Sikap terhadap Penggunaan Gawai dalam Pembelajaran di SMK: Perbedaan Gender

Intan Laksmita Mayastuty, Edy Legowo, Ribut Purwaningrum

Abstract

Abstract: This study aims to examine the differences in student attitudes towards using gawais in learning between male and female students. This research is comparative. The results of this study are that vocational students show positive attitudes such as being happy, interested, and agreeing to use gawais as learning media. In terms of gender, there is no positive attitude towards using gawais for learning. It is hoped that further research can examine student attitudes in more detail and depth and review or create gawai applications to support learning and counseling services that suit student needs.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan sikap siswa terhadap penggunaan gawai dalam pembelajaran antara siswa laki–laki dan siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian komparasi. Hasil penelitian ini adalah siswa SMK menunjukan sikap positif seperti senang, berminat, dan setuju terhadap penggunaan gawai sebagai media pembelajaran pembelajaran. Ditinjau dari jenis kelamin, tidak ada sikap positif terhadap penggunaan gawai untuk pembelajaran. Diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat meneliti sikap siswa lebih detail dan mendalam, serta dapat mengkaji atau menciptakan aplikasi gawai untuk menunjang pembelajaran dan layanan konseling yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

 

Keywords

Gadget; Positive Attitude; Online Learning

Full Text:

PDF

References

Azwar, S. (2012). Metode penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Yuanta. (2019). Pengembangan Media Video pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Sekolah Dasar. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 91-100.

Garini. (2013).“Gadget” positif dan negatif. Diakses dari http://belajarpsikologi.com/ pengertian-interaksi-sosialpada tanggal 28 Mei 2017

Mahfud & Wulansari. (2018). Penggunaan Gawai Untuk Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif. Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta, https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/10214

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Ilham. (2011). Gawai, makanan apa itu? Diakses dari m.kompasiana.com/osakurniawanilham/gawai-makanan-apa-itu pada tanggal 28 Mei 2017

Suartama, I., K. (2014). E Learning Konsep dan Aplikasinya. Singaraja: Ganesha University of Education.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.