Analisis Hambatan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aljabar di Kelas V Sekolah Dasar

Shella Nur Pratama, Dindin Abdul Muiz Lidinillah, Ika Fitri Apriani

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami kesulitan/hambatan dan faktor penghambat pembelajaran yang dihadapi oleh siswa kelas V di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas V di salah satu sekolah dasar di Tasikmalaya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan untuk mengidentifikasi hambatan pembelajaran terdiri dari lima soal cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal aljabar disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: 1) kesulitan atau hambatan siswa dalam memahami maksud soal, 2) kesulitan atau hambatan  siswa dalam merumuskan kalimat matematika dari konteks soal yang diberikan, dan 3) kesulitan atau hambatan dalam menyelesaikan masalah yang terkandung dalam soal cerita aljabar secara tepat.

 

Keywords

hambatan belajar;aljabar;sekolah dasar

References


Refbacks

  • There are currently no refbacks.