Pemanfaatan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Materi Kalimat Transitif dan Intransitif melalui Media Website

Ineu Maemunah, Dadan Djuanda, Aah Ahmad Syahid

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media pembelajaran berbasis website terhadap materi kalimat transitif dan kalimat intransitive pada peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Panyingkiran III. Metode penelitian yang digunakan untuk membuat media pembelajaran Bahasa Indonesia materi kalimat transitif dan kalimat intransitif melalui media website ini adalah Design and Development method (D&D). Populasinya terdiri dari kelas IV yang terdiri dari 21 siswa. Penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket respon siswa, dan pedoman wawancara sebagai instrumen yang digunakan. Media pembelajaran berbasis website ini diuji cobakan kepada siswa kelas IV SDN Panyingkiran III yang berlokasi di Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Sebagai hasil dari penelitian ini dikembangkan produk media website yang di dalamya ada beberapa fitur dan konten untuk pembelajaran. Media pembelajaran berbasis website memuat beberapa fitur atau konten yaitu bahan ajar, media video, media audio, LKPD, permainan, kuis dan evaluasi. Media pembelajaran yang dimuat mengacu pada modul ajar kurikulum merdeka yang sudah dibuat berdasarkan observasi dan wawancara kepada guru kelas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemanfaatan media website terhadap hasil belajar siswa.

 

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.