Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Konteks IPAS Pada Guru Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan

Kartini Kartini, Sucahyo Mas'an Al Wahid, Ina Nurfadillah Ersa

Abstract

Pembelajaran yang melibatkan tutor sebaya sebagai bentuk penguasaan konten diferensiasi wilayah perbatasan dengan mengembangkan media konteks IPAS seperti interaksi jual-beli hasil laut dan pertanian melalui role play serta eksperimen pembuatan telor asin sebagai produk dalam hasil pembelajaran diferensiasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kulitattif deskriptif dengan fokus penelitian adalah penerapan pembelajaaran diferensiasi, Konten, proses dan produk. Data dikumpulkan melalui wawancara guru kelas awal, Kepala Sekolah dan angket kepada siswa. Observasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan non partisipasi yaitu peneliti mengamati proses kegiatan belajar mengajar di kelas awal serta dokumentasi. Berdasarkan hasil temuan yang didapatkan melalui angket keterampilan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi perlu untuk diberikan intervensi seperti stimulasi media yang sudah ada dan pembuatan bersama khususnya media yang dibuat melalui google form soal berdiferensiasi dengan kesesuaian konteks IPAS. Sedangkan hasil angket siswa dapat menyimak pembelajaran dengan baik dan terampil dalam mengerjakan tugas, namun kenyataan dalam memberikan saran terhadap angket yang dibagikan terlihat siswa antusias memanfaatkan media bersama yang dikhwatirkan penerapan media sangat minim dan bersemangaat ketika pembelajaran menggunakan media interaktif.

 

Keywords

Penerapan, Berdiferensiasi, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

References


Refbacks

  • There are currently no refbacks.