Pengembangan Komik Biologi (Kobi) Materi Virus untuk Menstimulasi Berpikir Kritis Siswa Kelas X

Niswatus Shabrinaa, Saifullah Hidayat, Rita Ariyana Nur Khasanah

Sari

Dunia pendidikan menghadapi banyak tantangan global, dan anak-anak membutuhkan kemampuan berpikir kritis, komunikasi yang baik dan keterampilan inovatif. Berdasarkan studi pendahuluan, rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa (kelas X SMA/MA) Keterampilan berpikir kritis dapat distimulasi dengan menggunakan media pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran inovatif, Komik Biologi (Kobi) dengan materi virus sebagai sumber belajar alternatif untuk siswa Kelas X SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Produk divalidasi oleh tiga validator ahli dalam media, materi, dan keterampilan berpikir kritis. Produk direvisi sesuai dengan masukan dari validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk dinyatakan sangat valid (82%) oleh ahli materi, sangat valid (90,76%) oleh ahli media, dan sangat valid (86%) oleh ahli keterampilan berpikir kritis. Produk juga dinyatakan sangat baik (93,33% dan 89%) berdasarkan respon guru dan siswa.

Kata Kunci

Kobi; Komik biologi; Learning; Media

Referensi

Afriana, S., & Prastowo, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran E-Comic dalam Menumbuhkan Motivasi dan Antusiasme Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(1), 41. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i1.11089

Angelo, T. A. (1995). Classroom Assessment For Critical Thinking. Teaching of Psychology, 22(1), 6–7. https://doi.org/https://doi.org/10.1207/s15328023top2201_1

Anisa, R. F., Sujana, A., & Julia, J. (2023). Pengaruh Komik Digital Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Daya Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 121. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.12643

Aziza, S. N., Kuswoyo, S. A., Habibah, T., & Lail, K. (2023). Sistematic Literatur Review: Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dalam Literasi. Snhrp, 5, 2140–2146.

Branch, R. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer Science & Business Media.

Damanik, S. V., Siagian, G., Pasaribu, S., Biologi, P., Keguruan, F., & Hkbp, U. (2024). Pengembangan media pembelajaran komik digital meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. Jurnal Rectum, 5(3), 444–458. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v5i3.5036 P-ISSN:2089-5771

Dewarani, Y. R., Apriani, S. P., & Kurniati, T. H. (2023). Development of digital comics as learning media on bacteria. Biosfer, 16(1), 168–175. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.33001

Giade, N., Lubis, R., & Pariyanto. (2025). The Effect of Using Interactive Multimedia-Based Biology Learning Media to Improve Critical Thinking Ability and Student Motivation at SMA Negeri 10 Bengkulu Utara. Journal of Biological Sciences Education, 1(1), 52–60.

Karlena, N., Asra, R., & Hariyadi, B. (2021). Pengembangan Komik Biologi Pada Materi Pteridophyta Untuk Siswa SMA: (Development of Biological Comics on Pteridophyta Material for High School Students). Biodik, 7(01), 53–61.

Kristiyono, A. (2018). Urgensi dan Penerapan Higher Order Thinking Skills di Sekolah. Jurnal Pendidikan Penabur, 17(31), 36–46.

Lestiani, W., Thomas, O., F.L, B. C., & Toendan, K. (2021). Pengembangan Media Komik Digital “Bahaya Virus’ Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 14(2), 125. https://doi.org/10.24114/jtp.v14i2.23282

McCloud, S. (1993). Understanding Comics: The Invisible Art. Harper Paperbacks.

Mekalungi, N., Markhamah, Rachmawati, F. P., & Wulandari, M. D. (2025). Komik Digital Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Literasi membaca Siswa Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 1215–1224.

Miterianifa, M., Ashadi, A., Saputro, S., & Suciati, S. (2020). Higher Order Thinking Skills in the 21st Century: Critical Thinking. ICONS, November. https://doi.org/10.4108/eai.30-11-2020.2303766

Musfikhuna, K., Parlyna, R., & Fidhyallah, N. F. (2021). The Influence of Learning Media and Learning Motivation on Critical Thinking Ability of FE UNJ Students. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran Dan Akutansi, 2663, 1–15. http://pub.unj.ac.id/index.php/jpepa/article/view/340%0Ahttp://pub.unj.ac.id/index.php/jpepa/article/download/340/314

Noerafifah, D. W., Febrianti, D. A., Rahmawati, D., & Malik, A. (2025). Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Sains (T. Media (ed.)). Tahta Media Group.

Oktaviana, V., Noor, R., & Muhfahroyin, M. (2022). Pengembangan Komik Biologi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 7(1), 66. https://doi.org/10.24127/jlpp.v7i1.2093

Pentury, J. W., Bu’tu, D., & Malatuny, Y. G. (2023). Profile of Students’ Critical Thinking Skills in 21st Century Skills-Based Learning. ICOPE 2022, 218–225. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-060-2_22

Putri, V. E., & Pradana, S. R. (2024). Komik Sebagai Media Pembelajaran Kreatif untuk Meningkatkan Literasi Siswa SD. Journal of Elementary School Education, 1(2), 95–104.

Raj, T., Chauhan, P., Mehrotra, R., & Sharma, M. (2022). Importance of Critical Thinking in the Education. World Journal of English Language, 12(3), 126–133. https://doi.org/10.5430/wjel.v12n3p126

Rossana, L., Siswandari, & Sudiyanto. (2019). Komik Digital Berbasis PBL Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Berpikir Kritis: Sebuah Kajian Literatur. Seminar Nasional Pendidikan Pengembangan Kualitas Pembelajaran Era Generasi Milenial, 28–35. http://hdl.handle.net/11617/10757

Topkaya, Y., Batdi, V., Burak, D., & Özkaya, A. (2023). The Effectiveness of Using Comics in Education: A Meta-analytic and Meta-thematic Analysis Study. Ahmet Keleşoğlu Eğitim Fakültesi Dergisi, 5(3), 922–940. https://doi.org/10.38151/akef.2023.92

Utariyanti, I. F. Z., Wahyuni, S., & Zaenab, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(3), 343–355.

Widana, I. N. S., Sumaryani, N. P., & Pradnyawati, N. L. W. A. (2018). Memicu Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Blended Learning Berbantuan Komik Digital. Emasains, 7(1), 38–48. https://zenodo.org/record/1407735.

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.