Pengembangan Bahan Ajar Tentang Tokoh-tokoh Islam dalam Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Nataria Wahyuning Subayani

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku ajar yang berisi tokoh islam dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia sebagai pelengkap dalam proses perkuliahan di program studi pendidikan guru sekolah dasar. Metode penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan model ADDIE (Analyse, Design, Develop, Implementation and Evaluation). Subjek ujicoba meliputi 35 mahasiswa tahun kedua pada program studi pendidikan guru sekolah dasar yang dilakukan secara random sampling. Data dikumpulkan melalui lembar validasi, lembar tes literasi sosial mahasiswa, dan angket respon mahasiswa. Data yang didapatkan akan dianalisis dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ajar tokoh islam dalam proklamasi kemerdekaan dapat diimplementasikan sebagai alternatif sumber belajar ilmu sosial di PGSD yang memenuhi kriteria validasi sangat valid dan efektif dengan N gain rata-rata 0,5 yang menunjukkan terdapat perbedaan signifikan antara skor pre-test dan post-test serta respon positif mahasiswa atas penggunaan buku ajar dalam proses perkuliahan. Respon posistif para calon guru sekolah dasar menyatakan bahwa dengan menggunakan buku ajar ini dapat melengkapi konstruksi pemahaman peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia serta melengkapi pengetahuan tentang para tokoh islam yang berjasa dalam peristiwa proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia.

 

Keywords

bahan ajar, tokoh islam, proklamasi kemerdekaan

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.