Pengembangan Komik Biologi (Kobi) Materi Virus untuk Menstimulasi Berpikir Kritis Siswa Kelas X
Sari
Kata Kunci
Referensi
Afriana, S., & Prastowo, A. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran E-Comic dalam Menumbuhkan Motivasi dan Antusiasme Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 22(1), 41. https://doi.org/10.30651/didaktis.v22i1.11089
Angelo, T. A. (1995). Classroom Assessment For Critical Thinking. Teaching of Psychology, 22(1), 6–7. https://doi.org/https://doi.org/10.1207/s15328023top2201_1
Anisa, R. F., Sujana, A., & Julia, J. (2023). Pengaruh Komik Digital Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Daya Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 121. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v9i1.12643
Aziza, S. N., Kuswoyo, S. A., Habibah, T., & Lail, K. (2023). Sistematic Literatur Review: Media Pembelajaran Komik untuk Meningkatkan Berpikir Kritis dalam Literasi. Snhrp, 5, 2140–2146.
Branch, R. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer Science & Business Media.
Damanik, S. V., Siagian, G., Pasaribu, S., Biologi, P., Keguruan, F., & Hkbp, U. (2024). Pengembangan media pembelajaran komik digital meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. Jurnal Rectum, 5(3), 444–458. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.46930/jurnalrectum.v5i3.5036 P-ISSN:2089-5771
Dewarani, Y. R., Apriani, S. P., & Kurniati, T. H. (2023). Development of digital comics as learning media on bacteria. Biosfer, 16(1), 168–175. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.33001
Giade, N., Lubis, R., & Pariyanto. (2025). The Effect of Using Interactive Multimedia-Based Biology Learning Media to Improve Critical Thinking Ability and Student Motivation at SMA Negeri 10 Bengkulu Utara. Journal of Biological Sciences Education, 1(1), 52–60.
Karlena, N., Asra, R., & Hariyadi, B. (2021). Pengembangan Komik Biologi Pada Materi Pteridophyta Untuk Siswa SMA: (Development of Biological Comics on Pteridophyta Material for High School Students). Biodik, 7(01), 53–61.
Kristiyono, A. (2018). Urgensi dan Penerapan Higher Order Thinking Skills di Sekolah. Jurnal Pendidikan Penabur, 17(31), 36–46.
Lestiani, W., Thomas, O., F.L, B. C., & Toendan, K. (2021). Pengembangan Media Komik Digital “Bahaya Virus’ Pada Mata Pelajaran Biologi. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 14(2), 125. https://doi.org/10.24114/jtp.v14i2.23282
McCloud, S. (1993). Understanding Comics: The Invisible Art. Harper Paperbacks.
Mekalungi, N., Markhamah, Rachmawati, F. P., & Wulandari, M. D. (2025). Komik Digital Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Literasi membaca Siswa Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 1215–1224.
Miterianifa, M., Ashadi, A., Saputro, S., & Suciati, S. (2020). Higher Order Thinking Skills in the 21st Century: Critical Thinking. ICONS, November. https://doi.org/10.4108/eai.30-11-2020.2303766
Musfikhuna, K., Parlyna, R., & Fidhyallah, N. F. (2021). The Influence of Learning Media and Learning Motivation on Critical Thinking Ability of FE UNJ Students. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Perkantoran Dan Akutansi, 2663, 1–15. http://pub.unj.ac.id/index.php/jpepa/article/view/340%0Ahttp://pub.unj.ac.id/index.php/jpepa/article/download/340/314
Noerafifah, D. W., Febrianti, D. A., Rahmawati, D., & Malik, A. (2025). Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Sains (T. Media (ed.)). Tahta Media Group.
Oktaviana, V., Noor, R., & Muhfahroyin, M. (2022). Pengembangan Komik Biologi Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 7(1), 66. https://doi.org/10.24127/jlpp.v7i1.2093
Pentury, J. W., Bu’tu, D., & Malatuny, Y. G. (2023). Profile of Students’ Critical Thinking Skills in 21st Century Skills-Based Learning. ICOPE 2022, 218–225. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-060-2_22
Putri, V. E., & Pradana, S. R. (2024). Komik Sebagai Media Pembelajaran Kreatif untuk Meningkatkan Literasi Siswa SD. Journal of Elementary School Education, 1(2), 95–104.
Raj, T., Chauhan, P., Mehrotra, R., & Sharma, M. (2022). Importance of Critical Thinking in the Education. World Journal of English Language, 12(3), 126–133. https://doi.org/10.5430/wjel.v12n3p126
Rossana, L., Siswandari, & Sudiyanto. (2019). Komik Digital Berbasis PBL Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Berpikir Kritis: Sebuah Kajian Literatur. Seminar Nasional Pendidikan Pengembangan Kualitas Pembelajaran Era Generasi Milenial, 28–35. http://hdl.handle.net/11617/10757
Topkaya, Y., Batdi, V., Burak, D., & Özkaya, A. (2023). The Effectiveness of Using Comics in Education: A Meta-analytic and Meta-thematic Analysis Study. Ahmet Keleşoğlu Eğitim Fakültesi Dergisi, 5(3), 922–940. https://doi.org/10.38151/akef.2023.92
Utariyanti, I. F. Z., Wahyuni, S., & Zaenab, S. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran dan didahului dengan tanggapan terhadap adanya tujuan. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 1(3), 343–355.
Widana, I. N. S., Sumaryani, N. P., & Pradnyawati, N. L. W. A. (2018). Memicu Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Biologi melalui Model Blended Learning Berbantuan Komik Digital. Emasains, 7(1), 38–48. https://zenodo.org/record/1407735.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.






61.png)
