Efektivitas multimedia interaktif “Mentik” bagi calon guru sekolah dasar

Dwi Anggraini, Hasnawati Hasnawati, Ike Kurniawati, Muhammad Cokro Sabani, Belia Nur Zahara

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas multimedia interaktif “Mentik” berbasis Android untuk calon guru sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester III Program Studi PGSD Universitas Bengkulu. Desain pengembangan yang digunakan adalah analysis, design, development, implementation and evaluation (ADDIE). Teknik pengumpulan data berupa penilaian validasi ahli media dan ahli materi, kepraktisan (angket respon pengguna), keefektifan penggunaan soal tes. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif untuk analisis desain produk, validasi ahli untuk kelayakan media dan kepraktisan serta keefektifan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan multimedia interaktif “Mentik” yang dilakukan efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji t, terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

 

Effectiveness of interactive multimedia “Mentik” for prospective elementary school teachers

 

Abstract: This research aims to determine the effectiveness of Android-based interactive multimedia "Mentik" for prospective elementary school teachers. The research method used is research and development. The research subjects were third semester students of the Bengkulu University PGSD Study Program. The development design used is analysis, design, development, implementation, and evaluation (ADDIE). Data collection techniques are media and material expert validation assessments, practicality (user response questionnaires), effectiveness of using test questions. The data was then analyzed using descriptive analysis techniques for product design analysis, expert validation for media suitability and practicality, and effectiveness using the t-test. The research results show that the development of the interactive multimedia "Mentik" which was carried out was effective in improving student learning outcomes. Based on the test results, there are differences between the experimental class and the control class.

Keywords

Interactive Multimedia; Android; Dance; Mentik; Multimedia Interaktif; Seni Tari

Full Text:

Fulltext PDF

References

Ahmad, A. P., Sompie, S. R. U. A., Paturusi, S., Elektro, J. T., Sam, U., Manado, R., & Bahu, J. K. (2020). Aplikasi pembelajaran interaktif tarian adat Sajojo. Jurnal Teknik Informatika, 15(4), 303–314.

Anggraini, D. (2014). Pengembangan multimedia interaktif Silat Pedang untuk pembelajaran seni tari pada siswa sekolah dasar. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 23(2), 107–114.

Dania, A., Hatziharistos, D., Koutsouba, M., & Tyrovola, V. (2011). The use of technology in movement and dance education: Recent practices and future perspectives. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 15, 3355–3361. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.04.299

Georgios, L. (2017). The transformation of traditional dance from its first to its second existence: the effectiveness of music - movement education and creative dance in the preservation of our cultural heritage. Journal of Education and Training Studies, 6(1), 104. https://doi.org/10.11114/jets.v6i1.2879

Handayani, S. N., Sihkabuden, & Praherdhiono, H. (2018). Pengembangan multimedia interaktif Seni Tari Jawa Timur pada mata pelajaran seni budaya kelas VII Di SMP Negeri 1 Karangan. JKTP, 1(1), 63–70.

Hijriyanni, A. A., Sekarningsih, F., & Barnas, B. (2021). Model problem based learning berbasis multimedia interaktif melalui daring untuk meningkatkan pemahaman gerak tari. 2(1), 57–67.

Lirahman, R., & Heniwaty, Y. (2019). Pengembangan pembelajaran tari lenggok mak inang melalui multimedia interaktif berbasis e-learning. Gesture: Jurnal Seni Tari, 8(1), 49–58.

Murcahyanto, H., Mohzana, & Harjuni, L. L. (2022). Edumatic : Jurnal Pendidikan Informatika Media Interaktif berbasis Animasi pada Pembelajaran Tari. Edumatic : Jurnal Pendidikan Informatika Media Interaktif Berbasis Animasi Pada Pembelajaran Tari, 6(1), 68–77. https://doi.org/10.29408/edumatic.v6i1.5305

Priyatna, B., Hilabi, S. S., Heryana, N., & Solehudin, A. (2019). Aplikasi pengenalan tarian dan Lagu Tradisional Indonesia berbasis multimedia. 1(2), 89–98.

Ramadhani, B., Agariadne, F., & Samala, D. (2020). Perancangan media interaktif gerak tari topeng patih pada wayang topeng malangan menggunakan sensor kinect. 20(2), 75–88.

Sari, D. W., & Rahyasih, Y. (2021). Teachers as human resources in educational organization of transitional societies, Indonesia. 526(Icream 2020), 296–298.

Sööt, A., & Viskus, E. (2014). Contemporary approaches to dance pedagogy – the challenges of the 21st Century. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 112(Iceepsy 2013), 290–299. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1167

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode penelitian pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Sumiati, T., Rakhmat, C., & Indihadi, D. (2023). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan menyimak pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V (Studi Pre-Eksperimen di SDN Margalaksana). Dwija Cendikia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2), 564–576. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.74735

Sustiawati, N. L., & Mudiasih, N. W. (2013). Prosiding: widyadharma I Inovasi pembelajaran Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik. 43–54.

Wibawanto, W. (2017). Desain dan pemrograman multimedia pembelajaran interaktif. Cerdas Ulet Kreatif. Cerdas Ulet Kreatif.

Wijaya, I. M. G. P., & Ariana, I. K. A. (2021). Penggunaan multimedia interaktif dalam upaya meningkatkan kemampuan menarikaan tari guna widya dharma raksaka pada kegiatan ekstrakurikuler tari Siswa SMA Negeri 1 Blahbatuh Tahun Pelajaran 2020/2021. 22(2), 469–477. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550375

Winarni, E. W. (2018). Teori dan praktik penelitian kuantitatif kualitatif penelitian tindakan kelas (PTK) Reseach And Development (R&D). Bumi Aksara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.