Pengaruh Model Pembelajaran RADEC terhadap Sikap Toleransi Mahasiswa

Neni Nadiroti Muslihah, Risma Nuriyanti

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya sikap toleransi mahasiswa PGSD pada saat kegiatan pembelajaran langsung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji pengaruh model pembelajaran RADEC terhadap sikap toleransi mahasiswa PGSD. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental one group pretest postttest design dengan jumlah sampel 20 orang mahasiswa PGSD. Hasil penelitian didapatkan nilai sikap toleransi pada saat pre-test dari 20 orang mahasiswa berada pada kategori cukup berjumlah 8 orang dengan presentase 40%, kategori rendah berjumlah 10 orang dengan presentase 50%, dan kategori sangat rendah berjumlah 2 orang dengan presentase 10%. Pada saat post-test dari 20 orang mahasiswa mengalami perubahan yang signifikan yakni berada pada ketegori sangat tinggi berjumlah 14 orang dengan presentase 70%, kategori tinggi 3 orang dengan presentase 15%, dan kategori cukup 3 orang dengan presentase 15%. Selain itu skor N-gain menunjukkan pada kategori tinggi yang didukung oleh uji hipotesis yang dengan taraf signifikansi 1,7. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran RADEC berpengaruh terhadap sikap toleransi mahasiswa PGSD.

 

Keywords

model pembelajaran, RADEC, sikap toleransi

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.