Implementasi Pendidikan Multikultural Berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5 di Sekolah Dasar

Astri Sutisnawati, Arifin Maksum, Arita Marini

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan Pendidikan multikultural melalui kegiatan intrakurikuler di program sekolah penggerak yaitu projek penguatan profil pelajar Pancasila. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang Peran kepala sekolah dan guru dalam implementasi pendidikan multikultural berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah dasar, serta entingnya pendidikan multikultural P5 di SDN Cipanas Kota Sukabumi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data dari satu kepala sekolah, enam guru dari kelas 1 hingga 6, dan enam siswa dari kelas 4,5 dan 6. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi  data, menyajikan data, dan verifikasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil observasi dan wawancara menunjukkan bahwa di Kepala Sekolah dan Guru SDN Cipanas Kota Sukabumi telah melaksanakan Pendidikan multikultural melalui P5 dengan Tema “Bhinneka Tunggal Ika” dan topik Aku Cinta Indonesia. Melalui kegiatan P5, Siswa dapat belajar lebih konstektual tentang budaya dan identitas budaya, munculnya sikap menghargai dan menghormati keanekaragaman budaya, berusaha mengenali diri sendiri dengan segala potensi serta mempertahankan jati diri Indonesia. Sehingga dapat disimpulkan, pelaksanaan Pendidikan Multikultural dapat dilakukan melalui kegiatan P5 di sekolah, terutama di sekolah yang telah Implementasi Kurikulum Merdeka.


  

Keywords

Pendidikan Multikutural, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Siswa

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.