Pengembangan E-LKPD berbasis Liveworksheets pada materi penelitian geografi
Abstract
Pembelajaran geografi membutuhkan media yang menarik dan interaktif untuk meningkatkan motivasi serta keterlibatan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meng-hasilkan dan mengembangkan E-LKPD berbasis Liveworksheets pada mata pelajaran geografi sehingga dapat menarik dan layak untuk digunakan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D), adapun langkah langkah penelitian yang digunakan adalah ADDIE. Hasil penelitian terdiri dari hasil validasi ahli materi dan ahli media dengan presentase 95,58% dengan kategori sangat valid dan 92,04% dengan kategori sangat valid, sedangkan uji kelayakan oleh pendidik mendapat presentase 100% kategori sangat layak dan dapat diguna-kan. Uji kemenarikan oleh peserta didik mendapat presentase 84% dengan kategori sangat menarik untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan kesimpulan E-LKPD berbasis Liveworkhseets pada mata pelajaran geografi sangat layak dan sangat menarik untuk diguna-kan sebagai alat evaluasi pembelajaran.
Development of E-LKPD based on Liveworksheets on geography research material
Abstract: Geography learning requires engaging and interactive media to enhance students’ motivation and participation. This study aims to produce and develop an E-Worksheet (E-LKPD) based on Liveworksheets for geography subjects so that it is both attractive and feasible for use. The research employed the Research and Development (R&D) method using the ADDIE model, which includes the stages of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The results of the study include expert validation by subject matter and media experts, yielding scores of 95.58% and 92.04%, respectively, both categorized as highly valid. The feasibility test conducted by educators resulted in a 100% rating, indicating that the product is highly feasible for implementation. Furthermore, the attractiveness test by students reached a score of 84%, categorizing the product as highly engaging. Overall, the findings conclude that the Liveworksheets-based E-LKPD for geography is highly feasible and engaging, making it suitable for use as a learning evaluation tool.
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Aliman, M., & Mutia, T. (2021). The effect of digital eco-learning in student worksheet flipbook to environmental project literacy and pedagogic competency. JOTSE: Journal of Technology and Science Education, 11(2), 357-370. https://doi.org/https://doi.org/10.3926/jotse.1175
Amelia, F., Ruja, I. N., & Susilo, S. (2018). Makna rendahnya motivasi siswa belajar geografi dalam pendekatan fenomenologi. Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3, 1244–1252.
Andriyani, N., Hanafi, Y., Safitri, I., & Hartini, S. (2020). Penerapan model problem- based learning berbantuan LKPD Liveworksheet untuk meningkatkan keaktifan mental siswa pada pembelajaran tematik kelas VA SD Negeri Nogopuro. 122–130. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21216%0A
Artini, N. W. B., Suarni, N. K., & Parmiti, D. P. (2023). Efektivitas pengembangan E-LKPD dalam upaya meningkatkan motivasi belajar materi tematik siswa kelas V sekolah dasar. PENDASI Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 36-45.
Asmaryadi, A. I., Darniyanti, Y., & Nur, N. (2022). Pengembangan bahan ajar e-LKPD berbasis mikir dengan mengunakan live worksheets pada muatan IPA di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(4), 7377-7385.
Branch, R. M., & Varank, İ. (2009). Instructional design: The ADDIE approach, 722, 84. New York: Springer. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6
Danardono, Priyono, Wulandari, K. C., & Novianto, D. (2022). Pemanfaatan teknologi drone untuk pembelajaran geografi spasial di tingkat pendidikan menengah atas. 2(2), 80–88. http://journals2.ums.ac.id/index.php/abdigeomedisains/
Fatchan, A., Soekamto, H., & Utaya, S. (2016). Effect of learning "outdoor study" ability to communicate in writing and social-geography student learning outcomes at “Mataraman” East Java - The Republic of Indonesia. Mediterranean Journal of Social Sciences, 7(3), 429. https://doi.org/10.5901/mjss.2016.v7n3p429
Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan situs Liveworksheets untuk mengembangkan LKPD interaktif di sekolah dasar. 2(3), 232–240. https://doi.org/https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277 P
Gaghunting, M. K., & Bermuli, J. E. (2023). Strategi partisipatif untuk meningkatkan keterlibatan siswa pada pembelajaran biologi (Participatory strategies to increase student involvement in biology learning). BIODIK, 9(3), 86-101.
Hidayati, L. N., Nurhayati, S., Susatyo, E. B., & Wardani, S. (2022). Pengembangan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis masalah untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 16(2), 85-91.
Lioba, T., Yuniasih, N., & Nita, C. I. R. (2021). Pengembangan E-LKPD berbasis aplikasi Liveworksheets pada materi volume bangun ruang kelas V SDN Kebonsari 4 Malang Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. In Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA, 5(1), 307-313.
Maritsa, A., Salsabila, U. H., Wafiq, M., Anindya, P. R., & Ma’shum, M. A. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Modanggu, I., & Pratama, M. I. L. (2024). Analisis respon peserta didik terhadap penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) berbasis web Liveworksheets pada mata pelajaran geografi. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 3(2), 165-172. https://doi.org/https://doi.org/10.37905/geojpg.v3i2.30026 p
Noprinda, C. T., & Soleh, S. M. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis higher order thinking skill (HOTS). Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(2), 168-176.
Noviyanita, W. (2019). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis flipbook maker pada materi program linear kelas X SMK. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 41-49.
Nurafriani, R. R., & Mulyawati, Y. (2023). Pengembangan E-LKPD berbasis Liveworksheet pada tema 1 subtema 1 pembelajaran 3. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 404-414.
Nurina, H., & Affriyenni, Y. (2022). Pengembangan E-LKPD interaktif berbantuan Liveworksheets untuk meningkatkan minat siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup kelas VII. Jurnal Pembelajaran Sains, 1.
Pribadi, B. A. (2016). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi implementasi model ADDIE. Kencana.
Puspita, V., & Dewi, I. P. (2021). Efektifitas E-LKPD berbasis pendekatan investigasi terhadap kemampuan berfikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Cendekia, 5(1), 86-96.
Prastika, Y., & Masniladevi, M. (2021). Pengembangan E-LKPD interaktif segi banyak beraturan dan tidak beraturan berbasis Liveworksheets terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 2601-2614.
Rohman, M. K., & Rahmawati, D. (2018). Pengembangan media pembelajaran pada kompetensi dasar jasa bank lainnya berbantuan edmodo untuk siswa kelas X SMK Koperasi Yogyakarta. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 7(3).
Salsabila, N. L., Patras, Y. E., & Lathifah, S. S. (2023). Pengembangan E-LKPD berbasis Liveworksheet pada tema 7 perkembangan teknologi produksi pangan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1653-1663.
Shalahuddin, M. H., & Hayuhantika, D. (2022). Pengembangan E-LKPD berbasis kontekstual dengan media Liveworksheets pada materi lingkaran di kelas VIII. Jurnal Tadris Matematika, 5(1).
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan bahan ajar elektronik menggunakan flip pdf professional pada materi alat-alat optik di SMA. Jurnal Kumparan fisika, 2, 145-152.
Sugiyono. (2016). Metode penelitian dan pengembangan (research and development). Alfabeta.
Wati, D. A., Hakim, L., & Lia, L. (2021). Pengembangan E-LKPD interaktif hukum newton berbasis mobile learning menggunakan Liveworksheets di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 72-80.
Zahroh, D. A., & Yuliani, Y. (2021). Pengembangan e-LKPD berbasis literasi sains untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 10(3), 605-616.