Analisis keterampilan eksperimen peserta didik kelas V dalam pembelajaran IPAS berdasarkan Teori Adaptasi Jean Piaget
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan eksperimen siswa kelas V dalam pembelajaran sains dan teknologi, yang dibingkai dalam teori adaptasi Jean Piaget di SD Negeri Gonilan 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, khususnya desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam dan analisis dokumen. Analisis data mengikuti model deskriptif interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman, yang melibatkan tahap-tahap seperti pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Mayoritas siswa kelas lima menunjukkan keterampilan eksperimen yang sesuai dengan indikator seperti observasi, klasifikasi, inferensi, komunikasi, dan penggunaan alat/bahan. Sebagian besar siswa (92,71%) mengalami kemajuan melalui tahapan asimilasi, akomodasi, dan ekuilibrasi Piaget selama kegiatan pembelajaran sains. Siswa menunjukkan antusiasme selama pembelajaran sains, tetapi kurang menjelaskan materi yang digunakan selama diskusi (12 siswa). Perilaku pasif teramati pada rata-rata 8 siswa (7,29%), yang ditandai dengan diam, melamun, dan bermain sendiri.
Kata Kunci: Keterampilan bereksperimen, siswa, pembelajaran sains, dan sekolah dasar
Analysis of experimental skills of grade V students in IPAS learning based on Jean Piaget's Adaptation Theory
Abstract: This study aims to analyze the experimental skills of fifth-grade students in science and technology learning, framed within Jean Piaget's adaptation theory at SD Negeri Gonilan 02. This research employs a qualitative descriptive approach, specifically a case study design. The data collection technique in this study is conducted using in-depth interviews and document analysis. Data analysis followed the interactive descriptive model proposed by Miles and Huberman, involving stages such as data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. A majority of fifth-grade students demonstrated experimental skills aligned with indicators such as observation, classification, inference, communication, and tool/material utilization. Most students (92.71%) progressed through Piaget's stages of assimilation, accommodation, and equilibration during science learning activities. Students exhibited enthusiasm during science learning but lacked explanations for the material used during discussions (12 students). Passive behavior was observed in an average of 8 students (7.29%), characterized by silence, daydreaming, and solitary play.
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Agatha, P. A. J., & Pamungkas, H. P. (2024). Pengaruh lingkungan belajar dan dukungan sosial terhadap academic burnout siswa SMA AL-ISLAM KRIAN. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 15(2), 133–143. https://doi.org/10.25299/perspektif.2024.vol15(2).18913
Arafah, A. A., Sukriadi, S., & Samsuddin, A. F. (2023). Implikasi teori belajar konstruktivisme pada pembelajaran matematika. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 13(2), 358–366. https://doi.org/10.37630/jpm.v13i2.946
Atmojo, I. R. W., Chumdari, C., & Adi, F. P. (2024). Efforts to enhance scientific literacy in elementary school students through optimizing the use of digital comics in natural science materials in elementary schools (pp. 576–584). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-301-6_55
Haerullah, A., & Hasan, S. (2017). Model & Pendekatan Pembelajaran Inovatif: Teori dan Aplikasi (T. Abdullah (ed.)). Lintar Nalar.
Halimah, A. N., Winarni, R., & Supianto. (2024). Pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap motivasi belajar IPAS peserta didik kelas V sekolah dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 12(2), 67–72.
Jones, M. G., Chesnutt, K., Ennes, M., Macher, D., & Paechter, M. (2022). Measuring science capital, science attitudes, and science experiences in elementary and middle school students. Studies in Educational Evaluation, 74, 101180. https://doi.org/10.1016/J.STUEDUC.2022.101180
Lepiyanto, A. (2017). Analisis keterampilan proses sains pada pembelajaran berbasis praktikum. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 156. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v5i2.795
Marinda, L. (2020). Teori perkembangan kognitif jean piaget dan problematikanya pada anak usia sekolah dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26
Masus, S. B., & Fadhilaturrahmi, F. (2020). Peningkatan keterampilan proses sains IPA dengan menggunakan metode eksperimen di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(2), 161–167. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.1129
Mutia. (2021). Characteristics of children age of basic education. FITRAH: Intenational Islamic Education Journal, 3(1), 114–131. https://doi.org/https://doi.org/10.22373/fitrah.v3i1.1330
Nerita, S., & Safitri, E. (2023). Analysis of student difficulties in learning biology. Journal Of Biology Education Research (JBER), 4(1), 1–8. https://doi.org/10.55215/jber.v4i1.5963
Rachmat, F. O. (2024). Pengaruh model role playing berbantuan media giatorys terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada pembelajaran IPAS SD. Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahmah, N. L. (2022). Analisis gaya belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1, 9–14.
Rusdi, M. J. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas VIII SMP PGRI Sungguminasa Kabupaten Gowa. Digilibadmin.Unismuh.Ac.Id, 866132(259), 860132.
Saputra, A. R., Widianto Atmojo, I. R., & Saputri, D. Y. (2023). Analisis konten Keterampilan Proses Sains Dasar dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). https://doi.org/10.20961/jpd.v11i1.70274
Saputri, A. E., & Djumhana, N. (2020). Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Mahasiswa PGSD dalam Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 4(1), 35. https://doi.org/10.20961/jdc.v4i1.36019
Sari, D. K. (2021). Pengembangan E-Modul Praktikum Fisika Dasar 1 dengan Pendekatan STEM untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1), 44. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.50560
Sriyono, S. (2021). Metode eksperimen untuk meningkatkan pembelajaran sains pada anak usia dini. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(4), 187. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v6i4.50068
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugrah, N. U. (2020). Implementasi teori belajar konstruktivisme dalam pembelajaran sains. Humanika, 19(2), 121–138. https://doi.org/10.21831/hum.v19i2.29274
Sukmawati, S. F., Mastur, Z., & Anam, R. S. (2023). Model Problem Based Learning Bernuansa Jelajah Alam Sekitar Terhadap Peningkatan Sikap Peduli Lingkungan dan Kemampuan Pemecahan Masalah IPAS Siswa Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.74806
Sumadi, C. D. (2023). Analisis Isi Penelitian Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Pembelajaran IPA SD di Indonesia. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.78526
Suryaningsih, Y. (2017). Pembelajaran berbasis praktikum sebagai sarana siswa untuk berlatih menerapkan keterampilan proses sains dalam materi biologi. BIO EDUCATIO:(The Journal of Science and Biology Education), 2(2). https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/759
Widodo, R. B., Sumianto, S., Alim, M. L., Ananda, R., & Surya, Y. F. (2024). Penerapan metode inquiry untuk meningkatkan keterampilan proses sains dalam pembelajaran IPA di UPT SDN 010 Siabu. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 37–53. https://doi.org/10.24269/dpp.v12i1.8524
Winandika, G. (2020). Keefektifan model pembelajaran keterampilan proses sains bervisi salingtemas (sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat) di SD Negeri Tinggarjaya. JURNAL PANCAR (Pendidik Anak Cerdas Dan Pintar), 4(1). https://ejournal.unugha.ac.id/index.php/pancar/article/view/312
Refbacks
- There are currently no refbacks.