Pendekatan RME Terhadap Kemampuan Matematika Siswa Sekolah Dasar: Analisis Efektivitas dan Heterogenitasnya
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pendekatan realistic mathematics education (RME) terhadap kemampuan matematika siswa sekolah dasar. Metode penelitian menggunakan meta-analisis. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 studi primer yang memenuhi kriteria inklusi yang ditetapkan. Analisis data dilakukan menggunakan bantuan perangkat lunak comprehensive meta-analysis (CMA). Hasil analisis menggunakan pendekatan random-effect diperoleh ukuran efek gabungan adalah (g = 1.26; p < 0.01) (Kategori Efek Besar). Ini menunjukan bahwa penerapan pendekatan RME berpengaruh besar terhadap kemampuan matematika siswa sekolah dasar ketika dibandingkan dengan pembelajaran tradisional. Hasil analisis variabel moderator menunjukkan bahwa pengaruh penerapan model RME terhadap kemampuan matematika siswa sekolah dasar berbeda signifikan berdasarkan variabel tingkat kelas (Qb = 6.39; p = 0.01) dan kapasitas kelas eksperimen (Qb = 8.19; p = 0.01). Namun, tidak berbeda signifikan berdasarkan variabel tahun publikasi (Qb = 0.91; p = 0.34) dan tipe publikasi (Qb = 0.14; p = 0.71). Temuan ini dapat menjadi landasan dalam pemilihan strategi pembelajaran matematika di sekolah dasar sehingga kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Refbacks
- There are currently no refbacks.