Pengaruh model pembelajaran Predict Observe Explain terhadap keterampilan proses sains di sekolah dasar

Anisa Ainul Mardiah, Sukarno Sukarno, Supianto Supianto

Abstract

Penggunaan model pembelajaran Predict Observe Explain (POE) relevan dan efektif dengan pembelajaran sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran POE terhadap keterampilan proses sains pada materi cahaya dan sifat-sifatnya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian yaitu pretest-posttest control group design. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada kelas V SDN di Kota Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling subjek penelitian sebanyak 91 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes berbentuk soal pilihan ganda sebanyak 10 soal berdasarkan indikator keterampilan proses sains. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis dan uji N-gain. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil melalui uji Mann-Whitney bahwa nilai Asymp. Sig. (2- tailed) sebesar 0.000 lebih kecil dari nilai probabilitas 0.05. Oleh karena itu, maka dapat disimpulkan bahwa “Ha diterima”, dan didukung dengan analisis N-gain yang diperoleh sebesar 0,51 dengan kategori sedang. Hal demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan atau pengaruh keterampilan proses sains yang diajarkan melalui model pembelajaran Predict Observe Explain lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

 

The effect of the Predict Observe Explain learning model on science process skills in elementary school

 

Abstract: The use of the Predict Observe Explain (POE) learning model is relevant and effective for science learning. This study aims to determine the effect of the POE learning model on science process skills on the material of light and its properties. The research method used is the experimental method with the research design, namely, the pretest-posttest control group design. The implementation of this research was carried out in grade V SDN in Surakarta City. The sampling technique used was cluster random sampling of research subjects, with as many as 91 students. The data collection technique was carried out with a test in the form of multiple-choice questions as many as 10 questions, based on indicators of science process skills. The data analysis technique used was hypothesis testing and the N-gain test. Based on the research conducted, the results obtained through the Mann-Whitney test show that the value of Asymp. Sig. (2-2-tailed) The value of 0.000 is smaller than the probability value of 0.05. Therefore, it can be concluded that ‘Ha is accepted’, and supported by the N-gain analysis obtained of 0.51 in the medium category. Thus, it can be said that there is a difference or influence of science process skills taught through the Predict Observe Explain learning model, better than the conventional learning model.

Keywords

Model Pembelajaran; Predict Observe Explain; Keterampilan Proses Sains

Full Text:

Fulltext PDF

References

Aldi, S., & Ismail. (2023). Keterampilan proses sains panduan praktis untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi. Penerbit Cv. Eureka Media Aksara.

Bau, R. F., Paramata, D. D., & Ntobuo, N. E. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Fluida Statis. Jurnal Jendela Pendidikan, 4(03), 239-246.

Ekici, M., & Erdem, M. (2020). Developing science process skills through mobile scientific inquiry. Thinking Skills and Creativity, 36, 100658.

Gasila, Y., & Fadillah, S. (2019). Analisis keterampilan proses sains siswa dalam menyelesaikan soal IPA di SMP Negeri Kota Pontianak, 6(1).

Gultom, E. C. (2018). Penerapan model pembelajaran Predict, Observe, Explain (POE) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit untuk meningkatkan keterampilan proses sains, sikap ilmiah dan kemampuan kognitif siswa. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 9(1), 76-83.

Hartati, H., Azmin, N., Nasir, M., & Andang, A. (2022). Keterampilan proses sains siswa melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada materi Biologi. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5795-5799.

Jaya, T. D., Tukan, M. B., & Komisia, F. (2022). Penerapan pendekatan inkuiri terbimbing untuk melatih keterampilan proses sains siswa materi larutan penyangga. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 359-366.

Mahardika, N. A., Ariani, T., & Lovisia, E. (2024). Analysis of student learning motivation through the Predict, Observe, Explain (POE) learning model. Equator Science Journal, 2(1), 1-6. https://doi.org/10.61142/esj.v2i1.110

Irwanto, I. (2022). The impact of research-oriented collaborative inquiry learning on pre-service teachers’ scientific process skills and attitudes. Journal of Technology and Science Education, 12(2).

Kruea-In, C., Kruea-In, N., & Fakcharoenphol, W. (2015). A study of Thai in-service and pre-service science teachers’ understanding of science process skills. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 197, 993-997.

Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). Pembelajaran IPA dengan strategi pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 168-174.

Marcelina, S., Miranda, Y., Sinaga, S., & Hartanto, T. J. (2022). Implementasi model pembelajaran predict-observe-explain berbasis masalah terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman konsep pada topik pencemaran lingkungan. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 10(4), 705-716.

Muhali, M. (2021). Pengaruh Implementasi model creative problem solving terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah, keterampilan proses sains, dan kesadaran metakognisi peserta didik. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 9(1), 45-57.

Mahmudah, I. R., Makiyah, Y. S., & Sulistyaningsih, D. (2019). Profil keterampilan proses sains (KPS) siswa SMA di Kota Bandung. Diffraction: Journal for Physics Education and Applied Physics, 1(1).

Rozana, T., Jufrida, J., & Basuki, F. R. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Poe Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Kelas XI SMAN 11 Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(02), 66-80.

Sifah, L., Sustiyani, E., & Hardianti, R. D. (2024, May). Peningkatan Keterampilan Proses Sains (KPS) siswa kelas 7A SMP Negeri 23 Semarang melalui metode JAS. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Penelitian Tindakan Kelas, 961-968.

Sugiyono. 2016. Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV.

Tyas, R. A., Wilujeng, I., & Suyanta, S. (2020). Pengaruh pembelajaran IPA berbasis discovery learning terintegrasi jajanan lokal daerah terhadap keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(1), 114-125. https://doi.org/10.21831/jipi.v6i1.28459

Utama, E. G., Lasmawan, I. W., & Suma, K. (2019). Pengaruh model pembelajaran POE (Predict, Observe and Explain) terhadap keterampilan proses sains siswa SD kelas V ditinjau dari keterampilan metakognitif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 43-52.

Wahyuni, S., Irmawanty, & Hambali, H. (2024). Science process skills to improve learning outcomes of elementary school students. JUDIKDAS: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.51574/judikdas.v3i2.1229

Wang, J. C., & Wang, T. H. (2023). Learning effectiveness of energy education in junior high schools: Implementation of action research and the predict–observe–explain model to STEM course. Heliyon, 9(3). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e14058

Wulandari, I. M., Arian, Y., Anwar, S., Rudyat, L., & Savalas, T. (2018). Penerapan model POE (Predict-Observe-Explain) dengan pendekatan chemoenterpreneurship pada materi pokok hidrokarbon terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa kelas XI MIA di MAN 2 Mataram.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.