Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) untuk Menumbuhkan Kemampuan Literasi Sains dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas V Sekolah Dasar pada Topik Perpindahan Kalor

Musfika Ali, Rahmawati Rahmawati, Ma’ruf Ma’ruf

Abstract

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang berfungsi untuk membantu kesuksesan capaian proses dan hasil belajar. Untuk mendapatkan LKPD yang berkualitas dan layak digunakan, maka perlu dilakukan uji kelayakan. Salah satu tahapan uji kelayakan yaitu melalui kegiatan validasi LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk menilai aspek validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Literasi Sains yang digunakan untuk menumbuhkan kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang menyajikan data hasil validasi dan saran para validator terhadap perangkat LKPD yang dikembangkan. Instrumen penelitian berupa lembar angket penilaian validasi dan LKPD. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif berupa tingkat kesepakatan validator dengan menggunakan metode antar penilai sesuai persamaan Aiken.  Validator terdiri dari tiga orang pakar yang masing-masing berasal dari ahli asesmen, ahli konten, dan ahli pembelajaran IPA sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum LKPD memenuhi kriteria valid. Validitas aspek isi dan aspek konstruk secara berurutan yaitu 0,90 dan 0,89.  

Keywords

LKPD berbasis Literasi Sains; kemampuan literasi sains; sikap ilmiah; perpindahan kalor.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.