016). Project based learning implementation to enable students’ activities. Elementary School Journal PGSD FIP UNIMED. https://doi.org/10.24114/ESJPGSD.V5I2.4467

Suhaimi, I., & Permatasari, F. (2021). Model pembelajaran abad 21 dan pembelajaran menulis kolaborasi. Jurnal Koulutus, 4(2), 211-223. https://doi.org/10.51158/koulutus.v4i2.715

Taufik, M., Sutrio, S., Ayub, S., Sahidu, H., & Hikmawati, H. (2018). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Web Kepada Guru Ipa Smp Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.29303/jppm.v1i1.490

Yanti, D. E., Puguh, K., & Bowo, S. (2013). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar. Bio-Pedagogi, 2(2), 92–99. https://doi.org/10.20961/bio-pedagogi.v2i2.5306

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.