Tinjauan Adversity Quotient dalam Prestasi Belajar Matematika Siswa pada Model Kooperatif Snowball Throwing

Ema Prasetyaningsih Yulianti, Dyah Ratri Aryuna, Riki Andriatna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari Adversity Quotient (AQ) siswa, yaitu Climber, Camper, dan Quitter. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi ekperimen dengan posttest only control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di salah satu SMK Negeri di Kabupaten Boyolali pada tahun 2023. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model Kooperatif Snowball Throwing dan kelas kontrol menggunakan model langsung yang diambil dengan cluster sampling random. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan sel tidak sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang mendapatkan model kooperatif Snowball Throwing lebih baik daripada prestasi siswa yang mendapatkan model langsung, baik secara umum maupun pada masing-masing tipe AQ siswa. Selain itu, pada masing-masing tipe AQ menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar antara Climber, Camper, dan Quitter, baik secara umum maupun pada masing-masing model pembelajaran. Siswa dengan tipe Climber memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan tipe Camper dan Quitter, serta siswa dengan tipe Camper memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada tipe Quitter.

 

Keywords

Adversity Quotient; Prestasi Belajar Matematika; Snowball Throwing

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.