Pemanfaatan Aplikasi Smartphone Sebagai Subtitusi Perangkat Gamelan Degung Konvensional Dalam Pembelajaran

Rizki Januar Herliawan, Trianti Nugraheni

Abstract

Keterbatasan alat musik yang tersedia di tiap sekolah pada lingkungan masyarakat sunda membuat pembelajaran gamelan degung memiliki tantangan tersendiri pada proses pembelajarannya. Penelitian ini berfokus pada proses pembelajaran alat musik degung secara digital dengan memanfaatkan sebuah aplikasi pada smartphone. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan menganalisis perihal bagaimana penggunaan aplikasi degung dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi, wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebermanfaatan aplikasi ini dirasakan membantu siswa dalam pembelajaran gamelan degung. Aplikasi ini dirasa dapat dijadikan media bantu pembelajaran sebagai alternatif alat yang terbatas yang ada di sekolah, selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai media bantu belajar siswa di luar sekolah untuk menghafal materi lebih cepat. Bantuan aplikasi gamelan degung menunjukkan bahwa materi yang diajarkan dapat tersampaikan secara efektif, terutama pada tingkat dasar gamelan degung. Aplikasi gamelan degung ini cukup membantu siswa dalam mempelajari gamelan degung, namun lebih terbatas pada tingkat dasar. Beberapa aspek dari gamelan mungkin tidak sepenuhnya dapat dicakup oleh aplikasi ini, namun pada dasarnya, aplikasi ini dapat menjadi pengganti instrumen gamelan konvensional dalam proses pembelajaran.

 

Keywords

Gamelan Degung, Aplikasi, Media Pembelajaran.

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.