Pengaruh Model Pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, and Create) terhadap Hasil Belajar IPAS
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model RADEC terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Dlanggu pada mata pelajaran IPAS materi 8 (Membangun Masyarakat yang Beradab). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Pre-Eksperimental Design dengan bentuk The One Group Pretest-Posttest Design, dengan jumlah sampel sebanyak 20 siswa. Pemerolehan data dilakukan melalui tes tulis yaitu dengan soal uraian. Berdasarkan hasil pretest yang awalnya rata-rata yaitu 45,63 meningkat pada posttest sebesar 84,63. Hal tersebut menunjukkan peningkatan sebesar 39 pada rata rata hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN Dlanggu. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji non paramertik yaitu uji Wilcoxon Signed Rank Test dengan bantuan aplikasi SPSS versi 25. Dalam analisis data tersebut diperoleh data dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05 dengan ini menunjukkan bahwa Asymp Sig. < 0,05 maka H0 ditolak sehingga Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya terdapat pengaruh yang signifikan antara RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, And Create) terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Dlanggu Lamongan.
Keywords
RADEC; IPAS; Learning Outcomes
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Refbacks
- There are currently no refbacks.