Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Program Multitiered System of Support (MTSS)

Sonya Sinyanyuri, Arifin Maksum, Arita Marini

Abstract

Pembelajaran diferensiasi sebuah pendekatan dalam pembelajaran yang dirancang untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan peserta didik, seperti gaya belajar, kemampuan kognitif, dan minat. Multitiered system of support (MTSS) salah satu pendekatan pembelajaran yang dirancang untuk membantu sekolah mengidentifikasi peserta didik yang mengalami kesulitan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi MTSS di SD Lazuardi Al Falah kota Depok. Menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan metode naratif melalui kegiatan wawancara mendalam semi struktur dilakukan terhadap dua orang tenaga kependidikan dengan pertanyaan terbuka. Konteks penelitian ini adalah sebuah sekolah dasar di daerah perkotaan besar yang telah menerapkan MTSS selama satu tahun. Hasil penelitian menunjukkan telah terbentuk pola implementasi yang baik di SD Lazuardi Alfalah Depok mulai dari langkah-langkah persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil implementasi MTSS juga menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dan kemampuan menulis khususnya pada siswa kelas satu (I) dan (II). Implementasi MTSS dengan benar terbukti akan meningkatkan kemampuan akademik dan emosi sosial yang baik. Perlu pemahaman yang baik dari seluruh komponen agar dapat menentukan program di setiap tingkatan MTSS dan proses monitoring serta evaluasi yang baik.


 

Keywords

Pembelajaran berdiferensiasi, MTSS, Sekolah Dasar.

References


Refbacks

  • There are currently no refbacks.