Kesenjangan Kurikulum Pembelajaran Vokal Pada Anak di Purwacaraka Musik Studio Bandung

Jilian Sarasati Heropurnindia, Yudi Sukmayadi

Abstract

Kesenjangan terjadi pada penyusunan kurikulum dalam pembelajaran vokal di Purwacaraka Music Studio (PCMS). Artikel ini bertujuan untuk memaparkan permasalahan pembelajaran vokal pada anak di PCMS Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Subjek dalam penelitian ini merupakan anak-anak dengan rentang umur 3-5 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan kajian kepustakaan yang kemudian data dianalisis dengan reduksi data. Hasil dari penelitian ini adalah terjadinya kesenjangan kurikulum pada pembelajaran vokal dikarenakan kurikulum yang disusun di Purwacaraka Studio Music Metro Indah Mall Bandung belum disusun dengan baik. Penggunaan metode ajar dan materi ajar dilakukan pendidik sesuai dari arahan cabang musik. Modul yang dibagikan dalam seminar PCMS sebenarnya sudah baik, hanya saja tidak belum diterapkan dengan baik oleh cabang PCMS MIM sehingga terjadinya kesenjangan dalam pelaksanaan pembelajarannya. Simpulan penelitian ini ialah pembelajaran vokal bagi anak sudah terlaksana dengan cukup baik, namun pengarahan yang dilakukan dalam seminar harus diterapkan agar sesuai dengan target pembelajarannya.

Keywords

Kesenjangan Kurikulum; Pembelajaran Vokal; Purwacaraka Music Studio

Refbacks

  • There are currently no refbacks.