Upaya peningkatan penguasaan kosakata pada pembelajaran Bahasa Inggris melalui Bingo Games di sekolah dasar

Fitrotul Khasanah, Titi Anjarini, Arum Ratnaningsih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa melalui penggunaan Bingo Games dalam pembelajaran di SDN Pageron Purworejo. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5 SDN Pageron Purworejo yang berjumlah 18 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Bingo Games terbukti signifikan dalam meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa. Data menunjukkan rata-rata peningkatan kosakata sebesar 72.92% setelah penerapan metode permainan ini selama 1 minggu. Peningkatan kosakata bervariasi antara siswa, dengan pe-ningkatan tertinggi mencapai 90.91% dan terendah 58.82%. Hal ini menunjukkan bahwa meski-pun metode ini secara umum efektif, ada perbedaan dalam dampaknya terhadap setiap siswa. Faktor-faktor seperti keterlibatan individu, motivasi, dan pemahaman awal siswa dapat mem-pengaruhi hasil. Metode permainan ini tidak hanya membantu siswa mengingat kosakata baru, tetapi juga meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, Bingo Games mendorong interaksi antar siswa, yang berkontribusi pada pencapaian hasil belajar yang lebih baik.

 

Efforts to improve vocabulary acquisition in English language learning through Bingo Games at elementary school

 

Abstract: This research aims to improve students' mastery of English vocabulary through the use of Bingo Games in learning at SDN Pageron Purworejo. The method used is classroom action research (PTK) with a qualitative approach. This research was carried out in two cycles. The research subjects were 18 grade 5 students at SDN Pageron Purworejo. The research results showed that the use of Bingo Games proved significant in improving students' mastery of English vocabulary. Data shows an average increase in vocabulary of 72.92% after implementing this game method for 1 week. Vocabulary increases varied between students, with the highest increase reaching 90.91% and the lowest 58.82%. This shows that although these methods are generally effective, there are differences in their impact on individual students. Factors such as individual engagement, motivation, and students' prior understanding can influence outcomes. This game method not only helps students remember new vocabulary but also increases student involvement and motivation in the learning process. In addition, Bingo Games encourage interaction between students, which contributes to achieving better learning outcomes.

Keywords

Penguasaan kosakata; Bahasa Inggris; Bingo Games; Penelitian Tindakan Kelas; Pembelajaran berbasis permainan

Full Text:

Fulltext PDF

References

Azizah, R. (2019). Penggunaan Bingo Games dalam pembelajaran kosakata Bahasa Inggris. Jurnal Pengajaran Bahasa Asing.

Azizah, R. (2020). Efektivitas permainan Bingo dalam pembelajaran kosakata Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 5(2), 123-130.

Bunna, V., Fathimah, S., & Azizah, L. (2020). Media pembelajaran permainan Bingo dalam penguasaan kosakata bahasa jerman siswa. In Seminar Nasional LP2M UNM (Vol. 89).

Chen, L., Wu, H., & Zhang, Y. (2022). The impact of game-based learning on student motivation and learning outcomes in language education. Journal of Educational Technology & Society, 25(2), 56-70.

Henderson, J., & Peters, R. (2024). Adjusting educational games to student needs: A review of effective strategies. International Journal of Educational Research, 112, 89-102.

Hitari, A., & Ramli, R. (2022). Penguasaan kosakata Bahasa Inggris menggunakan permainan Pictionary. Jurnal Pendidikan Sang Surya, 8(2), 43-51.

Huang, H., & Hsiao, T. (2023). The effectiveness of Bingo Games in enhancing vocabulary learning: A case study. Language Learning & Technology, 27(1), 34-49.

Irawan, C., Sari, C. A., Umaroh, L., Cahyo, N. R. D., Kamila, I. P., & Al-Ghiffary, M. M. I. (2024). Pelatihan dan pendampingan peningkatan artikulasi Bahasa Inggris siswa inklusi di SLB B, C Swadaya Semarang. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 8-15.

Isna, N., & Febriyanita, R. (2024). Pengajaran ordinal dan cardinal numbers dengan penggunaan Bingo Game kepada siswa sekolah dasar. GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 8(2), 414-424.

Khasanah, F., & Ngazizah, N. Analisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal IPA kelas 3 pada Penilaian Akhir Tahun (PAT) 2023/2024. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 7, No. 3).

Mustika, T. (2021). Pengaruh pengajaran konvensional terhadap motivasi belajar Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Inggris, 9(1), 45-57.

Nation, I.S.P. (2022). Learning vocabulary in another language (2nd ed.). Cambridge University Press.

Nurussyifa, C. (2021). Penerapan online Problem-Based Learning untuk meningkatkan keterampilan menulis dan kepercayaan diri. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi, 7(1), 15-26.

Putri, D. A. (2020). Pengaruh metode pengajaran kosakata terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris.

Salim, Rasyid, I., & Haidir. (2020). Penelitian tindakan kelas. Indonesia Performance Journal, 4(5).

Singh, R., & Ali, M. (2023). Exploring the effectiveness of game-based learning in language acquisition. Educational Research Review, 18(3), 124-139.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Widyahening, C. T., & Sufa, F. F. (2022). Pembelajaran kosa kata Bahasa Inggris dengan media Bingo Game bagi anak usia dini. Jurnal Obsesi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1135-1145.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.