Pengembangan Media Pop-Up Book Materi Keberagaman Budaya untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Sonia Yulia Friska, Arifin Maksum, Arita Marini

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian pendahuluan ini dilatarbelakangi oleh kendala pada siswa kelas IV SDN 20 Muaro Sijunjung yaitu pembelajaran masih belum optimal karena masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran karena guru hanya menyediakan media berupa buku paket. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pop-up book pada materi Keragaman Budaya kelas IV Sekolah Dasar. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu research and derelopment (R&D) dengan menggunakan. model ADDIE. Dalam model ADDIE dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif dengan subjek penelitian adalah 13 orang siswa kelas IV SDN 20 Muaro Sijunjung. Hasil dari penelitian dan pengembangan media pembelajaran Pop Up Book adalah sebagai berikut: 1) Pada penelitian ini diperoleh hasil validitas media sebesar 86%, dan validitas materi sebesar 84% 2) Pada penelitian ini, hasil keefektifan uji coba terbatas Nilainya 85%dari hasil evaluasi pretest dan posttest siswa. 3) Pada penelitian ini, hasil yang diperoleh adalah 92% melalui angket respon guru. Dengan demikian, pengembangan Pop Up Bockta pada materi Keberagaman Budaya untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar dinyatakan sangat valid.

 

Keywords

Media pembelajaran; Pop-Up Book; Ilmu pengetahuan sosial

References


Refbacks

  • There are currently no refbacks.