Penerapan Model PjBL-STEM melalui Smart Apps Creator (SAC) terhadap keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hakikat pengalaman tentang fenomena penerapan model PjBL-STEM berbasis Smart Apps Creator (SAC) pada materi ekosistem untuk mengukur keterampilan berpikir kritis pada siswa di sekolah dasar. Desain penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui tes essay dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan triangulasi sumber data. Tempat penelitian adalah SD Negeri Kalianyar 1, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak. Subjek penelitian adalah kelas V dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data, penerapan model PjBL-STEM mampu mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah pada saat kegiatan pembelajaran. Hasil indikator berpikir kritis diperoleh hasil: item clarification (nilai sedang 75%), item assesment (nilai sedang 72,5%), item inference (nilai sedang 77,5%), dan item strategies (nilai tinggi 85%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap tahapan sintaks pada penerapan model PjBL-STEM dipadukan dengan Smart Apps Creator (SAC) mempunyai kemampuan untuk mengembangkan keterampilan berpikir abad 21, seperti keterampilan berpikir kritis sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman dan pengetahuan yang lebih baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Refbacks
- There are currently no refbacks.