Efektivitas metode pembelajaran Sorogan Kitab Jurumiyah di Pondok Pesantren Putri Al Ma’rufiyah Tempuran

Niken Febrian, Purwanto Purwanto, Laili Syarifah, Nailatul Muna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas metode sorogan dalam meningkatkan pemahaman santri terhadap kitab Jurumiyah (buku tata bahasa Arab) di Pondok Pesantren Putri Al Ma'rufiyah Tempuran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan sampel 11 santriwati dari angkatan 2023/2024 untuk mengetahui efektivitas metode sorogan. Analisis kinerja mereka dalam tes dan tugas pemahaman menunjukkan bahwa metode ini efektif dalam meningkatkan pemahaman mereka tentang Jurumiyah. Efektivitas metode sorogan dipengaruhi oleh faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukungnya antara lain penjelasan yang jelas dari guru yang penuh perhatian. Namun, kelemahan dari metode ini adalah potensi monoton yang dapat menyebabkan kebosanan siswa.

 

The effectiveness of the Sorogan Kitab Jurumiyah learning method at Pondok Pesantren Putri Al Ma'rufiyah Tempuran

 

Abstract: This research aims to analyze the effectiveness of the Sorogan method in improving students' understanding of the Jurumiyah (an Arabic grammar book) at Al Ma'rufiyah Tempuran Girls' Islamic Boarding School. This research, employing a quantitative descriptive method with a sample of 11 female students from the Class of 2023/2024, investigates the effectiveness of the Sorogan method. The analysis of their performance in tests and comprehension tasks suggests that the method is effective in improving their understanding of the Jurumiyah. The effectiveness of the sorogan method is influenced by both supporting and inhibiting factors. Supportive factors include clear explanations from attentive teachers. However, the method's potential downside is its potential for monotony, which can lead to student boredom.

Keywords

Effectiveness; Learning; Sorogan; Islamic boarding school; Efektivitas; Pembelajaran; Sorogan; Pesantren.

Full Text:

Fulltext PDF

References

Al-Furqan. (2015). Pondok Pesantren dan upaya pembenahannya. UNP Press.

Albab, U., Albab, M. U., Novitasari, Shodiq, J., & Salsabilah, A. T. (2022). Implementasi Metode Pembelajaran Sorogan dan Bandongan dalam pengajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Nu Banat Banin Lamongan. Akademika, 16(2), 19–30.

Ananda, R. (2019). Perencanaan pembelajaran. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Arifin, A., Fakhruddin, & Ristianti, D. H. (2022). Metode Sorogan dalam meningkatkan minat dan keterampilan membaca Kitab Kuning Santri Al-Afiyah Bogor Jawa Barat. Inspiratif Pendidikan, 11(1), 24–36. https://doi.org/10.24252/ip.v11i1.29195

Fadli, M. R., Sudrajat, A., Aman, A., & Amboro, K. (2021). The influence of Sorogan method in learning history to increase historical understanding and historical awareness. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(1), 300–312. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i1.20972

Fentia, N. A. (2021). Implementasi Metode Sorogan dalam pembelajaran nahwu di Pondok Pesantren Salafiyah Al-Mujahidin Rawalo Banyumas [Disertasi]. IAN Purwokerto.

Hasibuan, H. B., Nasution, B., & Nasution, K. (2018). Penerapan Metode Sorogan dalam pembelajaran Kitab Kuning Kelas VIII di Pondok Pesantren Modern Ta’dib Al-Syakirin Titi Kuning Kecamatan Medan Johor. Tazkiya: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 1–11.

Hasyim, M., & Sodikin, A. (2022). Implementasi Metode Sorogan dalam meningkatkan pemahaman Kitab Fathul Qarib di Asrama Al Umamy Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja, Buay Madang, OKU Timur Tahun 2022. JUPIN (Jurnal Pendidikan Islam Nusantara), 1(1), 18–36. https://jsr.unuha.ac.id/index.php/JUPIN/article/view/109

Izzan, A., & Oktaviani, S. (2022). Pengaruh penerapan Metode Sorogan dan wetonan terhadap kemampuan berfikir kritis Santri Di Pondok Pesantren Darul Ulum Karangpawitan. Jurnal Masagi, 1(1), 1–11.

Leonard, Wibawa, B., & Suriani. (2019). Model dan Metode Pembelajaran di Kelas. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Indraprasta PGRI.

Mamusung, Y. Y., Nurfaika, N. N., & Lahay, R. J. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) pada materi Dinamika Atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Di Kelas X SMA Negeri 1 Popayato. Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi, 2(1), 9–14. https://doi.org/10.34312/geojpg.v2i1.20047

Mukhlishotin. (2019). Pengaruh Metode Sorogan terhadap kemampuan membaca Kitab Kuning Santri Di Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum. Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 177–189. https://doi.org/10.36840/ulya.v4i2.235

Nafsah, N. H. bin, & Royhan, A. (2022). Pengembangan kemampuan membaca Kitab dengan Metode Sorogan di Madrasah Assunniyyah Kencong Jember. An-Nuqthah, 2(1), 30–38. http://ejournal.inaifas.ac.id/index.php/An-Nuqthah/article/view/1009

Rahman, R. (2023). Implementasi Metode Sorogan untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis Di MI Wali Songo Tuban Jawa Timur. Journal of Islamic Education Management & Research (JIEMR), 1(1), 8–16. http://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2002/%0Ahttp://repository.ikhac.ac.id/id/eprint/2002/2/BAB I rahman.pdf

Rahmawati, I., & Negara, T. D. W. (2021). Pelatihan Arab Pegon bagi santri baru guna meningkatkan kualitas pembelajaran Kitab Kuning di Pondok Pesantren Darul Huda Putri. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 103–112. https://doi.org/10.21154/maalim.v2i2.3177

Reksa, M. Y. M., & Rachmah, H. (2022). Penerapan Metode Sorogan dalam meningkatkan kemampuan membaca Kitab Kuning Santri Mahasiswa. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 2(2), 115–120. https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1484

Sauri, S., Rahmat, A. S., Nursyamsiah, N., & Nursaidah, L. L. (2016). Explaining the values embedded in the teaching of Arabic using sorongan and bandongan methods in Indonesian Traditional Muslim Boarding Schools-Pesantren. Man in India, 96(8), 2537–2550.

Sholikhun, M. (2018). Pembentukan karakter siswa dengan sistem Boarding School. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman, 4(1), 48–64. http://wahanaislamika.ac.id/index.php/WahanaIslamika/article/view/20/13

Syafi’i, M., & Nasta’in, M. (2023). Keefektifan Metode Sorogan dalam meningkatkan prestasi pembelajaran pada pelajaran Bimbingan Membaca Kitab (BMK) di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Qomaruddin Bungah Gresik. Jurnal Keislaman, 6(2), 9–15.

Ulfa, M. (2022). Metode Sorogan Kitab untuk Pemahaman Nahwu (Imrity) Pondok Pesantren Assunniyah Kencong Jember. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 5, 65–82.

Wahyuni, S., & Ibrahim, R. (2017). Pemaknaan jawa pegon dalam memahami Kitab Kuning di Pesantren. Manarul Qur’an: Jurnal Ilmiah Studi Islam, 17(1), 4–21. https://doi.org/10.32699/mq.v17i1.920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.