Pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik sekolah dasar
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SDN 8 Metro Timur. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan dari pendekatan open ended terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik mata pelajaran matematika kelas IV SDN Metro Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan metode quasi esperiment desain bentuk desain non equivalent control group desain. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan tes. Analisis data menggunakan uji t. hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari pendekatan open ended terhadap kemampuan berpikir peserta didik kelas IV SDN 8 Metro Timur dan Ha diterima. Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwasannya siswa kelas eksperimen mengalami kenaikan rerata yang lebih besar jika dibandingkan dengan kelas kontrol.
The effect of open-ended approach on creative thinking skills of elementary school students
Abstract: The problem with this study is the low creative thinking ability of grade IV SDN 8 Metro Timur students. This study aimed to determine the positive and significant influence of the open-ended approach on the creative thinking abilities of students in mathematics at grade IV SDN Metro Timur. This type of research is an experimental study using a quasi-experimental design method for nonequivalent control group design. The data collection technique was carried out using non-test and test techniques. Data analysis using t-test. The results showed that the open-ended approach positively and significantly affected the thinking skills of fourth-grade students at SDN 8 Metro Timur and Ha. In addition, the study's results also showed that the experimental class students experienced a greater average increase compared to the control class.
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Agustian, E., Sujana, A., & Kurniadi, Y. (2015). Pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sekolah dasar kelas V. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 234–242. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1333
Basir, F. (2018). Penerapan pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif siswa SMP. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 148–155.
Dewi, N. S., & Juandi, D. (2023). Pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis:systematic literature review. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 1135–1150. https://doi.org/DOI 10.22460/jpmi.v6i3.17338
Huda, M. (2017). Model-model pengajaran dan pembelajaran. Pustaka Pelajar.
Husamah, & Setyaningrum, Y. (2013). Desain pembelajaran berbasis percakapan kopetensi. Prestasi Pustaka.
Maryani, N., Marlina, N., & Amelia, R. (2019). Upaya Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMK kelas X melalui pendekatan open-ended pada materi trigonometri. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 21–27. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.67
Muazaroh, A. N., & Abadi, I. B. G. S. (2020). Efektifitas model pembelajaran open-ended berbantuan lembar kerja siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif. Mimbar PGSD Undiksha, 8(3), 372–384.
Munandar, U. (2014). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Rineka Cipta.
Nilamsari, N., & Astutik, E. P. (2021). Proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika materi spldv ditinjau dari gaya kognitif field dependent. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 7(1), 37. https://doi.org/10.24853/fbc.7.1.37-44
Ramadhani, D., & Nuryanis, N. (2017). Analisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SD dalam menyelesaikan open-ended problem. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 54. https://doi.org/10.26555/jpsd.v4i1.a9589
Septian, A., & Rizkiandi, R. (2017). Penerapan model problem based learning (PBL) terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. 1, 1.
Setiawan, M. F., Lambertus, L., & Makkulau, M. (2019). Penerapan pendekatan open-ended untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif matematik siswa SMP ditinjau dari pengetahuan awal matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 13–24. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v9i1.5756
Setiana, F., Rahayu, T. S., & , W. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model problem based learning berbantuan media puzzle siswa kelas IV SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 6(1), 8. https://doi.org/10.26714/jkpm.6.1.2019.8-14
Shoimin, A. (2017). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.
Srimaryati, D. (2018). Pengaruh model pembelajaran open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas IV MIN 9 Bandar Lampung. In Skripsi. UIN Raden Intan.
Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Prenamedia Group.
Verawati, A. (2017). Pendekatan pembelajaran open-ended untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pelajaran matematika (Skripsi). UIN Ar-Raniry Darussalam.
Waluyo, A. (2018). Pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Jpsd, 4(2), 2614-0136. http://dx.doi.org/10.26555/jpsd
Yuniarti, Y., Kusumah, Y. S., Suryadi, D., & Bana, G. (2017). The effectiveness of open-ended problems based analytic-synthetic learning on the mathematical creative thinking ability of pre-service elementary school teachers. International Electronic Journal Of Mathematics Education, 12(3), 655–666.
Refbacks
- There are currently no refbacks.