Peran feedback peserta didik dalam efektivitas pembelajaran terdiferensiasi di sekolah dasar

Intan Budi Komara, Faisal Sadam Murron, Dwi Heryanto, Mochamad Faizal Zaman

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya peran feedback peserta didik dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran terdiferensiasi. Pada penerapan feedback peserta didik ini sering kali tidak optimal, terutama di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran feedback peserta didik yang dapat diintegrasikan secara efektif di SD, serta mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berbeda-beda dalam menggunakan feedback tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran feedback peserta didik dapat meningkatkan pembelajaran terdiferensiasi dengan adanya respon peserta didik terhadap tindak lanjut pembelajaran, namun masih terkendala oleh keterbatasan waktu dan pemahaman guru mengenai peran feedback peserta didik. Penelitian ini merekomendasikan peran feedback peserta didik untuk mempermudah pengumpulan dan analisis kebutuhan peserta didik yang berbeda-beda, serta memberikan wawasan kepada guru untuk meningkatkan keterampilan dalam merespons feedback peserta didik secara efektif. Implikasi dari penelitian ini adalah dapat memberikan kontribusi pada pengembangan pendekatan pembelajaran yang lebih inklusif dan responsif terhadap kebutuhan peserta didik di kelas.

 

The role of student feedback in the effectiveness of differentiated learning in elementary schools

 

Abstract: This study is motivated by the importance of the role of student feedback in improving the effectiveness of differentiated learning. The application of student feedback is often not optimal, especially at the elementary school level. This study aims to analyze the role of student feedback that can be integrated effectively in elementary schools, as well as to identify the characteristics of different students who use the feedback. This study uses a qualitative approach, using observation and interviews. The results of the study indicate that the role of student feedback can improve differentiated learning with student responses to follow-up learning, but is still constrained by time constraints and teachers' understanding of the role of student feedback. This study recommends the role of student feedback in facilitating the collection and analysis of different student needs and providing insight to teachers to improve their skills in responding to student feedback effectively. The implications of this study are that it can contribute to the development of a more inclusive and responsive learning approach to the needs of students in the classroom.

Keywords

Pembelajaran terdiferensiasi; Feedback peserta didik; Teknologi dalam pendidikan

Full Text:

Fulltext PDF

References

Apriyani, D. C. N. (2022). Pembelajaran terdiferensiasi pada mata kuliah kalkulus lanjut. In Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran, 2(1), 415-419.

Creswell, J. W. (2003). Research design: qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage Publications.

Djou, F., Saleh, S. E., Mahmud, M., Ilato, R., & Maruwae, A. (2023). Pengaruh pemberian umpan balik (feedback) guru terhadap aktivitas belajar siswa. Journal on Teacher Education, 5(1), 656-662.

Fauziati, E., & Hidayati, Y. M. (2023). Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi berdasarkan modelitas belajar di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 726-735. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5147

Hardiansyah, H., Asmawi, U. S., & Darmansyah, A. (2023). Pengembangan LKPD interaktif dalam pembelajaran berdiferensiasi. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3).

Harjasuganda, D. (2008). Pengembangan konsep diri yang positif pada siswa SD sebagai dampak penerapan umpan balik (feedback) dalam proses pembelajaran penjas. Dalam Jurnal Pendidikan Dasar Nomor, 9(8), 4-5.

Helenia, I., Zubaidah, Z., & Bistari, B. (2017). Pengaruh pemberian bentuk umpan balik (feedback) terhadap hasil belajar matematis siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(12).

Jabar, C. S. A., Rahmawati, T., Niron, M. D., & Raharja, S. (2024). MIKiR: Pembelajaran terdiferensiasi di sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(3), 683-693.

Maharani, A. A. P., & Widhiasih, L. K. S. (2016). Respon siswa terhadap umpan balik guru saat pelajaran bahasa inggris di SD Saraswati 5 Denpasar. Jurnal Bakti Saraswati (JBS), 5(2).

Mardhiyah, H., Zahara, H., & Maulana, I. (2024). Hubungan teknik umpan balik dengan motivasi belajar siswa. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa dan Matematika, 2(3), 37-52. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i3.784

Misbah, S. (2022). Penerapan metode umpan balik (feedback partner) untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi struktur dan kebahasaan teks anekdot kelas X IPS-2 SMAN 4 Kota Bima semester 1 tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 2(2), 63–74. https://doi.org/10.53299/jppi.v2i2.219

Nainggolan, B. V. H., & Listiani, T. (2024). Pentingnya pemberian umpan balik untuk memperbaiki kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 55-68.

Rahmawati, A. A., Churiyah, M., Bukhori, I., & Agustina, Y. (2022). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran carousel feedback berbantuan nearpod. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 7(1), 109-121.

Ramadhan, W., Rifana, F., Meisya, R., Putro, K. Z., & Frasandy, R. N. (2023). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) dalam kurikulum merdeka sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(1), 1.

Rintayati, P., Riyadi, R., Kurniawan, S. B., & Kamsiyati, S. (2022). Peningkatan pemahaman dalam mengembangkan pembelajaran berdiferensiasi melalui metode pelatihan dan pendampingan pada guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1).

Sa’diyah, H., Azizah, M., & Evi Fatimatur Rusydiyah, A. (2021). Feedback siswa sebagai refleksi untuk meningkatkan profesionalisme guru di madrasah. Al-Ulum Jurnal Pemikiran dan Penelitian ke Islaman, 8(2), 178-189.

Sadam Murron, F., Djumhana, N., Dwishiera, N. C., Christina Br Ginting, L., & Hendriani, A. (2024). Pelatihan pengembangan media pembelajaran berbasis pembelajaran berdiferensiasi sebagai upaya optimalisasi program SDGs Indonesia. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 1773–1781. https://doi.org/10.31949/jb.v5i2.8910

Santosa, T. A., Sari, W., Suar, A., & Jalwis, J. (2020). Pengaruh penggunaan umpan balik (feedback) terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(02).

Santoso, G., Hermawan, C. M., Rosfiani, O., & Shabri, N. R. A. (2023). Pola perencanaan pembelajaran SD/MI melalui pembelajaran terdiferensiasi berbasis minat. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(6), 161-173.

Setiawan, R., Mardapi, D., Pratama, A., & Ramadan, S. (2019). Efektivitas blended learning dalam inovasi pendidikan era industri 4.0 pada mata kuliah teori tes klasik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 148–158. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27259

Simanjuntak, S. S., & Listiani, T. (2020). Penerapan differentiated instruction dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas 2 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(2), 134-141.

Sumantri, M. S. (2014). Pengaruh umpan balik dan minat profesi guru terhadap kemampuan melaksanakan pembelajaran mahasiswa pendidikan guru sekolah dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 1(3), 190-200.

Suprayogi, M. N., Valcke, M., & Godwin, R. (2017). Teachers and their implementation of differentiated instruction in the classroom. Teaching and Teacher Education, 67, 291–301. https://doi.org/10.1016/j.tate.2017.06.020

Wahyudi, D., & Sari, A. (2016). Penggunaan media, variasi, dan umpan balik dalam proses pembelajaran untuk mengoptimalkan hasil belajar siswa. JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 1(2), 86-95. http://eprints.ums.ac.id/36381/.

Witraguna, K. Y., & Jaya, I. K. M. A. (2024). Differentiated instruction: Analysis of elementary school teachers’ understanding in Bali Q-Ta School. Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 13(2), 225–237. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v13i2.1614

Refbacks

  • There are currently no refbacks.