Pengembangan panduan e-book eksperimen alat laboratorium fisika dasar sebagai sarana pembelajaran interaktif

Awal Mulia Rejeki Tumanggor, Alfrie Musa Rampengan, Ishak Pawarangan, Parno Sumanro Mahulae, Tiara Lestari Paembonan, Varisky Abraham Dumanaw

Abstract

Penggunaan laboratorium fisika dasar memiliki peran penting dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Negeri Manado. Namun, keterbatasan panduan eksperimen yang sistematis dan mudah diakses seringkali menjadi kendala dalam pelaksanaan praktikum yang efektif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-book panduan eksperimen berbasis FlipHTML5 sebagai sarana pembelajaran interaktif bagi mahasiswa. Metode yang digunakan adalah model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Validasi produk dilaksanakan oleh 7 reviewer menggunakan instrumen kuisioner aspek materi, bahasa, dan media, sedangkan kepraktisan diujikan kepada 20 mahasiswa. Hasil analisis menunjukkan e-book ini sangat layak dengan skor rerata tiap aspek di atas 4,20 dan sangat praktis dengan skor rerata 4,40. PEKA RASA memudahkan mahasiswa mengakses, memahami dan memberikan instruksi eksperimen yang jelas. Dengan demikian e-book ini berimplikasi pada kualitas pembelajaran laboratorium yang lebih adaptif terhadap kebutuhan digital, berpotensi menjadi media pembelajaran interaktif yang mendukung efektivitas laboratorium dan dapat dikembangkan lebih lanjut untuk alat laboratorium lainnya.

 

Development of an e-book guide to basic physics laboratory experiments as an interactive learning tool

 

Abstract: Using a basic physics laboratory has a vital role in improving the competence of Physics Education students at Manado State University. However, the limitations of a systematic and easily accessible experimental guide are often an obstacle to effective practicum implementation. This research aims to develop a FlipHTML5-based experiment guide e-book as an interactive learning tool for students. The method used is the 4D development model (Define, Design, Develop, Disseminate). Product validation was carried out by 7 reviewers using questionnaire instruments on material, language, and media aspects, while practicality was tested on 20 students. The analysis results show that this e-book is very feasible, with an average score of each aspect above 4.20, and very practical, with an average score of 4.40. PEKA RASA makes it easy for students to access, understand, and provide clear experimental instructions. Thus, this e-book has implications for the quality of laboratory learning that is more adaptive to digital needs, has the potential to become an interactive learning media that supports laboratory effectiveness, and can be further developed for other laboratory equipment.

Keywords

e-book; laboratorium fisika; eksperimen; PEKA RASA

Refbacks

  • There are currently no refbacks.