Pengembangan e-modul berbasis flip builder pada pokok bahasan larutan elektrolit dan non elektrolit kelas X
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis tingkat kevalidan, kepraktisan, dan respon siswa terhadap penggunaan E-Modul larutan elektrolit dan non-elektrolit yang dikembangkan dengan aplikasi Flip Builder. Metode penelitian adalah Research & Development (R&D) pendekatan model ADDIE, yang mencakup lima tahapan: Analysis, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation. Teknik analisis data yaitu observasi, wawancara, lembar validasi, dan angket yang diisi oleh peserta didik. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa E-Modul yang dikembangkan memiliki tingkat validitas sebesar 91.96%. Hasil angket respon siswa tingkat kepraktisan diperoleh hasil sebesar 76.10% sehingga E-Modul larutan elektrolit dan Non Elektrolit valid dan praktis. Sehingga aktivitas dalam belajar mengajar dapat lebih jelas, efektif, efesien dan interaktif dalam mencapai tujuan pembelajaran.
Development of e-modules based on flip builder on the subject of electrolyte and non-electrolyte solutions class X
Abstract: This study aims to find out how to develop and determine the level of validity and practicality of the flip builder-based E-Module, as well as to find out the students' responses to the E-Module developed. This research method is Research & Development (R&D) using the ADDIE model which includes the Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation stages. Data collection tools in this study are observation, interviews, validation sheets, and student questionnaire sheets. Based on the results of the study the E-Module developed through the analysis stage (problem determination analysis and needs analysis), the design stage (designing the needs, objectives, content, and structure, visual design of the E-Module), the development stage (developing, and validating the E-Module in accordance with the suggestions of the validator) implementation (conducting trials of products that have been developed) and evaluation (E-Module in the final revision evaluation of the developed product). The research results from the assessment of the E-Modul validator developed have a validity level of 91.96%. Based on the results of the student response questionnaire, the practicality level was 76.10% so the electrolyte and non-electrolyte solution E-Modules were valid and practical to use.
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Adim, M., Herawati, E. S. B., & Nuraya, N. (2020). Pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) menggunakan media kartu terhadap minat belajar IPA kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 3(1), 6–12.
Assari, A. M., Muharini, R., Ulfah, M., Erlina, & Lestari, I. (2023). Pengembangan e-modul multi representasi berbasis FLIP PDF corporater edition pada materi sifat asam basa senyawa organik. QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 14(1), 66–86.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Fitri, D., Afriyan, D., Khaira, K., & Sari, M. (2022). Pengembangan e-modul praktikum menggunakan flip PDF professional pada materi laju reaksi kelas XI IPA SMA N 1 Kec. Akabiluru. Konfigurasi: Jurnal Pendidikan Kimia Dan Terapan, 6(2), 68–74.
Fitri, D., Afriyani, D., Khaira, K., & Sari, M. (2022). Pengembangan e-modul praktikum menggunakan flip PDF professional pada materi laju reaksi kelas XI IPA SMA N 1 Kec. Akabiluru. Konfigurasi, Jurnal Pendidikan Kimia Dan Terapan, 6(2), 5–12.
Indartiwi, A., Wulandari, J., & Novela, T. (2020). Peran media interaktif dalam pembelajaran di era revolusi industri 4.0. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 28–31.
Irhamatun, N. (2021). Pengembangan e-module berbasis software flip PDF profesional pada msteri ikatan kimia di SMAN 1 Banda Aceh (Vol. 6, Issue 1). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Jasahuldia, R., Siahaan, J., Laksmiwati, D., & Loka, I. N. (2021). Pengembangan modul pembelajaran kimia berbasis aplikasi android pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Chemistry Education Practice, 4(3). https://doi.org/10.29303/cep.v4i3.2800
Kumalasani, M. P. (2018). Kepraktisan penggunaan multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar (JBPD), 2(1), 1–11.
Mawarni, J., & Hendriyani, Y. (2021). Pengembangan media pembelajaran e-modul interaktif pada matakuliah pemrograman visual dengan metode pengembangan ADDIE. JURNAL VOKASI INFORMATIKA (JAVIT), 1(3), 79–88.
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dalam pendidikan. JURNAL PENDIDIKAN Dan KONSELING, 3(1), 101–109.
Munawaroh, Sholeh, M. I., & Marlina, L. (2022). Pengembangan bahan ajar e-modul kimia pada materi reaksi redoks berbasis Problem Basd Learning (PBL) menggunakan aplikasi flip PDF profesional. Al’Ilmi: Jurnal Pendidikan MIPA, 11(1), 20–24.
Nursyifa, A. (2019). Transformasi pendidikan ilmu pengetahuan sosial dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1).
Prayogi, J., Nurhamidah, & Rohiat, S. (2022). Pengembangan e-modul berbasis kemampuan berpikir kreatif menggunakan flip PDF professional pada materi koloid di SMAN 4 Kota Bengkulu. Alotrop, Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 6(2), 142–150.
Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., Febrianty, F., Yanti, Y., Simarmata, J., & Chamidah, D. (2020). Pengantar media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Purwanto, A., Muktiningsih, & Tantaruna, J. E. (2020). Pengembangan e-modul elektrokimia terintegrasi lingkungan berbasis kontekstual untuk SMK kompetensi keahlian teknik otomotif. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 10(1), 18–26.
Setyawan, W. C., Sulthoni, S., & Ulfa, S. (2019). Pengembangan multimedia game edukasi IPA lapisan bumi untuk MTS. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(1), 30–36.
Setyoningtyas, K. Y., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran video instruksional interaktif. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1521–1533.
Sidiq, R. (2020). Pengembangan e-modul interaktif berbasis android pada mata kuliah strategi belajar mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14.
Wibowo, E. (2018). Pengembangan bahan ajar e-modul dengan menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Wulandari, E. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis e-book pada materi sistem pencernaan untuk SMP kelas VIII. Universitas Islam Negeri (UIN) Radem Intan Lampung.
Yuliana, V., Copriady, J., & Erna, M. (2023). Jurnal inovasi pendidikan kimia pengembangan e-modul kimia interaktif berbasis pendekatan saintifik menggunakan liveworksheets pada materi laju reaksi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 17(1), 1–12.
Refbacks
- There are currently no refbacks.