Analisis Isi Penelitian Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Pembelajaran IPA SD di Indonesia

Conny Dian Sumadi

Abstract

Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) banyak diimplementasikan dalam proses pembelajaran sains (IPA) di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan studi literatur dengan pendekatan studi kasus. Metode yang digunakan adalah analisis isi. Sumber data yang digunakan adalah penelitian yang telah terpublikasi di jurnal ilmiah di Indonesia. Teknik yang digunakan adalah teknik purporsive sampling melalui google scholar. Sampel dalam penelitian sebanyak 21 artikel yang memiliki relevansi dengan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran IPA SD di seluruh Indonesia pada tahun 2021-2023. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengklasifikasikan sampel ke dalam beberapa aspek dan indikator. Hasil yang dipaparkan pada makalah ini adalah persebaran wilayah dari  21 artikel yang dikaji paling dominan berasal dari Indonesia Barat. Jenis penelitian yang banyak digunakan adalah penelitian kuantitatif tipe kuasi ekperimental desain. Subjek penelitian yang dipilih berdasarkan kajian artikel adalah siswa kelas V SD. Penelitian menggunakan model PBL menggunakan lembar tes untuk instrumen pengambilan data. Untuk analisis data yang digunakan adalah uji-t. Model PBL paling banyak diteliti pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. 

Keywords

problem based learning, IPA SD, analisis isi

References

Refbacks

  • There are currently no refbacks.