PENGEMBANGAN GAME “LITTLE DANGER” UNTUK STIMULASI LITERASI SAINS ANAK USIA 5-6 TAHUN

Nita Triutami

Abstract

Beberapa lembaga PAUD kurang memberikan pembelajaran literasi sains serta pendidikan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), sehingga anak usia dini banyak mengalami kecelakaan ketika bermain. Para pendidik perlu memberikan pendidikan K3 yang dapat dikaitkan dengan pembelajaran literasi sains yang berbasis teknologi, seperti media game, karena anak-anak mudah memahami melalui permainan yang menyenangkan. Adapun tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk menghasilkan media gameLittle Danger” dan mengetahui keefektifan media tersebut untuk meningkatkan stimulasi literasi sains anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE. Subjek uji coba yang terlibat, di antaranya ahli materi dan media, kepala sekolah, guru, dan anak kelompok B di 3 TK Desa Bangah. Hasil wawancara dengan guru menemukan bahwa belum ada media game yang mengenalkan konsepg K3, sementara keterampilan literasi sains anak juga masih kurang berkembang. Hasil pengembangan media game ini mendapatkan rata-rata skor 76%-100% sehingga dapat dikatakan sangat layak. Sementara itu, hasil penelitian dari penerapan permainan Little Danger yang berisi K3 menghasilkan peningkatan kemampuan literasi sains. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil posttest meningkat signifikan, sehingga dapat dikatakan bahwa media game ini efektif untuk digunakan sebagai stimulasi literasi sains anak usia 5-6 tahun.

Keywords

Media Game, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Literasi Sains

Full Text:

PDF

References

Alwi, Muhammad Kidri. 2022. “Pengaruh Penerapan Modul K3 Sebagai Bahan Ajar Terhadap Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Tentang Kesehatan Dan Keselamatan Kerja.” Journal of Muslim Community Health (JMCH) 3(2):152–66.

Ani Daniyati, Ismy Bulqis Saputri, Ricken Wijaya, Siti Aqila Septiyani, Usep Setiawan. 2023. “Konsep Dasar Media Pembelajaran.” Journal of Student Research (JSR) 1(1):282–94.

Arum, Rezki Perwita, Aat Mar’atun Sholehah, and Fatmawati Fatmawati. 2021. “Pemanfaatan Game Online Sebagai Permainan Edukatif Modern Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak.” Jurnal Buah Hati 8(1):33–48.

Creswell, John W. 2015. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mxed. Yogyakarta : Pustaka Belajar 3:30-35

DeBoer, G. E. (2000). Scientific literacy: Another look at its historical andcontemporary meaningsand its relationship to science education reform. Journal of Research in Science Teaching, 37(6), 582-601

Dzunnurain, Abida Arum, Nur Ika Sari Rakhmawati. 2022. “Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Keaksaraan Anak Usia 5-6 Tahun Pada Era Transisi New Normal.” Jurnal Ilmiah PESONA PAUD 9(1):46–58.

Flores, C. (2017). Problem-based science, a constructionist approach to science literacy in middle school. International Journal of Child-Computer Interaction, 16(1), 25–30

Genç, M. (2015). The Effect of Scientific Studies on Students’ Scientific Literacy and Attitude. Ondokuz Mayis University Journal of Faculty of Education, 34(1), 141–152

Hake, R. R. 1998. Analyzing Change-Gain Scores. American Educational Research Methodology 3:26-30

Hewi, La, and Muh Shaleh. 2020. “Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini).” Jurnal Golden Age 4(01):30–41.

Hidayatulloh, M. Agung. 2019. “Media Pengenalan Safety Behavior Untuk Anak Usia Dini.” Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak 5(2):183–98.

Islah, M., B. Setiawan, A. A. Putra, and A. Desrimon. 2023. “Sosialisasi Keselamatan Lalu Lintas Untuk Anak Usia Dini Berbasis Dana Desa.” JES-TM Social and Community Service 2(2).

Janpla, Satien, Phattara Bumrugrad, and Kunyanuth Kularbphettong. 2015. “Developing a Traffic-Sign Knowledge Application on Android System.” Procedia - Social and Behavioral Sciences 191:680–85.

Laily, Diah Safira, and Nur Ika Sari Rakhmawati. 2023. “Peningkatan Kemampuan Sains Anak Melalui Metode Eksperimen Kelompok A Di TK Negeri Pembina Kota Mojokerto.” Journal on Education 6(1):1655–66.

Miftah, M. 2013. “Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa.” Jurnal Kwangsan 1(2):95.

Noor, Faiq Makhdum. 2020. “Memperkenalkan Literasi Sains Kepada Peserta Didik: Perspektif Calon Guru PIAUD.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 8(1):056.

Rakhmawati, Nur Ika Sari. 2017 "Metode Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak." 1:1-10

Rakhmawati, Nur Ika Sari, Rachma Hasibuan, and Erni Lutfiyah. 2019. “Study of Domino Number Game Development for Early Children’s Ability to Recognize Numbers.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2):578.

Rakhmawati, Nur Ika Sari, Sri Setyowati, and Muhammad Reza. 2023. “Developing STEAM-Based Learning Tool to Internalize Pancasila Character Values for Early Childhood.” Jurnal Ilmiah Potensia 8(1):219–32.

Rasmani, Upik Elok Endang, Siti Wahyuningsih, and Yuanita Kristiani Wahyu Widiastuti. 2020. “Peningkatan Perilaku Prososial Anak Melalui Simulasi Kebakaran.” JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini) 1(2):89–96.

Rembulan, Glisina Dwinoor. 2020. “Analisis Faktor Keselamatan Lingkungan Belajar Dan Bermain Untuk Anak Di Rptra Sunter Jaya Berseri.” Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan 4(1):58–65.

Safitri, Dhian Gowinda Luh, and Siti Mahmudah. 2015. “Persepsi Guru Taman Kanak-Kanak Terhadap Pendidikan Seksual Anak Usia Dini.” Jurnal PAUD Teratai 4(2).

Saleh, Alfian. 2018. “Implementasi Keselamatan Lalu Lintas Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Pendekatan Pembelajaran Koopertaif Tipe Role Playing.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2(1):42–46.

Saroinsong, Wulan Patria, and Nurul Khotimah. 2016. “Gadget Usage Inhibited Interpersonal Intelligence of Children on Ages 6-8 Years Old.” Jurnal Tekpen 1(4):941–52.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D). Bandung: Penerbit ALFABETA (3)15-20.

Sugiyanto, Gito, and Mina Yumei Santi. 2015. “Pendidikan Keselamatan Sejak Usia Dini Untuk Mengurangi Tingkat Fatalitas Pejalan Kaki" Jurnal Teknik Sipil 13(2).

Suryaningsih, Ayu, I. Made Elia Cahaya, and Christiani Endah Poerwati. 2019. “Implementasi Metode Experiential Learning Dalam Menumbuhkan Perilaku Kesehatan Dan Keselamatan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(1):187.

Widayati, Tri. 2018. “Pendidikan Keselamatan Diri Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Kelompok Bermain (KB) Gaharu Plus Kutai Kartanegara).” Jurnal Ilmiah VISI PGTK PAUD Dan Dikmas 13(2):113–22

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Prenada Media (3)6-8.

Yacoubian, H. A. (2018). Scientific literacy for democratic decision-making. International Journal of Science Education, 40(3), 308–327

Vinje, M.P. (1991). Children as pedestrian: abilities and limitations. Accident, Analysis and Prevention, 13, 225-240.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.