Eksplorasi Kemampuan Berpikir Matematis Siswa

Andini Dwi Rachamwati, Dadang Juandi, Darhim Darhim

Abstract

Keterampilan berpikir matematis merupakan kemampuan dalam menggunakan pengetahuan dan pemahaman matematika untuk menyelesaikan masalah. Kemampuan representasi matematis dapat didefinisikan sebagai suatu kemampuan terkandung dalam kemampuan berpikir matematis. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran kemampuan representasi matematis siswa berdasarkan jenis kesulitan yang dihadapi dan profil kesulitannya berdasarkan indikator kemampuan matematika dan kemampuan representasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sebuah pendekatan fenomenologi. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA yang telah mempelajari materi polinomial berjumlah 35 siswa. Dari parsipan tersebut tersebut dipilih tiga siswa untuk dianalisis lebih lanjut mengenai kemampuan representasi matematisnya, jenis kesalahan, dan penyebabnya. Data dikumpulkan melalui kemampuan awal matematika, tes kemampuan representasi matematis siswa, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, secara umum kemampuan representasi matematis siswa berada pada tingkat moderat. Siswa yang memiliki kemampuan awal matematis tinggi menunjukkan kemampuan representasi matematis yang tinggi atau sedang. Di sisi lain, siswa dengan kemampuan awal matematis sedang dapat memiliki kemampuan representasi matematis tinggi, sedang, atau rendah. Bahkan siswa yang kesulitan dalam matematika mungkin menunjukkan tingkat kemahiran yang beragam dalam mewakili konsep matematika. Kesalahan yang dilakukan siswa saat memecahkan masalah mungkin berasal dari kurangnya pemahaman, konversi yang tidak tepat, atau pelaksanaan operasi matematika yang tidak tepat.

 

Keywords

Kemampuan berpikir matematis matematis

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.