Fostering Creativity through the Implementation of Pancasila Student Profiles in Elementary Schools

Atika Susanti, Ady Darmansyah, Hadi Hardiansyah, Afar Azis Rahman

Abstract

Kreativitas menjadi keterampilan kunci dalam menghadapi tuntutan zaman yang terus berkembang. Di dunia yang terus berubah, kemampuan untuk berpikir kreatif dan inovatif menjadi esensial bagi generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan kreativitas melalui implementasi profil pelajar Pancasila di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data dari kepala sekolah, 1 guru wali kelas IVA, 28 siswa kelas IVA, dan 2 petugas kebersihan SDN 1 Kota Bengkulu. Data yang terkumpul dianalisis melalui proses pengumpulan data, pemadatan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini meliputi uji credibility, transferability, dependability, dan confirmability. Temuan penelitian menunjukkan bahwa sekolah melaksanakan kegiatan seperti (1) pembuatan eco brick dari limbah plastik yang dikeringkan, (2) pembuatan eco enzyme dari limbah organik, dan (3) kerajinan dari limbah plastik dan koran bekas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi profil pelajar Pancasila yang fokus pada kreativitas memiliki potensi untuk meningkatkan kemampuan kreatif siswa dan keterlibatan siswa dalam berbagai kegiatan kreatif. Temuan penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pendidik, pengelola sekolah, dan pembuat kebijakan untuk merancang strategi dan kebijakan yang efektif dalam mendorong kreativitas siswa melalui implementasi profil pelajar Pancasila.

   

Keywords

Student Profile of Pancasila; Creativity; Elementary School

Full Text:

PDF

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.